3 Jenis Sedekah Terbaik yang Bisa Dilakukan Umat Islam

3 Jenis Sedekah Terbaik yang Bisa Dilakukan Umat Islam

Sedekah merupakan perbuatan terpuji yang dapat meringankan beban orang lain dan membuat hati menjadi lebih tenang. Agama Islam sangat menganjurkan melakukan sedekah karena ada begitu banyak kebaikan dari perbuatan sunah tersebut. Namun tahukah kamu? Terdapat beberapa jenis sedekah terbaik berdasarkan dari segi penerima dan juga waktu.

Bersedekah tentu akan lebih baik jika kamu lakukan dengan bijak. Mari simak beberapa jenis sedekah terbaik yang dapat membuat sedekahmu menjadi lebih bermanfaat.

Daftar isi:

  1. 1. Bersedekah Kepada Orang Terdekat Terlebih Dahulu
  2. 2. Bersedekah Usai Menyelesaikan Kewajiban
  3. 3. Bersedekah di Kala Sehat

Bersedekah Kepada Orang Terdekat Terlebih Dahulu

Apabila seseorang memiliki kemampuan berlebih, Islam menganjurkan  untuk bersedekah sebanyak mungkin. Namun, dalam bersedekah usahakan untuk memberi terlebih dahulu kepada orang terdekat. 

Lihatlah apakah orang-orang sekitarmu ada yang kesusahan atau tidak. Jangan sampai caramu memberi sedekah seperti gajah di pelupuk mata tak nampak tetapi kuman di seberang lautan tampak. Bantu orang terdekatmu terlebih dahulu, kemudian baru membantu orang lain. Jangan lupa untuk bersedekah dengan ikhlas. Nilai syukur dari bersedekah adalah keikhlasan (Aryani, 2021).

Alami Cacat Lahir pada Kerongkongannya Hingga Gizi Kurang, Habib Butuh Pertolongan Segera!

Sedekah Usai Menyelesaikan Kewajiban

Islam mewajibkan umatnya untuk bertanggung jawab dalam segala aspek termasuk tanggung jawab dalam hal nafkah dan utang. Bersedekah sebelum melunasi hutang atau menunaikan kewajiban justru dapat menjadi haram.

Terkait keharusan untuk menyelesaikan kewajiban sebelum bersedekah, terdapat dalam surat al-Baqarah ayat 216. Surat itu menunjukkan bahwa sedekah sebaiknya merupakan kelebihan dari apa yang kamu perlukan.

Bersedekah tanpa memikirkan tentang kewajiban atau utang yang belum kita penuhi hanya akan membawa kesengsaraan. Bisa-bisa, kamu tidak akan dapat memenuhi kebutuhan sendiri atau kebutuhan orang lain yang merupakan tanggung jawabmu, misalnya seperti anak.

Sedekah di Kala Sehat

Anjuran bersedekah ketika masih muda dan sehat terdapat pada hadis riwayat Bukhari dan Muslim. Sedekah seperti itu jauh lebih utama daripada sedekah yang kita tunaikan ketika akan menemui ajal.

Bersedekah ketika kita masih kuat dan sehat akan membuat kita termotivasi untuk menjadi lebih baik dan juga untuk lebih banyak membantu orang lain. Sebaliknya, bersedekah pada saat ajal hampir mendekat atau bersedekah melalui warisan tentunya menjadi tidak semaksimal pada saat kita masih sehat. Karena, menjelang ajal atau usai meninggal dunia, kita tidak dapat berbuat banyak untuk menjadikan kehidupan orang lain lebih baik. 

Ada begitu banyak keutamaan dari bersedekah pada waktu-waktu yang terbaik. Untuk itu, apabila kamu telah memenuhi kewajiban, janganlah menunda sedekah. Lihat apakah ada orang terdekat yang membutuhkan bantuan. Setelah memberi bantuan pada orang terdekat, kamu bisa meneruskannya kepada kerabat jauh. Kemudian, kamu teruskan kembali kepada orang lain yang tidak kamu kenal. 

Sedekah memberikan banyak manfaat untuk kehidupanmu, mulai dari ketenangan jiwa sampai dapat menjalin tali silaturahmi. Selain itu bersedekah akan membuat kehidupanmu dan kehidupan banyak orang menjadi lebih berkualitas dan lebih bahagia. 

Kamu dapat memulai untuk bersedekah dengan klik WeCare.id atau unduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store. Melalui WeCare.id, kamu dapat membantu banyak orang secara daring sesuai kemampuanmu. Kamu dapat memperbaiki kehidupan mereka dan menaburkan lebih banyak kebaikan.

Sumbangan akan disalurkan ke orang-orang yang membutuhkan secara transparan, sehingga kamu pun bisa melihat progres dari sedekahmu tersebut.

Berbuat kebaikan tidak akan pernah salah. Kebaikan akan selalu bermanfaat bagi sesama dan membuat dunia ini lebih indah. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk melakukan sedekah terbaik? Mulai sekarang juga dari orang terdekat dan bersama WeCare.id.

Klik Untuk Donasi - Kebaikan Bermakna untuk Sesama
  1. Terdanai Rp.7,351,786
  2. Pencapaian 14.70%
  3. Donatur 203

Sumber:

Sumber Featured Image : Madrosah Sunnah on Unsplash