5 Keajaiban Sedekah yang Buat Hidup Lebih Bahagia

5 Keajaiban Sedekah yang Buat Hidup Lebih Bahagia

Banyak orang percaya bahwa dengan bersedekah kita akan menjadi lebih bahagia. Ada kebahagian tersendiri ketika berbagi rezeki dengan orang yang membutuhkan. Nah, artikel ini akan membahas mengenai keajaiban sedekah yang bisa membuat hidup bahagia. Yuk, simak.

Klik Untuk Donasi - BANTU SEDEKAH MAKAN SANTRI PENGHAFAL QUR’AN
  1. Terdanai Rp.1,347,000
  2. Pencapaian 4.28%
  3. Donatur 23

Definisi Sedekah

Sedekah adalah kata yang sudah umum di kalangan umat Islam. Kata sedekah dalam bahasa Arab adalah “shadaqah” yang asalnya dari kata sidq atau sidiq. Arti dari kata itu adalah “kebenaran”. Sedekah adalah tindakan amal yang diberikan murni karena kasih sayang, cinta, persahabatan, kewajiban agama atau kemurahan hati. Bentuk sedekah bisa berupa senyuman yang kita berikan kepada tetangga sampai memberikan sebagian rezeki yang kita miliki kepada yang membutuhkan. Sedekah memiliki keajaiban tersendiri. Berikut ini adalah keajaiban sedekah yang bisa membuat hidup bahagia: 

Jaga para penghafal al-quran DENGAN SEDEKAH TERBAIK

Meringankan kesulitan 

Tidak peduli berapa banyak yang kita miliki, sebagai manusia, kita cenderung fokus pada apa yang tidak kita miliki dan berusaha keras untuk memilikinya. Tetapi ketika melihat mereka yang memiliki lebih sedikit dari kita, kesulitan kita tampak kecil dan dapat dihadapi. Memberi kepada mereka yang memiliki lebih sedikit dari kita bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan perspektif tentang kesulitan kita. Itulah salah satu dari keajaiban sedekah. 

Nabi Muhammad SAW berkata:

“Lihatlah mereka yang memiliki lebih sedikit dari kamu, dan jangan lihat mereka yang memiliki lebih banyak. Ini lebih tepat supaya tidak mengabaikan (atau meremehkan) nikmat Allah yang kamu miliki.” (Al-Bukhari dan Muslim)

Menghilangkan malapetaka

Nabi (saw) berkata “Berikan sedekah tanpa penundaan, karena itu menghalangi malapetaka.” (Tirmidzi). 

Sebagai Muslim, kita percaya bahwa Allah SWT telah menciptakan kehidupan ini sebagai ujian keimanan dan kesetiaan kita melalui kesulitan dan bencana. Memberi sedekah pada saat sulit menunjukkan iman yang kuat dan rasa syukur kepada Allah SWT. Hanya rahmat Allah SWT yang tak terbatas yang dapat mengubah situasi dan memberikan sedekah adalah cara untuk mendekat kepada-Nya. Melindungi kita dari cobaan dan kesengsaraan di dunia ini adalah salah satu dari keajaiban sedekah. Jika ingin melindungi diri sendiri dan keluarga yang rentan dari bencana, mengapa tidak menyumbang kepada yang membutuhkan? 

Menambah kekayaan kita

Terkadang kita menganggap perbuatan baik kita sebagai hal yang hanya akan menguntungkan kita di akhirat. Saat masa krisis seperti sekarang, kita tergoda untuk berpikir ‘sangat sulit untuk beramal di saat sekarang. Beramal hanya akan membuat segalanya lebih sulit bagi kita.’ Meskipun kita tahu bahwa sedekah akan bermanfaat di akhirat, kita khawatir tentang menjaga kelangsungan hidup kita sendiri di kehidupan dunia ini. Adalah bijaksana untuk berhati-hati selama masa ketidakpastian ini. Namun, penting untuk diingat bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sedekah itu tidak akan mengurangi kekayaan.” (HR. Muslim)

Ini adalah pengingat yang sangat penting, apapun yang kita belanjakan di jalan Allah tidak akan pernah rugi. Sedekah tidak akan pernah mengambil apa pun dari apa yang kita miliki. Justru sebaliknya, sedekah justru akan menambah kekayaan kita. Ini juga merupakan keajaiban sedekah yang bisa kita rasakan.

Dimudahkan dalam mencari rezeki yang halal 

Bentuk keajaiban sedekah lainnya yaitu dimudahkan mencari rezeki yang halal. Dengan bersedekah kita akan selalu ingat, bahwa apapun yang kita lakukan Allah pasti mengetahuinya. Karena itulah, sedekah akan membuat kita jadi berusaha mencari rezeki yang halal. Memakan rezeki yang halal akan membuat kita mudah bersyukur atas anugerah yang sudah diberikan Allah pada kita. Allah SWT berfirman dalam Surat An-Nahl ayat 114:

“Maka makanlah yang halal lagi baik dan rezeki yang telah diberikan Allah kepada kalian. Dan syukurilah nikmat Allah jika kalian hanya kepada-Nya saja beribadah”. 

Klik Untuk Donasi - Ibu Tri Alami Tumor Payudara Setelah ditinggal Suaminya
Tumor Payudara
Tri Marfiah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.750,000
  2. Pencapaian 13.04%
  3. Donatur 16

Melatih cara berpikir positif dan adil

Seringkali kita melihat yang mencintai sedekah adalah mereka yang memiliki sikap adil, dan tidak berani mengambil hak orang lain alias mencuri. Itulah keajaiban sedekah. Dengan bersedekah kita akan diingatkan akan kewajiban dalam aspek sosial. Caranya yaitu dengan bersikap adil kepada mereka yang membutuhkan pertolongan dan yang dalam kesusahan. Hal ini akan meningkatkan kepekaan dan simpati terhadap keadaan orang-orang di sekitar yang terkadang membutuhkan perhatian kita.

Untuk bisa merasakan keajaiban sedekah banyak caranya. Salah satunya seperti jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

10 Benefits of Giving Sadaqah Regularly. (2020). muslimhands.org.za.
Corbin, T. (2017). 4 Benefits of Giving Charity You Can Never Imagine. aboutislam.net.
Definisi Sedekah. (2020). baznas.go.id.
Mustinda, L. (2019). 5 Keajaiban Sedekah yang Bisa Membuat Hidup Bahagia. news.detik.com.Premium Times. (2021). The Power Of Sadaqah/Charity For A Muslim, Especially During COVID-19, By Murtadha Gusau. opinion.premiumtimesng.com.

Sumber Featured Image : Puwadon Sang-ngern from Pexels

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *