Celine Dion Idap Stiff Person Syndrome, Penyakit Langka yang Belum Ada Obatnya

Celine Dion Idap Stiff Person Syndrome, Penyakit Langka yang Belum Ada Obatnya

Lama tidak terdengar kabarnya, penyanyi legendaris, Celine Dion, ternyata idap penyakit langka sejak tahun 2022. Ia ternyata mengidap penyakit stiff person syndrome yang membuat dirinya tidak mempunyai kontrol atas ototnya.

Stiff person syndrome adalah kelainan neurologis autoimun langka yang menyebabkan kejang dan kekakuan otot. Stiff person syndrome memengaruhi cara otak dan sumsum tulang belakang mengontrol pergerakan otot. Yuk, cari tahu gejala penyakit Stiff person syndrome yang diidap Celine Dion melalui artikel berikut ini.

Klik Untuk Donasi - Yuk Bantu Aisyah Anak Penderita Down Sindrom dengan Kelainan Jantung!
Aisyah Nabila
Aisyah Nabila
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,335,000
  2. Pencapaian 4.62%
  3. Donatur 35

Penyebab Stiff Person Syndrome

Hingga saat ini penyebab stiff person syndrome yang diidap Celine Dion belum diketahui secara pasti. Namun beberapa ahli mencurigai bahwa ini merupakan kondisi autoimun atau sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel sehat untuk alasan yang tidak diketahui.

Kebanyakan pengidap Stiff person syndrome membuat antibodi dengan asam glutamat dekarbosilase (GAD). GAD inilah yang memiliki peran untuk membuat neurotransmitter yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA), yang membantu mengontrol pergerakan otot. 

Namun, para ahli belum memahami peran GAD sebenarnya dalam perkembangan dan memburuknya penyakit ini. Selain itu, menurut para ahli, keberadaan antibodi GAD tidak selalu berarti menandakan seseorang mengidap stiff person syndrome. Bahkan, sebagian kecil dari kelompok masyarakat memiliki antibodi GAD tanpa efek samping.

Gejala Penyakit Stiff Person Syndrome

Stiff Person Syndrome menyebabkan kekakuan otot. Gejalanya meliputi:

  • Kekakuan anggota badan
  • Otot-otot kaku pada batang tubuh
  • Masalah postur akibat otot punggung kaku yang bisa menyebabkan kamu membungkuk
  • Kejang otot yang menyakitkan
  • Kesulitan berjalan
  • Masalah sensorik seperti kepekaan pada cahaya, kebisingan dan suara 

Hingga kini penyakit Stiff Person Syndrome yang diidap Celine Dion belum ada obatnya. Dokter hanya meresepkan obat yang membantu meredakan gejalanya, seperti obat penenang, pelemas otot, dan steroid. Selain Celine Dion, masih banyak masyarakat yang membutuhkan pengobatan jangka panjang, seperti contohnya pasien-pasien WeCare.id.

Mereka kesulitan melanjutkan pengobatan karena ketiadaan biaya. Oleh karena itu, mari bersama kita bantu pasien-pasien yang membutuhkan bantuan untuk melanjutkan pengobatan dengan berdonasi melalui WeCare.id. Bantuan terbaik kamu bisa diberikan melalui website WeCare.id atau dengan aplikasi yang bisa kamu unduh melalui App Store dan Google Play.