Donasi Anak Yatim, Memberikan Harapan dengan Beramal

Donasi Anak Yatim, Memberikan Harapan dengan Beramal

Kasih sayang orang tua tidak ada duanya. Namun sayang, tidak semua anak dapat merasakan kehangatan tersebut. Maka, sudah sepatutnya kita bersyukur akan hal tersebut. Lalu, bagaimana dengan anak yatim?

Secara harfiah, pengertian anak yatim adalah tidak memiliki seorang ayah. Namun, dengan arti yang sederhana itu, tentu menimbulkan kebingungan. Maka, arti “yatim” secara rinci adalah seorang anak dengan kondisi belum baligh yang kehilangan sosok seorang ayah, sehingga tidak ada yang bertanggung jawab dalam pendidikan dan biaya hidupnya. 

Dengan penjelasan tersebut, sudah bisa dibayangkan bagaimana yang termasuk kategori yatim. Kita, sebagai orang yang masih beruntung memiliki seorang ayah sudah sepatutnya membantu mereka, apalagi yang yatim piatu. Melalui donasi anak yatim, kita masih bisa memberikan harapan dan kebahagiaan. 

Daftar isi:

  1. 1. Kedudukan Anak Yatim di Islam
  2. 2. Keutamaan Membantu Anak Yatim
  3. 3. Sedekah Anak Yatim
Klik Untuk Donasi - Muliakan Yatim di Tengah Pandemi
  1. Terdanai Rp.226,958
  2. Pencapaian 0.22%
  3. Donatur 6

Kedudukan Anak Yatim di Islam

Dalam Islam, kedudukan anak yatim sangatlah mulia. Bagaimana tidak? Dalam Al-Qur’an setidaknya ada dua puluh dua ayat yang menegaskan perihal tersebut. Dengan berdonasi, kita sudah memberikan mereka kesempatan untuk menjamin atau menggapai masa depannya.

Dalam Islam, kita dilarang keras untuk menghardik anak yatim baik secara fisik maupun psikis, karena ganjarannya berupa hukuman yang sangat berat di akhirat nanti. Beberapa contoh surat dalam Al – Qur’an yang membahas tentang hal ini diantaranya adalah Ad-Duha ayat 9 dan Al-Ma’un ayat 2. Maka dari itu, janganlah kita berperilaku sewenang – wenang dengan mereka.

Tak hanya itu, bagi mereka yang diberi kepercayaan untuk menyalurkan donasi kepada anak yatim, jagalah kepercayaan tersebut. Dalam Al-Qur’an juga membahas balasan yang setimpal untuk mereka yang memakan harta anak yatim, diantaranya An-Nisa ayat 10 dan Al-An’am ayat 152. Dari beberapa ayat yang disebutkan di atas, sudah sangat jelas betapa mulianya anak yatim dalam Islam. 

Pembangunan Gedung Pesantren Tahfidz Gratis Yatim Dhuafa

Keutamaan Membantu Anak Yatim

Dengan kedudukan keistimewaan yang sudah dijelaskan di atas, sudah tidak heran bahwa kita sangat dianjurkan untuk menyantuni anak yatim. Terdapat banyak hikmah yang bisa didapat, di antaranya adalah pahala yang terus mengalir. Selain itu, sedekah yang sudah diberikan juga akan dibalas oleh Allah SWT.

Tak hanya sedekah harta, kamu juga bisa melakukan bakti sosial. Ada berbagai cara bakti sosial yang mudah diterapkan. Kamu bisa mengajar, membentuk kepribadian, atau mengadakan sebuah acara. Namun sayang, pada masa pandemi yang melanda pada tahun 2020, kita tidak bisa mengadakan kerumunan, akibatnya anak – anak tersebut lebih membutuhkan bantuan kita lebih dari sebelumnya.

Sedekah Anak Yatim

Tidak ada anjuran yang pasti dalam menyantuni anak yatim, yang terpenting adalah kita memberikan manfaat yang baik untuk kelangsungan hidup mereka, baik itu berupa materi atau ilmu yang baik. Saat ini, ada banyak yayasan yang mulai membuka donasi online agar kebaikanmu tidak terhalang oleh pandemi. Selain itu, terdapat banyak platform online yang menyediakan tempat untuk membuat kampanye – kampanye donasi baik berupa uang atau benda. Kamu pun bisa ikut serta, atau membuat kampanye donasi anak yatim juga. 

Klik Untuk Donasi - Berbagi Berkah Ramadan untuk 1000 Anak Yatim di 30 Panti Asuhan
  1. Terdanai Rp.4,649,500
  2. Pencapaian 9.30%
  3. Donatur 25

Tak dapat dipungkiri lagi, menyantuni anak yatim tidak hanya untuk kebaikan anak – anak tersebut, namun juga untuk diri sendiri. WeCare.id merupakan salah satu platform yang bisa menyalurkan donasimu, bahkan di masa yang penuh kesulitan ini. Kamu bisa berdonasi pada kampanye yang ada di website WeCare.id, seperti yang ini. Selain dengan website, kamu juga bisa melakukan donasi anak yatim dengan aplikasi WeCare.id, kini tersedia di AppStore dan Google Play. Ayo unduh aplikasi WeCare.id dan berikan harapan untuk anak yatim sekarang!

Referensi:

Nasrullah, Nashih. 2020. Anak Yatim Bukan Cuma tak Berayah, Ini Penjelasannya. Diakses dari: https://republika.co.id/berita/qfvugr320/anak-yatim-bukan-cuma-tak-berayah-ini-penjelasannya 

Heri and Agung. 2017. Islam Istimewakan Anak Yatim, Ini Penjelasannya. Diakses dari: https://republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/17/03/31/ono5mx313-islam-istimewakan-anak-yatim-ini-penjelasannya

Anonymous. 2020. Dahsyatnya Sedekah untuk Anak Yatim. Diakses dari: https://tabungamal.id/berita/dahsyatnya-sedekah-untuk-anak-yatim 

 Rizqa, Hasanul. 2020. Cara Menyantuni Anak Yatim Sesuai Anjuran Nabi. Diakses dari: https://republika.co.id/berita/q9v3fx458/cara-menyantuni-anak-yatim-sesuai-anjuran-nabi 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *