Tips Menambah Imun Tubuh Agar Tetap Sehat Saat Pandemi

Sistem kekebalan atau sistem imun sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Tanpa sistem imun, tubuh kita akan terserang bakteri, parasit, virus, dan lainnya. Sistem kekebalan menyebar ke seluruh tubuh dan melibatkan banyak jenis sel, organ, protein, dan jaringan. Sistem imun membuat kita tetap sehat ketika diserang oleh mikroorganisme parasit yang dapat menyebabkan penyakit (patogen).

Jika sistem imun bertemu dengan patogen, seperti bakteri, virus, atau parasit, imun akan meningkatkan responnya. Sistem imun dapat membedakan jaringan kita dari jaringan asing. Selain mengenali serta menghancurkan benda asing yang masuk, sistem imum juga mengenali dan membersihkan sel mati. 

Sistem imun setiap orang berbeda, tetapi secara umum, sistem imun menjadi lebih kuat semakin kita dewasa karena. Orang dewasa telah terpapar lebih banyak patogen, hal ini membuat imunitas berkembang lebih banyak.

Sesudah tubuh memproduksi antibodi, salinannya tetap ada di dalam tubuh. Jadi, kalau antigen yang sama muncul lagi, dapat diatasi lebih cepat. Seperti contohnya saat kita terkena cacar air, sekali kita tertular, tubuh akan membangun antibodi cacar air. Sehingga kali berikutnya kita diserang dengan patogen cacar air, tubuh sudah siap menghancurkannya. Inilah yang disebut imunitas atau kekebalan.

Meningkatkan Sistem Imunitas Melawan Virus Covid-19

Meskipun sains percaya bahwa manusia tidak mempunyai imunitas alami terhadap virus Covid-19, sistem imun yang kuat dapat membantu melawan penyakit dan mungkin menyebabkan penyakit yang tidak terlalu parah.

Mungkin virus Covid-19 memiliki tingkat kematian yang relatif rendah tetapi mereka yang telah tertular Covid-19 mengklaim bahwa virus tersebut adalah penyakit yang kuat yang dapat membuat tubuh kita rusak dan terkuras.

Di saat pandemi seperti sekarang ini penting untuk melakukan apa yang Anda bisa untuk memperkuat imun alami kita. Ini bisa dilakukan mulai dari membuat pilihan makanan  yang sehat hingga menambahkan suplemen penting. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan kita selama pandemi.

Berikut ini adalah tips untuk menambah imun dalam tubuh saat pandemi, di antaranya:

Tidur

Apa hubungannya tidur dengan imunitas? Ternyata tidur adalah cara terbaik untuk tubuh kita beregenerasi dan membantu menjaga sistem kekebalan agar tetap kuat. Ketika kita cukup istirahat, tubuh tidak terlalu rentan terhadap infeksi. Orang dewasa disarankan untuk tidur minimal enam jam sehari untuk menjaga tingkat kekebalan tetap kuat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas California, Universitas Carnegie Mellon, dan Universitas Pittsburgh, Amerika Serikata yang dipublikasikan pada jurnal Sleep menyatakan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari enam jam per malam sangat lebih mungkin terkena flu biasa dibandingkan mereka yang tidur tujuh jam atau lebih.

Untuk membantu kita mendapatkan istirahat yang dibutuhkan, cobalah untuk menyesuaikan rutinitas tidur yang ketat termasuk mengatur waktu tidur, mengisi kamar kita dengan aroma aromaterapi yang menenangkan, dan membatasi gangguan larut malam.

Berolahraga Secara Teratur

Secara konsisten menggerakkan tubuh bisa mengurangi peradangan secara signifikan dan membantu regenerasi sel kekebalan tubuh dengan lebih efisien. Hasil studi dari para peneliti Universitas Houston, Amerika Serikat yang dipublikasikan pada jurnal Progress in Molecular Biology and Translational Science, menemukan bahwa hanya satu sesi latihan intensitas sedang dapat meningkatkan efektivitas vaksin pada seseorang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Olahraga berlebihan justru dapat meningkatkan stres, yang dikaitkan dengan sistem kekebalan yang lebih lemah. Targetkan sekitar 150 menit olahraga sedang setiap minggu. Gerakan teratur juga dapat meningkatkan kesehatan jantung,  meningkatkan mood, dan memperkuat tulang.

Makan Lebih Banyak Makanan Nabati

Makanan nabati utuh seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan kaya nutrisi dan anti-oksidan yang dapat membantu kita melawan patogen berbahaya. Antioksidan yang terkandung dalam makanan ini membantu mengurangi peradangan dengan melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan jika menumpuk di tubuh kita dalam jumlah yang tinggi. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayuran kaya akan nutrisi seperti vitamin C, yang bisa mengurangi durasi masuk angin

Makan Lebih Banyak Lemak Sehat

Ketika mendengar kata lemak, yang terbayang adalah bahaya untuk jantung. Sebenarnya ada lemak yang sepat yang bisa ditemukan dalam minyak zaitun dan ikan-ikan lokal seperti ikan kembung, ikan nila dan ikan mujair, dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh Anda terhadap patogen dengan mengurangi peradangan.

Minyak zaitun yang memiliki cairan anti-inflamasi atau peradangan, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Selain itu, sifat anti-peradangan bisa membantu tubuh Anda melawan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Asam lemak omega-3, seperti yang ada ikan kembung dan biji chia, juga bisa melawan peradangan.

Penting untuk tidak menjalankan diet tidak berdasar yang menekankan kepatuhan pada daftar ketat makanan atau aturan diet. Dalam beberapa kasus, diet semacam ini dapat menekan fungsi kekebalan tubuh.

Tetap Terhidrasi

Untuk membantu mengatur sistem imun, kita harus tetap terhidrasi. Orang dewasa harus minum delapan gelas air sehari untuk hidrasi terbaik. Kita bisa mendapatkan jumlah air yang tepat dengan membawa botol minum sepanjang hari.

Perhatikan Stres

Penting untuk memperhatikan stres kita dan istirahatlah sesekali. Stres kronis bisa melemahkan sistem imun dan membuat kita berisiko dengan mengurangi nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung sel sehat kita.

Untuk mengurangi stres cobalah batasi menonton TV, khususnya jika kegiatan itu mempengarungi tidur atau stres kita sepanjang hari. Sebaliknya, cobalah latihan jalan kaki atau yoga, membaca buku atau mewarnai. Kita juga bisa berbicara pada teman tentang hal-hal yang membahagiakan, lakukan self-talk yang positif, istirahat dan jangan lupa berdoa.

Sering Berjemur

Di masa pandemi ini kita perlu untuk meningkatkan imun tubuh. Salah satu caranya dengan mendapatkan asupan vitamin D. Bila terkena paparan sinar mata hari pada jam 08.00 sampai 09.00, kekebalan tubuh seseorang bisa meningkat. Intensitas waktunya cukup 10-15 menit saja.  Namun kegiatan ini harus dilakukan rutin sekitar 2-3 kali dalam seminggu.

Hai #TemanPeduli! Bagaimana kabarnya hari ini? Sebagai pelengkap hari dan penenang hati, yuk beri bantuin kepada tenaga medis yang sedang berjuang melawan pandemi COVID-19 melalui link berikut : https://wecare.id/apdcorona/

Terimakasih sudah turut membantu untuk melindungi mereka!

Sumber:

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/immune-system

https://www.medicalnewstoday.com/articles/320101

https://medicalxpress.com/news/2020-04-boost-immune-covid-.html

https://www.researchgate.net/publication/341767625_How_to_Boost_Immune_System_Against_Covid-19_Infections

https://www.leehealth.org/health-and-wellness/healthy-news-blog/coronavirus-covid-19/boosting-your-immune-system-you-can-start-today

https://www.adventisthealth.org/blog/2020/august/give-your-immune-system-a-boost-/

https://northdallasgazette.com/2020/07/27/how-to-boost-your-immune-system-during-the-pandemic/

https://www.liputan6.com/bola/read/4302502/12-tips-meningkatkan-imun-tubuh-di-masa-pandemi-covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *