Cara Bakti Sosial di Panti Asuhan yang Mudah Diterapkan

Cara Bakti Sosial di Panti Asuhan yang Mudah Diterapkan

Panti asuhan merupakan tempat untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak yang telantar maupun tidak mampu secara finansial. Keberadaan mereka tentu menjadi pengingat untuk kita agar selalu bersyukur kepada Yang Mahakuasa.

Nasib kita lebih beruntung daripada mereka karena masih bisa makan, berpakaian layak, dan memiliki tempat tinggal. Bahkan, dengan segala kesulitan yang dihadapi, masih ada orang tua di sisi kita.

Jadi, tidak ada salahnya memberikan mereka kebahagiaan dengan mengadakan bakti sosial di sana. Lalu, apa saja manfaat bakti sosial dan bagaimana cara melakukannya? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian dan Manfaat Bakti Sosial
  2. 2. Cara Bakti Sosial di Panti Asuhan

Klik Untuk Donasi - Bantu Infaq Nutrisi ke Seluruh Indonesia
  1. Terdanai Rp.26,000
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 3

Pengertian dan Manfaat Bakti Sosial

Bakti sosial diartikan sebagai sikap peduli yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan fisik. Aktivitas ini juga dilandasi rasa kemanusiaan dan empati atas masalah sosial. Tujuan utamanya untuk mempererat hubungan persaudaraan, mengaplikasikan ilmu, dan sebagai aktualisasi diri dalam menolong sesama.

Adanya bakti sosial tidak hanya memberikan manfaat untuk diri sendiri, tetapi juga orang lain. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan.

Membentuk Kepribadian

Zaman sekarang, menumbuhkan kepribadian dengan kepedulian sosial relatif sulit. Pasalnya, generasi masa kini dimanjakan oleh teknologi, salah satunya gadget. Jika sudah memegang gadget, kondisi di sekitarnya menjadi angin lalu saja.

Untuk mengatasi masalah tersebut, generasi muda harus sering diajak bakti sosial. Pasalnya, dengan melakukan bakti sosial secara rutin, kepribadian yang baik akan terbentuk dalam diri mereka.

Memperluas Wawasan dan Pengalaman

Anak-anak yang hidup di panti asuhan memiliki banyak keterbatasan. Salah satunya adalah terbatas dalam mendapatkan pengetahuan. Karena itu, mereka sangat gembira dengan kedatangan kita yang dianggap membawa ilmu baru.

Melatih Kepemimpinan

Pemimpin sejati adalah orang yang mampu memahami kondisi rakyatnya. Begitu pula ketika berada di panti asuhan, kita belajar menempatkan diri dan memahami keadaan penghuninya. Berawal dari sinilah, jiwa kepemimpinan itu ditempa.

Klik Untuk Donasi - Bantu Mbah Partinah Merawat Ketiga Cucunya
  1. Terdanai Rp.74,000
  2. Pencapaian 0.06%
  3. Donatur 4

Cara Bakti Sosial di Panti Asuhan

Bakti sosial di panti asuhan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ini beberapa cara yang direkomendasikan.

Mengadakan Kegiatan

Menyelenggarakan kegiatan adalah salah satu menstimulus semangat anak-anak di panti asuhan. Mereka akan merasa diperhatikan, dihargai, dan diakui keberadaannya. 

Bentuk kegiatannya bermacam-macam, misalnya sedekah, syukuran ulang tahun, dan bimbingan belajar gratis. 

Sedekah

Sedekah merupakan pemberian sukarela dari seseorang untuk yang membutuhkan. Bentuk sedekah bisa berupa uang maupun barang. Misalnya, menyumbangkan buku pelajaran, peralatan sekolah, seragam, dan pakaian layak pakai. 

Syukuran Acara Ulang Tahun

Perayaan ulang tahun akan lebih bermanfaat jika diadakan di panti asuhan. Selain berbagi kebahagiaan, kita juga bisa membagikan bingkisan untuk anak-anak.

Bimbingan Belajar Gratis

Kegiatan berikut yang bisa diadakan di panti asuhan adalah bimbingan belajar. Kita dapat mengajak komunitas maupun teman kuliah untuk menjadi volunteer. Percayalah, seberapa pun kecilnya ilmu dari kita, akan bermanfaat untuk mereka.

Menyumbangkan Uang

Cara bakti sosial yang kedua, yakni menyisihkan sebagian uang kita untuk membantu anak-anak di panti asuhan. Barangkali, dengan uang tersebut, panti asuhan bisa membelikan kebutuhan mereka.

Klik Untuk Donasi - Berbagi Kebahagiaan Bersama 22.000 Yatim dan Dhuafa di Jawa Tengah
  1. Terdanai Rp.13,000
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 3

Jadi, sudahkah menentukan cara bakti sosial yang tepat di panti asuhan terdekat? Sebenarnya, bakti sosial lebih mudah dengan mendonasikan sebagian rejeki melalui WeCare.id.

Platform penggalangan dana ini bersama Yayasan ASRI mengajak kita untuk menyumbangkan sejumlah uang bagi yang membutuhkan. Siapa tahu, dengan terkumpulnya rupiah dari kita, anak-anak di panti asuhan lebih cerah masa depannya.

Buruan! Unduh aplikasinya di App Store atau Google Play dan buktikan kepedulian kamu kepada sesama.

download_app

Referensi :

Event Kampus (2017). Manfaat Kegiatan Bakti Sosial bagi Pelajar dan Mahasiswa. eventcampus.com
Mahaviharamaitreya (2020). Bakti Sosial. mahaviharamaitreya.org
Admin Sevima (2018). Bakti Sosial SEVIMA di Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Amanah Surabaya 2016. sevima.com
Kitabisa (2020). Beragam Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Panti Asuhan. blog.kitabisa.com