5 Manfaat Tolong Menolong Untuk Kesehatan

5 Manfaat Tolong Menolong Untuk Kesehatan

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Karena itu tidak aneh jika kita harus bekerja sama dan saling tolong-menolong untuk dapat melanjutkan hidup kita.

Berbuat kebaikan kepada teman, keluarga, atau tetangga bisa memberikan dampak positif bagi semua orang yang terlibat dalam kebaikan tersebut. Uniknya, tolong-menolong juga ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kita.

Manfaat tolong menolong untuk kesehatan

Dari sekian banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dengan membantu sesama, setidaknya ada lima manfaat yang bisa kamu dapatkan.

1. Menurunkan tingkat stres

Stres adalah salah satu kondisi yang sering dialami banyak orang di seluruh dunia. Walau  stres tidak dapat dihilangkan, namun ada cara untuk mengatur tingkat stres kita. Salah satu caranya adalah dengan melakukan aktivitas fisik.

Banyak orang di sekitar kita yang membutuhkan bantuan untuk memindahkan barang, membersihkan rumah, hingga membawakan barang belanjaan. Jadi, kamu bisa melakukan aktivitas fisik sambil membantu mereka. Tapi apa manfaatnya untuk kesehatan?

Berbagai studi mengungkapkan bahwa kegiatan fisik efektif dalam menurunkan ketegangan, meningkatkan kewaspadaan, dan konsentrasi. Saat melakukan aktivitas fisik, tubuh akan memproduksi endorfin. Hasilnya, Teman Peduli akan bisa beristirahat lebih nyenyak sehingga tingkat stres juga akan menurun.

2. Memperpanjang usia

Siapa sangka membantu orang lain bisa memperpanjang usia seseorang. Sebuah penelitian di Universitas Basel, Swiss, menemukan bahwa orang tua yang merawat orang lain di sekitarnya ternyata memiliki usia yang lebih panjang.

Walau penelitian ini dilakukan pada orang-orang lanjut usia, namun dapat diasumsikan bahwa hasil penelitian tersebut berlaku untuk semua orang dengan berbagai jenjang usia. Lagi pula, tolong-menolong bukan hal buruk yang harus dihindari bukan.

Klik Untuk Donasi - Aprilia Alami Epilepsi dan Hipotiroid Sejak Kecil. Yuk Bantu Donasi Kesembuhan Aprilia!
Donasikan Epilepsi, Hipotiroid
Aprilia Abigael Simatupang
Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.1,260,000
  • Pencapaian 100.00%
  • Donatur 16

3. Tolong-menolong dapat membuat kita bahagia

Selain dapat meringankan beban orang lain, ternyata membantu sesama bisa membuat Teman Peduli lebih bahagia. Para ahli Sosiologi di Amerika melakukan penelitian pada 2000 orang selama lima tahun. Mereka menemukanbahwa warga Amerika yang merasa sangat bahagia ternyata telah melakukan kegiatan sukarela setidaknya 5.8 jam per bulan.

4. Membantu orang lain bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang dipengaruhi oleh kondisi mental. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang melakukan kegiatan sukarela setidaknya 200 jam per tahun bisa menurunkan tekanan darahnya hingga 40 persen.

Hal ini mungkin terjadi karena mereka diberi lebih banyak kesempatan sosial, yang membantu menghilangkan rasa kesepian dan stres yang sering menyertai kondisi tekanan darah tinggi.

5. Memberikan pengalaman yang berbeda

Dengan berpartisipasi dalam aktivitas tolong-menolong di lingkungan sekitar ternyata bisa memberikan beragam manfaat dan juga pengalaman unik. Teman Peduli bisa ikut serta membantu meningkatkan kualitas lingkungan sekitar, bertemu dengan wajah-wajah baru, mencoba hal-hal baru, atau bahkan menemukan hobi baru.

Bahkan remaja yang ikut serta dalam kegiatan sosial ternyata bisa merasakan dampaknya. Para ahli Sosiologi berpendapat bahwa remaja yang ikut serta dalam aktivitas tolong-menolong ternyata mampu meraih nilai yang lebih baik di sekolah dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Kesimpulan

Tolong-menolong bukan hanya memberikan manfaat bagi orang lain, tetapi juga bagi kesehatan kita. Tak ada kebaikan yang sia-sia, sekecil apapun itu. Bantuan kamu bisa menjadi hal yang sangat berarti bagi orang lain. Karena itu, bersama WeCare.id, mari kita ulurkan tangan untuk membantu saudara yang membutuhkan. Yuk, buka tautan dibawah untuk donasi atau gunakan aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play supaya donasi menjadi lebih mudah!

Klik Untuk Donasi - Kehilangan Ke Dua Matanya Akibat Kanker, Pak Jaelani Butuh Bantuanmu!
Donasikan Kanker Otak Stadium 4
Ahmad Jaelani
Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.800,001
  • Pencapaian 15.46%
  • Donatur 18

Referensi:

ADAA. (2010). Physical Activity Reduces Stress. ADAA.
Advisors, Wells Fargo. (2020). 7 Scientific Benefits of Helping Others. Mentalfloss.
Gregoire, C. (2017). Helping Others Is The Key To Longevity, Study Finds. The Huffington Post.
Inc, Envolve. (2020). The Benefits of Helping Others: Improve Your Health Through Good Deeds. Envolve, Inc.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *