Malam Nisfu Syaban, Malam Dibukanya 300 Pintu Rahmat Allah

Malam Nisfu Syaban, Malam Dibukanya 300 Pintu Rahmat Allah

Malam Nisfu Syaban merupakan satu malam di bulan Syaban yang sangat dinantikan umat Muslim. Pada malam tersebut Allah SWT akan membuka 300 pintu rahmat dan pengampunan. Pada malam ini, Allah SWT mengampuni segala dosa-dosa hamba-Nya, kecuali dosa musyrik dan munafik yang menjadi sebab perpecahan.

Malam Nisfu Syaban dalam penanggalan kalender hijriyah jatuh pada tanggal 15 Syaban. Dalam bahasa Arab, Nisfu artinya pertengahan. Jadi Nisfu Syaban adalah pertengahan di bulan Syaban. Bulan Syaban juga salah satu bulan istimewa karena letaknya yang mendekati bulan Ramadan. Sementara malam pertengahan bulan Syaban akan berlangsung di pertengahan bulan Syaban pada Sabtu, 24 Februari 2024 malam hingga Minggu, 25 Februari 2024 dini hari.

Klik Untuk Donasi - Bersama Wujudkan Pemerataan Kesehatan di Indonesia
  1. Terdanai Rp.11,263,424
  2. Pencapaian 1.13%
  3. Donatur 444

Kemuliaan Malam Nisfu Syaban

Malam pertengahan bulan Syaban menjadi salah satu yang sangat dimuliakan oleh umat Islam. Oleh karena itu, kita bisa mulai mempersiapkan diri untuk menjemput datangnya malam yang penuh kemuliaan tersebut dengan penuh pengharapan anugerah dari Allah SWT.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda:

“Allah SWT melihat kepada semua makhluk-Nya pada malam pertengahan bulan Syaban, maka Dia memberi ampunan pada semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan (dengan saudaranya).”

(HR At-Thabrani).

Kemudian dalam Kitab Syuab Al-Iman juga terdapat riwayat yang menyebut bahwa Allah SWT akan mengampuni hamba-Nya yang memohon ampun pada malam pertengahan bulan Syaban. Rasulullah SAW bersabda: 

“Apabila tiba malam Nisfu Syaban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya.”

(HR Baihaqi).

Amalan Pada Malam Pertengahan Bulan Syaban

  1. Membaca doa malam pertengahan bulan Syaban

Allaahumma innaka afuwwung- kariimung-tuhibbul afwa fafu annii. Allaahumma innii asalukal afwa wal aafiyata wal muaafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama, dunia serta akhirat.

  1. Membaca Alquran

Amalan membaca Alquran sangat baik kita lakukan kapan pun, tidak hanya saat malam pertengahan bulan Syaban. Jika kita membaca Alquran pada malam yang penuh anugerah tersebut, kita akan mendapatkan syafaat berkali-kali lipat dari Allah SWT.

  1. Membaca dua kalimat syahadat

Dua kalimat syahadat merupakan kalimat mulia yang sangat baik kita amalkan kapan pun dan dimana pun, terutama saat malam pertengahan bulan Syaban. Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan:

“Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya”. 

  1. Perbanyak istigfar

Sebagai umat manusia, kita pasti tidak pernah luput dari yang namanya salah dan dosa. Namun, Allah senantiasa membukakan pintu ampunan kepada siapa pun yang meminta ampunan (istigfar). Oleh karena itu, kita harus memperbanyak istigfar pada malam pertengahan bulan Syaban untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan, istigfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Syaban dan malam pertengahannya. 

Akibat Terkena Virus Rubella, Alifah Tak Bisa Berjalan, Mendengar, dan Berbicara! Bantuanmu sangat diharapkan!

  1. Menunaikan salat tahajud

Salat tahajud memiliki banyak keutamaan. Hal ini seperti yang tertulis dalam hadist Rasulullah,

“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa pada bulan Allah -Muharram-. Sebaik-baik salat setelah salat wajib adalah salat malam.”

(HR Muslim).

Selain amalan-amalan diatas, salah satu amalan yang bisa kamu lakukan pada malam pertengahan bulan Syaban adalah dengan berdonasi membantu pasien dan masyarakat yang membutuhkan. WeCare.id memberi kamu kesempatan untuk bantu sesama. Donasi lebih mudah dan praktis melalui aplikasi WeCare.id yang bisa kamu unduh melalui Google Play dan App Store. Ayo mulai donasi pertamamu bersama WeCare.id sekarang!