Doakan Mereka Yang Sakit Dengan Doa Kesembuhan Ini

Doakan Mereka Yang Sakit Dengan Doa Kesembuhan Ini

Setiap orang pasti pernah menderita penyakit, baik penyakit ringan hingga penyakit yang berat. Menurut ulama, penyakit yang diderita oleh seorang muslim merupakan cobaan dan ujian dari Allah SWT. Maka ketika terkena penyakit, kita harus bersabar dan menerima takdir yang telah diberikan Allah SWT dengan memanjatkan doa mohon kesembuhan kepada Allah SWT, kemudian berikhtiar dengan menjalani pengobatan. 

Klik Untuk Donasi - Rasyid Alami Kelainan pada Kepala, Mata, Tangan, dan Kakinya serta Gizi Buruk
Sindrom Apert, Sindaktili, Gizi Bur...
Muhammad Ar-Rasyid Mulki
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,581,000
  2. Pencapaian 12.47%
  3. Donatur 25

Doa kesembuhan untuk orang sakit merupakan sunnah dalam bentuk mohon pertolongan kepada Allah SWT yang bisa kita panjatkan baik untuk orang tua, anak, dan saat kita menderita penyakit, kita dianjurkan untuk senantiasa memanjatkan doa minta kesembuhan untuk diri sendiri. Doa adalah kunci utama seorang muslim untuk meminta kesembuhan dan dibebaskan dari penyakit.

Hal ini telah dijelaskan oleh Allah SWT dalam firmannya pada Surat Ar-Ra’d ayat 31 yang berarti, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan aku kabulkan”. Maka itu, ketika kita sedang sakit, atau ada keluarga maupun teman yang sedang sakit, sebaiknya kita juga membacakan doa kesembuhan agar mereka lekas diberikan kesembuhan oleh Allah. 

Berikut ini beberapa doa untuk kesembuhan dari penyakit ringan maupun berat yang sesuai dengan ajaran Nabi.

Doa Minta Kesembuhan untuk Diri Sendiri

Di saat kita sedang menderita penyakit yang berat maupun ringan, kita dianjurkan untuk senantiasa melafalkan doa mohon kesembuhan yang tujukan kepada Allah SWT sembari melakukan ikhtiar dengan melakukan pengobatan. 

Dengan memanjatkan doa minta kesembuhan untuk diri sendiri, kita pun dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Sebab dengan berdoa, kita meyakini bahwa semua penyakit ada karena-Nya dan hanya Allah yang dapat memberi izin untuk kesembuhan.

Salah satu doa mohon kesembuhan dari penyakit adalah surat Al-Anbiya ayat 83, seperti yang diajarkan oleh Nabi Ayub AS saat beliau sakit. Berikut ini doanya:

رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ الرّٰحِمِينَ

“Robbahuuu annii massaniyadh-dhurru wa angta ar-hamur-roohimiin.”

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua yang penyayang.”

Setelah kita diberikan kesembuhan atas izin-Nya, ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan gaya hidup yang sehat maupun dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Sedekah Beras dan Makanan Bergizi untuk Yatim Terlantar

Doa Kesembuhan untuk Orang Sakit

Memanjatkan doa mohon kesembuhan merupakan salah satu doa yang sering Rasulullah ucapkan kepada sahabatnya yang sedang sakit. Ketika menjenguk, Rasulullah membacakan doa minta kesembuhan sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا 

“Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.”

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”

Menjenguk orang sakit serta memanjatkan doa kesembuhan untuknya seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW kepada kita termasuk amalan baik yang patut ditiru. Saat menjenguk dan membacakan doa kesembuhan untuk orang sakit, orang yang kita jenguk akan termotivasi supaya cepat sembuh sehingga dapat berkegiatan seperti sedia kala. 

Berikut tadi adalah doa kesembuhan yang bisa kita panjatkan apabila diri sendiri atau orang terdekat kita sedang sakit. Selain doa menggunakan bahasa Arab, kita dapat pula mendoakan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. 

Kamu juga bisa membantu mereka yang sakit dan tidak mampu dengan memberi uluran tangan melalui donasi ke Wecare.id! Unduh aplikasi Wecare.id melalui App Store atau Google Play agar kamu bisa menolong orang sakit di mana pun kamu berada.

Klik Untuk Donasi - Warga Tidak Mampu Sakit Kritis di Pelosok Indonesia!
  1. Terdanai Rp.2,100,000
  2. Pencapaian 1.82%
  3. Donatur 47

Referensi:

  • Doa untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah yang Bisa Kamu Panjatkan (2020). Kumparan.com
  • Doa untuk Kesembuhan Orang Sakit yang Rasulullah Contohkan (2020). Kumparan.com

K, Alhafiz (2014). Ini Sejumlah Doa Rasulullah untuk Kesembuhan Orang Sakit. Islam.nu.or.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *