Petik 7 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Petik 7 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Worter merupakan salah jenis sayuran yang berupa umbi-umbian yang sering dikonsumsi banyak orang karena mudah sekali untuk diperoleh. Selain oranye, wortel juga memiliki pigmen atau warna lain seperti merah, ungu, dan kuning. Wortel bisa dikonsumsi baik mentah maupun matang.

Salah satu pilihan mudah untuk mengkonsumsi wortel adalah dengan membuatnya menjadi jus wortel. Membuat jus sendiri memastikan campuran terkonsentrasi dari semua nutrisi penting. Selain itu, meminum segelas jus ini lebih mudah, efektif, dan enak juga baik untuk tubuh.  Apa saja manfaat jus wortel untuk kesehatan? Simak info lengkapnya di artikel ini.

Klik Untuk Donasi - Bersihkan hatimu dengan berbagi, bersihkan hartamu dengan berzakat
ZAKAT ONLINE

Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.54,723,265
  2. Pencapaian 47.38%
  3. Donatur 272

Meningkatkan Metabolisme

Jus wortel dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain karena enak dan mengenyangkan, jus wortel juga akan sangat membantu untuk mereka yang ingin meminum sesuatu yang manis, tapi tetap mempertahankan berat badan yang sehat. Jus wortel juga meningkatkan sekresi empedu, yaitu cairan tubuh yang memecah lemak, yang dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh.

Mempertahankan Penglihatan

Cara mudah untuk menambahkan beta-karoten ke dalam makanan adalah dengan mengkonsumsi jus wortel. Beta-karoten diubah jadi vitamin A di dalam tubuh dan membantu untuk meningkatkan dan mempertahankan penglihatan yang bagus. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kehilangan penglihatan atau, dalam beberapa kasus, buta senja.

Mengurangi Risiko Kanker

Klik Untuk Donasi - Nyawa Arkhan Terancam karena Kanker Darah, Yuk Bantu Arkhan Bertahan Hidup!
Leukemia
Arkhan Rizqhi Hasan
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.29,083,000
  2. Pencapaian 42.15%
  3. Donatur 541

Ketika sel abnormal muncul dan berkembang biak maka akan mengakibatkan kanker. Untungnya, wortel kaya akan antioksidan yang bisa membantu mencegah kerusakan sel ini sebelum dimulai. Menurut American Institute for Cancer Research, mengunyah buah-buahan dan sayuran non-pati seperti wortel bisa menurunkan risiko berkembangnya kanker mulut, paru-paru, kerongkongan, perut, serta kanker lainnya.

Sebuah studi tahun 2018 yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Ningbo, Cina juga menemukan bahwa konsumsi wortel dikaitkan dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah.

Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Cara sederhana untuk membantu mengendalikan tekanan darah yaitu dengan minum segelas jus wortel. Kalium merupakan mineral yang penting untuk membantu melawan efek natrium dan membantu mengontrol tingkat tekanan darah kita. Jus wortel merupakan sumber kalium yang bagus. Per cangkir jus wortel mengandung 689 miligram kalium yang bisa memberikan manfaat yang banyak bagi tubuh.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Jus wortel tak hanya membatu menekan tekanan darah tetapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan kalium dalam jus wortel sudah terbukti mempunyai kaitan dengan penurunan kolesterol. Biasanya diet tinggi kalium menurunkan kolesterol.

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat lain dari jus wortel adalah membantu fungsi otak. Penelitian menunjukkan beta karoten dalam jus wortel dapat meningkatkan fungsi otak dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Beta karoten juga bisa membantu memerangi kerusakan sel otak. Dalam satu studi tahun 2014, para peneliti dari Universitas Silesia, Polandia melakukan penelitian terhadap orang yang terpapar timah hitam yang mengonsumsi beta karoten sekali sehari selama 12 minggu. Hasilnya kelompok tersebut mengalami stres oksidatif, yang terkait dengan kerusakan otak, yang lebih sedikit.

Memperbaiki Kulit

Jus wortel bisa membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Selain memiliki kandungan vitamin A, jus wortel juga kaya akan antioksidan, yaitu  vitamin C. Vitamin ini penting dalam penyembuhan luka karena dibutuhkan untuk produksi kolagen, yaitu protein utama yang ditemukan di kulit dan jaringan ikat tubuh. Dan sebagai antioksidan, jus wortel juga dapat membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Mulai sekarang ganti minuman manis dan soda yang tak sehat dengan jus wortel yang bagus untuk kesehatan. Selain itu, jangan lupa juga untuk kita melakukan hal istimewa! Kamu bisa mulai dengan bantu pasien tidak mampu yang menderita berbagai penyakit. Buka situs WeCare.id atau gunakan aplikasi WeCare di App Store atau Google Play supaya donasi menjadi lebih mudah.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

Disca, T. (2020). 9 Surprising Benefits of Carrot Juice. tododisca.com.

Firman, T. (2018). 7 Ways Carrot Juice Is Good for Your Skin, Eyes, and Immunity. prevention.com.Hullett, A. (2020). The Juicy Deets: 8 Reasons to Sip on Some Carrot Juice Today. greatist.com