Kenali Beda Kanker Sarkoma Rahim dan Kanker Rahim

Kenali Beda Kanker Sarkoma Rahim dan Kanker Rahim

Beberapa waktu lalu, artis peran, Alice Norin, secara mengejutkan membagikan kabar terkini mengenai kesehatannya. Dalam video yang ia bagikan melalui akun media sosial TikTok, ia bercerita jika dirinya mengidap kanker sarkoma pada otot rahimnya. “Aku divonis kanker sarkoma, yaitu kanker langka yang berkembang pada otot rahim”, ujar Alice Norin dalam unggahannya melalui akun media sosial TikTok.

Alice Norin juga menceritakan akhirnya ia memutuskan untuk memeriksakan dirinya ke dokter. Pada awalnya ia merasakan rasa nyeri yang ringan pada bagian perut. Karena rasa nyerinya semakin sering terasa dan semakin parah, akhirnya pada akhir Desember 2023 ia memutuskan melakukan pemeriksaan ke beberapa dokter. Akhirnya dokter pun memvonis dirinya mengidap kanker sarkoma pada otot rahimnya.

Terkait kanker sarkoma yang diderita Alice Norin, apakah ada perbedaan dengan kanker rahim? Menurut salah seorang dokter spesialis kandungan, antara sarkoma rahim dengan kanker rahim merupakan dua hal yang berbeda.

Kanker Sarkoma Rahim dan Kanker Rahim Memiliki Lokasi yang Berbeda

Perbedaan yang sangat jelas terlihat antara sarkoma rahim dengan kanker rahim adalah pada lokasinya. Kanker rahim berada pada lapisan endometrium rahim. Sedangkan, sarkoma rahim berada pada jaringan ikat rahim. Walaupun keduanya memiliki perbedaan, sarkoma rahim tetap merupakan salah satu bentuk kecil dari kanker rahim.

Menurut salah seorang dokter spesialis kandungan, kanker rahim itu terdapat lapisan bernama endometrium yang dapat menebal di rahim menjelang masa haid. Seseorang dapat divonis kanker rahim atau kanker endometrium jika lapisan endometrium tersebut menebal dengan sendirinya tidak mengikuti siklus dari hormon yang ada.

Memiliki Keluhan yang Hampir Sama

Keduanya tidak memiliki perbedaan keluhan yang dapat dialami pasien sarkoma rahim maupun kanker rahim. Untuk mengetahui secara pasti penyakit yang dialami oleh pasien, maka dokter harus melakukan tindakan biopsi.

Nantinya dari hasil biopsi ini akan terlihat perbedaan pada bentuk selnya hingga tipe selnya. Selain itu, melalui biopsi nanti akan terlihat sel-sel yang asalnya dari lapisan endometrium. Jika memiliki kesamaan lokasi, namun ternyata yang mengalami masalah ada pada jaringan ikatnya, maka dokter pun akan melakukan tindakan pemeriksaan lebih lanjut.

Nah, itu tadi perbedaan antara kanker sarkoma rahim dengan kanker rahim. Penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat panjang pengobatannya dan membutuhkan biaya yang sangat mahal. Di Indonesia sendiri ada banyak pasien-pasien kanker anak hingga dewasa yang tidak dapat melanjutkan pengobatannya karena ketiadaan biaya.

Oleh karena itu, mari bersama kita bantu pasien-pasien yang membutuhkan bantuan untuk melanjutkan pengobatan dengan berdonasi melalui WeCare.id. Bantuan terbaik kamu bisa diberikan melalui website WeCare.id atau dengan aplikasi yang bisa kamu unduh melalui App Store dan Google Play.

Mengidap Kanker Darah yang Mengancam Nyawanya, Adinda Butuh Pertolongamu Segera!

Sumber Featured Image : Miguel Á. Padriñán dari Pixabay