Sedekah Subuh, Ini Dasar Ilmu, dan Cara Melakukannya

Sedekah Subuh, Ini Dasar Ilmu, dan Cara Melakukannya

Seperti namanya, sedekah subuh adalah kegiatan memberi sedekah yang pelaksanaannya pada waktu subuh. Mengapa subuh, dan bukan waktu lain? Karena sedekah jenis ini merupakan “golden time” atau puncaknya semua sedekah. Ada banyak sekali keutamaan dalam beramal, dan pahala yang tersedia  sangat besar. Terus apa dasar ilmu, manfaat, dan bagaimana cara kita melakukannya? Yuk simak artikel ini lebih lanjut.

Klik Untuk Donasi - Alami Pendarahan Hebat di Mulutnya, Adinda Butuh Biaya untuk Berobat!
Tumor
Adinda Salsafira
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.586,000
  2. Pencapaian 2.79%
  3. Donatur 17

Dasar Ilmu Amalan Subuh

Kamu yang berniat mengamalkannya, dasar ilmu yang bisa menjadi paduan seperti yang diriwayatkan oleh Imam Muḥammad ibn Isma‘il al-Bukhari dan HR Muslim. Haditsnya menyebut, setiap subuh Allah menurunkan dua malaikat. Yang pertama tugasnya mendoakan orang yang bersedekah. “Ya Allah gantilah yang lebih baik bagi orang yang infaq di subuh hari.” Dan malaikat kedua tugasnya mendoakan orang yang pelit (bakhil), “Ya Allah berikanlah kepada yang bakhil, kehancuran pada hartanya.” 

Manfaat Sedekah Subuh

Selain malaikat, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga ikut mendoakan setiap orang yang berkomitmen untuk bersedekah pada waktu subuh. Rasulullah menyebut, sedekah subuh merupakan amalan terbaik yang besar pahalanya. Syeikh Ali Jaber, dalam ceramahnya tentang “Dahsyatnya Keutamaan Sedekah Subuh”, menyebut pahala amalan subuh tersebut antara lain:

Menghilangkan Berbagai Jenis Penyakit

Syeikh Ali Jaber menyebut keutamaan sedekah subuh bisa menghilangkan berbagai penyakit. Kamu yang sedang sakit, atau menginginkan kesehatan yang baik, bisa meniatkannya dengan amalan baik ini sambil memanjatkan doa tersebut.

Memudahkan Urusan

Orang yang meniatkan sedekah subuh, segala urusannya niscaya akan Allah mudahkan. Jika kamu sedang merencanakan sesuatu, seperti melamar pekerjaan, mencari jodoh, dan lain sebagainya, niatkanlah itu dengan melakukan amalan subuh sambil menaikan doa tersebut. Niscaya semua urusan akan Allah SWT mudahkan.

Mendapatkan yang Didoakan

Setiap doa yang kita panjatkan saat melakukan amalan baik ini akan langsung sampai ke hadapan Allah SWT. Mengapa? Karena ada malaikat dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang ikut mendoakannya. Kamu yang bersedekah dengan doa-doa khusus, niscaya akan Allah SWT dengar dan kabulkan tepat pada waktunya.

Cara Melakukan Sedekah Subuh

Untuk melakukan amalan subuh ini, ada beberapa metode atau cara praktis yang bisa kamu praktekkan, yaitu:

Niatkan Satu Hajat Saja

Bisa saja banyak hajat atau harapan didoakan saat amalan subuh, tetapi meniatkan satu harapan saja untuk dikabulkan Allah jauh lebih baik. Contoh, kamu ingin memiliki momongan, atau ingin menemukan pasangan hidup. Siapkan satu tabungan khusus untuk sedekah dan niatkan untuk doa khusus tersebut.

Lakukan Setiap Hari

Lakukan rutin setiap hari. Tidak harus banyak nominalnya. Tetapi seandainya kamu punya rezeki lebih tidak apa-apa memberi lebih banyak. Tapi misalnya kamu benar-benar kesulitan uang, berikanlah misalnya Rp 1.000 atau Rp 2.000, tidak masalah. Lakukanlah hal ini rutin setiap hari. Allah suka dengan amalan yang ringan tapi rutin, daripada amalan banyak tapi mengerjakannya jarang-jarang.

Lakukan Secara Bertahap

Lakukan dengan nominal yang diperbesar secara bertahap. Jangan sekaligus memberikan dalam jumlah besar. Mulailah dari nominal kecil, sesuai kemampuan, secara rutin, kemudian perbesar jumlahnya secara bertahap. Lakukanlah dengan motivasi cinta kepada Allah dan sesama. Meskipun mungkin saat ini kamu miskin, tapi jangan sampai miskin untuk sedekah. Jika kamu meniatkan sesuatu yang besar, besarkan juga pengorbanannya atau sedekahnya.

Yuk mulai berkomitmen lakukan sedekah subuh, dan dapatkan banyak manfaatnya. Jika masih bingung kemana kamu ingin sedekah atau mendonasikan uangmu? WeCare.id bisa menjadi pilihan. Ada sejumlah fitur donasi yang bisa kamu manfaatkan seperti, zakat, donasi rutin, bantu pasien, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa download gratis aplikasinya di playstore.

Jumat Berkah, Berbagi Sedekah

Referensi :