Inilah Keistimewaan dari Sedekah Yatim Piatu

Inilah Keistimewaan dari Sedekah Yatim Piatu

Anak yatim piatu dalam agama Islam menempati posisi yang sangat istimewa. Yang termasuk ke dalam kategori ini adalah mereka yang kedua orang tuanya sudah meninggal dan mereka belum berusia baligh. Fakta bahwa anak-anak memiliki keistimewaan dalam Islam dibuktikan dengan pencantuman nama mereka dalam kitab suci Alquran.

Karena memiliki posisi istimewa tersebut, tak mengherankan jika umat Islam diberikan anjuran untuk banyak bersedekah kepada anak yatim piatu. Rasulullah memerintahkan agar umat Islam memberikan kasih sayang mereka kepada anak-anak ini seperti halnya orangtua menyayangi dan mengasihi anak-anak mereka sendiri. Salah satunya, yaitu dengan bersedekah. Lalu, apa saja keistimewaan dari bersedekah kepada mereka?

Klik Untuk Donasi - Tubuh Khanza Semakin Kurus akibat Kanker Hati, Pertolonganmu sangat diharapkan!
Bantu Khanza Lawan Kanker Hati!
Khanza Khaeffa Anwar
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.640,000
  2. Pencapaian 1.59%
  3. Donatur 27

Menjadi Penolak Bala

Dengan bersedekah dan berbuat baik kepada anak-anak yatim piatu akan menjadikan kita disayangi oleh Allah SWT. Jika kita sudah dikasihi oleh-Nya, tentu kita akan diberikan perlindungan dari segala marabahaya. Itulah salah satu dari keistimewaan bersedekah kepada anak yatim dan piatu, yaitu kita bisa terhindar dari bala. 

Dalam riwayat hadist HR. At-Thabrani Rasulullah bersabda, bersedekah kepada anak yatim piatu dapat menutup 70 pintu kejahatan. Dalam riwayat HR. Muslim kembali ditegaskan manfaat sedekah kepada anak yatim dan piatu: “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena, musibah dan bencana tidak bisa mendahuluinya”. 

Membuka Pintu Rezeki 

Keistimewaan lain dari sedekah yatim piatu adalah bisa membuka pintu rezeki selebar-lebarnya. Jika kita bersedekah dengan tulus dan hati yang bersih, maka Allah akan menggantinya berkali-kali lipat seperti yang disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 261:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”

Perlu diingat bahwa rezeki ini tidak selalu dalam bentuk uang. Rezeki juga bisa dalam bentuk lain, seperti kesehatan ataupun pertolongan. 

Mendapatkan Naungan Pada Hari Akhir

Rasulullah SAW menceritakan mengenai 7 jenis manusia yang bisa mendapatkan naungan pada hari dimana di hari itu tak ada naungan yang lain selain dari Allah, yakni hari akhir. Menurut riwayat HR. Bukhari salah satu jenis manusia yang akan mendapatkan naungan tersebut, yaitu:

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

Terhindar dari Membanggakan Diri dan Sifat Sombong 

Jika kita bersedekah kepada anak yatim piatu, kita akan terhindar dari sifat sombong serta membanggakan diri untuk pencapaian kita. Keutamaan untuk bersedekah kepada anak yatim dan piatu disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 267, yaitu: 

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. al-Baqarah: 267)

Alami Kelainan pada Alat Kelaminnya, Akib Mengharapkan Bantuanmu!

Menjadi Teman Rasulullah 

Sebagai umatnya pasti kita ingin bisa menjadi teman Rasulullah dan dekat dengan panutan kita. Untuk menjadi teman Rasulullah di hari akhirat nanti, salah satu caranya yaitu dengan cara menyantuni dan mengasuh anak-anak yatim piatu. Rasulullah menegaskan hal tersebut yang dirangkum dalam hadist sahih HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud, serta Ahmad dari Sahl bin Sa’d.

Baik untuk Kesehatan

Tak hanya baik untuk akhirat, sedekah yatim piatu juga bisa memberikan kesehatan untuk kita meskipun yang kita sedekahkan hanya sebiji kurma. Saat berbagi dengan orang lain, otak kita akan lebih aktif, sehingga membuat suasana hati jadi meningkat. 

Sebuah penelitian dari Universitas British Columbia di Kanada menjelaskan mengenai hubungan antara penurunan tekanan darah dengan memberikan bantuan kepada orang lain. Terbukti partisipan penelitian yang menggunakan uangnya untuk membantu orang lain mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik. 

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa membantu orang lain mungkin membantu kita tidak terlalu terpengaruh secara fisik oleh stres yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Hati Damai dan Rezeki Berkah

Menyantuni anak yatim piatu adalah salah satu dari bentuk ibadah sosial untuk menegakkan amar makruf serta nahi mungkar atau mengajak kepada kebaikan dan melarang berbuat maksiat. Dengan menyantuni anak yatim dan piatu akan membantu membersihkan pikiran serta melembutkan hati. Sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh HARI Thabrani:

“Apabila engkau ingin hati menjadi lembut dan damai serta keinginan (yang baik) tercapai, maka sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berilah dia makanan yang seperti engkau makan. Apabila itu engkau lakukan, hatimu akan tenang, lembut, serta keinginanmu (yang baik) akan tercapai” 

Bersedekah kepada anak yatim piatu, tak hanya mendatangkan kebaikan di akhirat tapi juga saat kita masih berada di dunia ini, salah satunya adalah bisa membuat kesehatan kita menjadi lebih baik. Ini dibuktikan oleh penelitian dari Universitas British Columbia. Selain itu, dengan bersedekah membantu kita untuk mengurangi stres. Jadi, ayo kita bantu pasien-pasien yang membutuhkan biaya pengobatan. Caranya dengan berdonasi lewat WeCare.id. Untuk membantu mereka kita hanya perlu mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

6 Manfaat Sedekah untuk Anak Yatim bagi Umat Muslim. (2022). Diambil kembali dari kumparan.com.

Dahsyatnya Sedekah untuk Anak Yatim. (2019). Diambil kembali dari tabungamal.id.

Faztin, I. (2022). Anjuran Sedekah Kepada Anak Yatim Sesuai Dalil dan Hadist. Diambil kembali dari yatimmandiri.org/.

Keajaiban Bersedekah kepada Anak Yatim. (2022). Diambil kembali dari dompetdhuafa.org.

Keutamaan mengeluarkan harta untuk sedekah yatim piatu dhuafa. (2021). Diambil kembali dari insan.or.id.

Keutamaan Sedekah untuk Yatim. (t.thn.). Diambil kembali dari pondokyatim.or.id.

Trinh, B. V. (2015). Lower Blood Pressure Linked To Spending Money On Others: UBC Study. Diambil kembali dari huffpost.com.Tysara, L. (2022). 10 Keutamaan Bersedekah kepada Anak Yatim Beserta Dalilnya. Diambil kembali dari hot.liputan6.com.

Sumber Featured Image : Miguel Á. Padriñán dari Pixabay