Apa Saja Dampak Positif Tolong Menolong Bagi Kita?

Apa Saja Dampak Positif Tolong Menolong Bagi Kita?

Tolong-menolong merupakan hal yang sudah lazim dilakukan di masyarakat. Perilaku ini diajarkan tak hanya oleh orang tua di rumah tapi juga di sekolah oleh para guru kepada muridnya.

Daftar isi:

  1. 1. Definisi Perilaku Menolong
  2. 2. Dampak Positif Tolong Menolong

Definisi Perilaku Menolong

Dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia arti dari menolong yaitu membantu untuk   meringankan   beban   (kesukaran, penderitaan, dan lain sebagainya), membantu dalam melakukan  sesuatu,  yakni bisa  berupa  bantuan  tenaga,  dana, ataupun  waktu.

Mengutip kamus Al-munawwir dalam bahasa Arab kata menolong disebut dengan kata ta’awun yang artinya tolong-menolong, gotong royong, atau bantu membantu sesama manusia dalam hal kebaikan dan takwa.

Dampak Positif Tolong Menolong

Perilaku tolong-menolong selain merupakan sebuah kebaikan, tentunya juga memiliki dampak yang baik bagi orang yang melakukannya. Berikut ini adalah dampak positif dari tolong-menolong yang dirangkum dari berbagai sumber.

Klik Untuk Donasi - Zakat bersama DOMPET DHUAFA
  1. Terdanai Rp.5,225,000
  2. Pencapaian 4.52%
  3. Donatur 12

Membuat Orang Merasa Bersyukur

Membantu orang lain memberikan kita perspektif tentang situasi kita sendiri, dan mengajari kita untuk menghargai apa yang kita miliki. Global One Foundation, sebuah organisasi bantuan internasional non-pemerintah, mendeskripsikan volunteering sebagai cara untuk mempromosikan rasa syukur yang lebih dalam karena kita lebih mengenali apa yang sudah menjadi berkah atau hadiah positif dalam hidup kita.

Mau belajar bersyukur? Yuk coba dengan tindakan nyata seperti zakat dan sedekah!

Meningkatkan Self-Esteem

Pertimbangkanlah untuk mendonasikan sebagian waktu kita untuk tujuan yang kita sukai. Orang-orang yang menjadi sukarelawan ternyata memiliki self-esteem atau harga diri dan kesejahteraan yang lebih tinggi. Para ahli menjelaskan bahwa ketika perasaan keterhubungan sosial meningkat, begitu pula self-esteem kita. Manfaat menjadi sukarelawan juga bergantung pada konsistensi kita. Jadi, semakin sering kita menjadi sukarelawan, semakin besar self-esteem kita.

Memiliki Persahabatan yang Lebih Kuat

Menjadi kekuatan untuk kebaikan dalam kehidupan seorang teman dapat membantu membangun ikatan yang langgeng. Menurut sebuah studi oleh National Institutes of Health, ketika membantu orang lain, kita mengeluarkan energi positif, yang dapat menular pada teman-teman dan meningkatkan persahabatan kita. Kedua belah pihak akan berkontribusi untuk memelihara dinamika yang saling menguntungkan.

Klik Untuk Donasi - Darurat Siaga Bencana, Ratusan Orang Sekitar Merapi Mengungsi
  1. Terdanai Rp.66,000
  2. Pencapaian 0.06%
  3. Donatur 20

Menjadi Orang yang Optimis

Memiliki dampak positif pada orang lain dapat membantu kita mengubah pandangan dan sikap kita sendiri. Para ahli mengatakan bahwa melakukan perbuatan baik meningkatkan suasana hati dan pada akhirnya membuat kita lebih optimis dan positif.

Menciptakan Rasa Memiliki

Membantu orang lain dapat membantu kita mendapatkan teman baru dan terhubung dengan komunitas kita. Kegiatan tatap muka seperti menjadi sukarelawan juga dapat membantu mengurangi kesepian dan terasing.

Saling Mengatur Emosi

Penelitian terbaru menunjukkan membantu orang lain mengatur emosi mereka membantu kita mengatur emosi kita sendiri, mengurangi gejala depresi dan akhirnya, meningkatkan kesejahteraan emosional kita.

Sebuah studi terbaru dari Universitas Columbia telah mengungkapkan bahwa ketika membantu orang lain mengatasi situasi stres mereka, kita meningkatkan keterampilan pengaturan emosi kita sendiri, dan dengan demikian, menguntungkan kesejahteraan emosional kita sendiri.

Klik Untuk Donasi - Layanan Kesehatan Gratis Untuk Pengungsi Merapi
  1. Terdanai Rp.47,000
  2. Pencapaian 0.06%
  3. Donatur 10

Mengenali Batasan Diri

Ketika membantu orang lain, kita akan mengenali kemampuan juga batasan kita. Kita akan tahu bahwa tidak selalu mudah memberi kepada orang lain karena membutuhkan pengorbanan pribadi. Itulah sebabnya kita menetapkan batasan kita sendiri. Namun, selalu ingat bahwa kepuasan yang didapatkan dari “memberi” tak tak terkira nilainya.

Tolong-menolong tak hanya memberi dampak pada yang menerima pertolongan tapi juga pada orang yang memberi pertolongan. Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id di ponselmu untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

References

10 benefits of helping others. (2020). Diambil kembali dari ucl.ac.uk.
Amanahgitha, A. (2020). Pentingnya Tolong Menolong dalam Islam. Diambil kembali dari amanahgitha.com.
Kimberly Yam, C. K. (2017). 10 Facts That Prove Helping Others Is A Key To Achieving Happiness. Retrieved from huffingtonpost.co.uk.
Organizor. (2018). BENEFITS OF HELPING OTHERS TO HELP YOUR OWN SELF. Diambil kembali dari heptagonevents.com.
Pogosyan, M. (2018). In Helping Others, You Help Yourself. Diambil kembali dari psychologytoday.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *