Benarkah Sedekah Bisa Memberikan Ketenangan Jiwa?

Benarkah Sedekah Bisa Memberikan Ketenangan Jiwa?

Kita pasti sudah sering mendengar kata sedekah. Sedari kecil, kita sudah diajarkan oleh orang tua untuk tolong menolong melalui contoh yang mereka berikan. Dipercaya sedakah bisa melapangkan dada kita, membuat hati yang gundah jadi tentram, dan memberikan kebahagiaan.

Yuk bantu sesama dengan sedekah donasi kebaikan bersama WeCare

Apapun bentuk sedekah yang kita berikan pada sesama, itu bisa mendatangkan ketenangan jiwa. Selain itu, kita akan belajar melepaskan diri dari sifat tamak dan bakhil yang merupakan sifat buruk.

Arti Sedekah

Kata sedakah asalnya dari kata bahasa Arab, “Shodaqoh”. Arti dari kata itu yaitu memberi suatu pemberian dari seorang muslim pada orang lain yang dilakukan secara spontan serta sukarela tanpa ada batasan waktu dan jumlah. Kata shodaqoh juga memiliki arti pemberian yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai suatu kebajikan dan hanya berharap keridhoan dari Allah SWT.

Karena sedekah tidak pernah dibatasi jumlahnya, maka tak ada nisab untuk sedekah. Jika kita masih mampu, teruslah bersedekah. Tak ada ketentuan kapan seseorang bebas untuk tidak bersedekah karena telah sering melakukan sedekah. Yang terpenting yaitu belum pernah dalam sejarah tertulis orang yang bersedekah menjadi jatuh miskin.

Semua orang yang telah bersedekah akan mengetahui bahwa sedekah justru membuat mereka bahagia dan kaya. Karena dalam ajaran Islam, ketika bersedekah, kita berniaga dengan Allah dan tentu saja Teman Peduli tidak akan rugi karena keuntungannya tak bisa dibandingkan dengan berniaga dengan pedagang besar mana pun.

Klik Untuk Donasi - Bersihkan hatimu dengan berbagi, bersihkan hartamu dengan berzakat
ZAKAT ONLINE

Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.36,841,645
  2. Pencapaian 31.90%
  3. Donatur 196

Perintah Sedekah

Adapun perintah untuk bersedekah tercantum dalam surat Al- Baqarah, ayat 274. Allah SWT berfirman:

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَعَلَانِيَةً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

“Orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”

Ayat ini membahas tentang orang yang bersedekah harta pada waktu siang dan malam sesuai dengan hajat dan maslahat. Bersedekah yang dianjurkan adalah yang sembunyi-sembunyi, terkadang dalam keadaan terang-terangan. Ayat ini menyebutkan didahulukan bersedekah secara diam-diam, sesudah itu barulah terang-terangan. Hal itu karena bersedekah secara diam-diam lebih ikhlas.

Namun bila ada maslahat untuk melakukan sedekah secara terang-terangan, maka lebih baik untuk bersedekah secara terang-terangan misalnya untuk jadi contoh bagi yang lain atau untuk jadi pelopor dalam ajaran yang baik. Orang yang memberikan sedekah akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Dan yang tak kalah pentingnya, ayat ini juga menyebutkan bahwa orang yang bersedekah, mereka akan selalu tenang, tak merasa khawatir untuk masa depannya dan tak pula bersedih dengan apa yang mereka tinggalkan di masa silam.

Dikutip dari laman Setneg, Prof. Azyumardi Azra, Guru Besar di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta menyebutkan bawah setidaknya ada tiga hal penting yang dapat kita ambil dari perintah bersedekah. Pertama, bersedekah adalah salah satu wujud dari rasa syukur kita kepada Allah. Kedua, bersedekah jadi bukti kuat, bahwa kita merupakan mahkluk Allah yang lemah dan tak mempunyai apa-apa, sementara Allah itu mahakaya. Ketiga, bersedekah bisa mendatangkan kebaikan, ketenangan, ketentraman serta kesucian jiwa, baik bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Klik Untuk Donasi - Mari berzakat melalui Baitulmaal Muamalat
  1. Terdanai Rp.4,054,993
  2. Pencapaian 0.35%
  3. Donatur 11

Manfaat Sedekah

Bersedekah memberikan manfaat yang banyak untuk siapa saja khususnya bagi si pemberi sedekah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sedekah, di antaranya:

1. Memberikan ketengangan jiwa, maksudnya  orang yang bersedekah akan dijauhkan dari perasaan bingung, gelisah, atau juga bimbang mengenai urusan dunianya.

2. Memberikan perasaan lega dan bahagia karena sudah menolong orang lain.

3. Akan ditinggikan derajatnya di mata Allah SWT.

Tak ada kebaikan yang sia-sia, sekecil apapun itu. Sedekah dari kamu bisa menjadi hal yang sangat berarti bagi orang lain. Mari kita bersedekah dan berikan sedikit dari rezeki kita kepada saudara yang membutuhkan. Pupuk pahala dengan menunaikan Zakat bersama WeCare.id! Selain itu, mari kita bantu pasien tidak mampu yang menderita berbagai penyakit di tengah pandemi. Kamu bisa gunakan aplikasi WeCare.id untuk donasi kapan saja dan di mana saja. Segera download aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play untuk bantu sesama!

Referensi

Azra, A. (2007). Sedekah untuk kebaikan sesama. Setneg.go.id.
Hapus Gelisah dengan Sedekah. (2007). Qultum media.
Tuasikal, M. A. (2017). Renungan #12, Sedekah Membawa Ketenangan. Rumaysho.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *