Apakah Asupan Nutrisi Berpengaruh juga pada Kesehatan Kulit?

Nutrisi memiliki peran penting untuk mendukung kesehatan manusia. Nutrisi yang merupakan sumber energi bagi tubuh kita digolongkan sebagai: karbohidrat, lemak, serat, mineral, protein, vitamin, dan air. Pedoman gizi seimbang adalah pola makan dengan jumlah asupan jumlah nutrisi yang tepat dari pola makan sehat dan seimbang dalam kombinasi yang tepat. Asupan nutrisi yang buruk dapat menyebabkan kurangnya energi, masalah pencernaan, alergi makanan, kenaikan berat badan, depresi dan kecemasan serta banyak penyakit kronis yang paling umum saat ini seperti penyakit jantung koroner, kanker, dan lain-lain

Apa pentingnya asupan nutrisi yang baik?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting bagi seseorang untuk menjaga asupan makanan sesuai dengan pola makan sehat dan nutrisi seimbang: 

Menurunkan Risiko Berkembangnya Berbagai Penyakit

Memiliki kebiasaan makan yang berkualitas dapat mengurangi risiko terkena penyakit tertentu yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan kamu. Di antara penyakit-penyakit ini adalah hipertensi, diabetes dan penyakit jantung. Diet sehat akan meningkatkan peluang kamu untuk tetap sehat.

Membantu Menjaga Berat Badan Sehat

Makan makanan alami dan bukan makanan olahan dapat memiliki efek positif pada berat badan kamu. Selain itu, berat badan juga memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Misalnya, kelebihan berat badan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe II. 

Meningkatkan Tingkat Energi

Hindari mengkonsumsi makanan tidak sehat dan isi tubuh kamu dengan makanan bernutrisi.  Kamu akan dapat meningkatkan tingkat energi Kamu sepanjang hari, bukan hanya satu atau dua jam saja. 

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Nutrisi yang dapat memainkan peran dalam kesehatan kulit Kamu. Menurut American Academy of Dermatology, makanan yang mengandung vitamin C dan E, likopen dan antioksidan lainnya, serta minyak zaitun, dapat membantu melindungi kulit Kamu dari kerusakan akibat sinar matahari.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi nutrisi yang baik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas North Carolina pada tahun 2011 yang dipresentasikan pada International Immunonutrition Workshop ke-5 di Puerto Vallarta, Meksiko, menunjukkan bagaimana obesitas dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang, sehingga meningkatkan kemungkinan sakit akibat infeksi.

6 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan oleh Tubuh

Menurut Sumber Kesehatan Organisasi Dunia yang Dipercayai, nutrisi ini harus berasal dari makanan, dan sangat penting untuk pencegahan penyakit, pertumbuhan, dan kesehatan yang baik.

6 Zat nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh:

  1. Protein

Protein sangat penting untuk kesehatan yang baik. Setiap sel, dari tulang ke kulit ke rambut, mengandung protein. 16 persen dari berat badan rata-rata orang berasal dari protein. Protein digunakan terutama untuk pertumbuhan, kesehatan, dan pemeliharaan tubuh.

Sumber protein sehat

Sumber asam amino esensial yang baik adalah daging, ikan, dan telur. Sumber protein nabati contohnya kacang-kacangan, kedelai dan beberapa biji-bijian. 

Satu dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet protein tinggi dapat berpengaruh pada penurunan berat badan. Penelitian tersebut dilakukan oleh Universitas South Australia. 

  1. Karbohidrat

Karbohidrat diperlukan untuk tubuh yang sehat. Menurut Mayo Clinic karbohidrat merupakan sumber energi tubuh, terutama sistem saraf pusat dan otak, dan melindungi dari penyakit. 

Menurut Dietary Guidelines for Americans karbohidrat harus mencapai 45 hingga 65 persen dari total kalori harian seseorang. Sumber karbohidrat sehat antara lain adalah biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan sayuran dan buah-buahan yang kaya serat daripada biji-bijian dan produk olahan dengan tambahan gula.

  1. Lemak

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lemak sehat adalah bagian penting dari diet sehat meskipun lemak selalu diasosiasikan dengan sesuatu yang tidak sehat. 

Menurut Harvard Medical School, lemak mendukung banyak fungsi tubuh kamu seperti penyerapan vitamin dan mineral, pembekuan darah, sel pembangun, dan pergerakan otot.

Sumber lemak sehat antara lain adalah lemak tak jenuh atau asam lemak omega-3 dan omega bisa ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan minyak nabati (seperti zaitun, alpukat, dan biji rami). Hindari lemak trans dan batasi asupan lemak jenuh hewani seperti mentega, keju, daging merah, dan es krim.

  1. Vitamin

Vitamin sangat penting untuk menangkal penyakit dan agar tetap sehat. Tubuh membutuhkan zat nutrisi mikro ini untuk mendukung fungsinya. Ada 13 vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik, termasuk vitamin A, C, B6, dan D. Vitamin dapat menurunkan risiko kanker paru-paru dan prostat, dan mereka antioksidan kuat. Vitamin seperti vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh menyembuhkan. Sumber vitamin sehat antara lain adalah sayuran dan buah-buahan yang dapat membantu saluran pencernaan agar berfungsi normal dan sehat. 

 

  1. Mineral

Mineral, seperti halnya vitamin, membantu mendukung tubuh. Mereka penting untuk banyak fungsi tubuh, termasuk membangun tulang dan gigi yang kuat, mengatur metabolisme, dan tetap terhidrasi dengan baik. Beberapa mineral yang paling umum adalah kalsium, besi, dan seng.

  1. Air

Air sangat penting untuk setiap sistem dalam tubuh kamu. Sekitar 62 persen dari berat tubuh kamu terdiri dari air. Air juga dapat meningkatkan fungsi dan suasana hati otak. Air bekerja sebagai peredam kejut dan pelumas dalam tubuh. Ini juga membantu membuang racun, membawa nutrisi ke sel, menghidrasi tubuh, dan mencegah sembelit. Sumber air sehat selain dari air yang kita minum adalah buah dan sayuran. Kunyahlah bayam atau semangka agar kamu tetap terhidrasi.

Review : dr. Raisa

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://www.schoolofhealth.com/nutrition-courses/what-is-nutrition/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/160774.php

https://www.healthline.com/health/food-nutrition/six-essential-nutrients#carbs

https://www.northportwellnesscenter.com/blog/the-importance-of-good-nutrition

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *