Keutamaan Sedekah saat Wabah Corona Melanda

Keutamaan Sedekah saat Wabah Corona Melanda

Sedekah merupakan salah satu amal ibadah yang dianjurkan bagi umat Islam. Berikut dalil hadits tentang keutamaan memberi sedekah: Diriwayatkan oleh Hakim bin Hizam RA, Rasulullah SAW bersabda “Tangan di atas lebih baik daripada tanah di bawah. Mulailah memberi dari orang yang berada di bawah tanggunganmu, dan sebaik-baiknya sedekah  ketika merasa cukup, barang siapa menjaga kehormatan dirinya niscaya Allah menjaganya, batang siapa merasa cukup maka Allah akan mencukupkannya.” (HR. Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

Dalil hadits tentang keutamaan memberi sedekah lainnya menurut Abu Hurairah RA dalam HR. Bukhari dan Muslim yaitu Rasulullah SAW pernah bersabda, “Tidaklah seorang hamba memasuki waktu pagi pada setiap harinya, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satunya memohon kepada Allah untuk memberikan ganti bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya, sedangkan satunya lagi memohon untuk memusnahkan harta si bakhil” (Ichsan, 2020)

Menurut Ustadz Ainul Yaqin, sedekah dapat membantu menolak bala atau mara bahaya (Fauziah, 2020). Selain itu, masih banyak keutamaan sedekah lainnya, berikut uraiannya:

Klik Untuk Donasi - Zakat Fitrah Ramadhan untuk Saudara Dhuafa
  1. Terdanai Rp.2,212,000
  2. Pencapaian 0.22%
  3. Donatur 30

Mencegah Penyakit dan Musibah

Keutamaan sedekah dalam Islam salah satunya yaitu mencegah penyakit dan musibah. Menurut Ibnu Qayyim RA sedekah dapat mencegah mara bahaya, mala petaka, kematian yang buruk, dan melindungi dari orang yang dzalim. Selain itu sedekah juga dapat menjaga harta, memperbanyak rezeki, serta membuat hati bahagia (Tuasikal, 2020).

Mempererat Silaturahmi

Infaq dan sedekah juga bermanfaat untuk mempererat silaturahmi. Saat memberikan sedekah, tentu kamu akan berhubungan dengan orang lain yang akan diberi santunan. Hal ini tentu akan mempererat silaturahmi. Allah sangat menyukai hambanya yang menjalin hubungan baik dengan sesama manusia. 

Menghapus Dosa

Sedekah yang dilakukan baik di pagi hari, subuh, sedekah jumat atau ramadhan maupun waktu lainnya dapat menghapus dosa. Menurut HR Tirmidzi, sedekah dapat menghapus dosa orang yang melakukannya, ibaratnya seperti air yang memdamkan api ( CNN, 2020). 

Klik Untuk Donasi - Parsel Ramadan Untuk Saudara Dhuafa di Indonesia
  1. Terdanai Rp.1,610,000
  2. Pencapaian 0.46%
  3. Donatur 4

Penyembuh

Keutamaan sedekah lainnya yaitu sebagai penyembuh. Rasulullah SAW pernah memberikan contoh jika ada suatu penyakit yang tidak ada obatnya, maka dianjurkan untuk bersedekah sebagai penyembuhnya. Di situasi pandemi atau wabah Corona seperti saat ini, tentu sedekah sangat dianjurkan. Selain untuk menjaga diri, orang tua dan keluarga, sedekah di masa sulit seperti saat ini tentu sangat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan.

Menghilangkan Cemas

Keutamaan sedekah berikutnya yaitu dapat menghilangkan cemas. Ayat Alquran tentang keutamaan sedekah tertuang dalam Surat Al-Baqarah ayat 274 yaitu “Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapatkan pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati”.

Keberkahan pada Harta

Selain mendapatkan pahala yang melimpah dari Allah SWT, keutamaan sedekah lainnya yaitu keberkahan pada harta. Allah SWT berjanji bahwa orang yang gemar melakukan sedekah tidak akan habis harta bendanya, justru Allah akan melipatgandakannya.

Itulah beberapa bentuk amal yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan ini. Sambil kamu #RayakanKebaikan, yuk unduh jurnal kebaikan gratis dari WeCare.id ini untuk menemani perjalanan kebaikan kamu! 

Jangan lupa juga untuk unduh jadwal Ramadhan 2021 disini yaaa!

Ingin bersedekah dan mendapatkan keutamaannya? Kini telah hadir aplikasi WeCare.id untuk bersedekah kapan saja dan di mana saja. Yuk, segera download aplikasi WeCare.id!

download_app

Referensi:

CNN. (2020). Keutamaan Sedekah, Hilangkan Cemas hingga Tolak Wabah. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200428172811-284-498175/keutamaan-sedekah-hilangkan-cemas-hingga-tolak-wabah

Fauziah, N. (2020). Ini Keutamaan Bersedekah di Tengah Wabah Corona. Diakses dari https://muslim.okezone.com/read/2020/04/14/330/2199073/ini-keutamaan-bersedekah-di-tengah-wabah-corona

Ichsan, F. 2020. Empat Hadis tentang Kewajiban dan Keutamaan Bersedekah. Diakses dari https://www.republika.co.id/berita/qapdse483/empat-hadis-tentang-kewajiban-dan-keutamaan-bersedekah

Tuasikal, MA. 2020. Keutamaan Sedekah saat Wabah Corona Melanda. Diakses dari https://rumaysho.com/23736-keutamaan-sedekah-saat-wabah-corona-melanda.html

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *