Mau Tahu Cara Sedekah Subuh? Cek Infonya di Sini

Mau Tahu Cara Sedekah Subuh? Cek Infonya di Sini

Abdul Aziz bin Umar atau dikenal juga dengan sebuatan Umar II merupakan khalifah yang berkuasa mulai dari tahun 717 sampai 720. Beliau pernah berkata bahwa shalat akan mengantarkan kita menuju setengah perjalanan, kemudian puasa akan mengantarkan kita ke pintu kerajaan, serta sedekah akan memasukan kita ke dalamnya. Sedekah adalah salah satu dari beberapa amalan yang bisa mengantarkan seorang muslim menuju surga Allah. Tak hanya bisa mendekatkan diri pada Allah, sedekah juga secara sosial berguna untuk mengurangi ketimpangan antara si kaya dan si miskin. Ustadz kenamaan almarhum Syekh Ali Jabber pernah menganjurkan sedekah subuh. Apa dan bagaimana cara sedekah subuh? Yuk, simak ulasannya di artikel ini.

Sedekah Beras dan Makanan Bergizi untuk Yatim Terlantar

Daftar isi:

  1. 1. Apa itu sedekah subuh?
  2. 2. Keutamaan Sedekah Subuh
  3. 3. Cara Sedekah Subuh

Apa itu sedekah subuh?

Dikutip dari buku karaya Ahmad Mudzaki (2018) yang berjudul “Sapu Jagat Keberuntungan”, 

Sedekah sebenarnya bisa dilakukan kapan saja tidak hanya di waktu subuh. Namun beberapa ulama ada yang berpendapat bahwa saat terbaik untuk bersedekah yaitu ketika subuh. 

Mengutip buku Sapu Jagat Keberuntungan karya Ahmad Mudzaki (2018), sedekah subuh merupakan kegiatan beramal, mengeluarkan harta yang tujuannya untuk kebaikan mereka yang membutuhkan, beramal dengan mengeluarkan harta untuk digunakan di jalan Allah yang dilaksanakan seusai salat subuh. Saat orang beramal dengan hartanya untuk kebaikan orang lain, malaikat akan mendoakan dirinya. Sabda Rasulullah: 

“Tiap awal pagi ketika matahari terbit, Allah menurunkan 2 malaikat ke bumi. Kemudian salah satu dari malaikat berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia kepada orang yang menginfakkan hartanya. Beri ganti pada mereka yang membelanjakan harta mereka karena Allah’. Sementara malaikat yang lainnya berkata, ‘Ya Allah, binasakanlah mereka yang bakhil.” (hadits Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).

Keutamaan Sedekah Subuh

Almarhum Syekh Ali Jabber mengatakan bahwa waktu untuk bersedekah bisa kapan saja. Namun beliau menemukan bahwa sedekah Subuh adalah yang terbaik. Berikut ini keutamaan sedekah Subuh:

1. Didoakan oleh dua malaikat

Bersedekah saat Subuh mempunyai banyak keutamaan, di antaranya yaitu keberadaan dua malaikat yang akan mendoakan amalan kita. Seperti yang disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari dan Muslim, mereka yang memberikan hartanya maka para malaikat akan mendoakan supaya mereka lancar rezekinya juga berkah. Sementara bagi mereka yang tak suka bersedekah, didoakan supaya rezekinya ditahan.

Klik Untuk Donasi - Mengalami Kelainan pada Sel Darah Merah, Dihan Butuh Pertolonganmu Segera!
Autoimmune Hemolytic Anemia (AIHA)
Dihan Justin Gilbert
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,223,114
  2. Pencapaian 14.32%
  3. Donatur 33

2. Dikabulkannya Permintaan

Almarhum Syekh Ali Jaber juga pernah menyampaikan keutamaan sedekah subuh. Menurut beliau, bersedekah di waktu subuh merupakan waktu yang paling baik. Hal itu karena karena waktu tersebut pemintaan atau hajat kita akan cepat terkabul. 

3. Menghapuskan Dosa

Keutamaan lain dari bersedekah Subuh yaitu dapat bisa menghapuskan dosa serta membawa ketenangan hati untuk mereka yang melakukannya. Hal ini disebutkan oleh HR Tirmidzi, “Sedekah bisa menghapus dosa seperti air memadamkan api.” 

4. Didekatkan ke Pintu Surga serta dijauhkan dari Api Neraka

Bersedekah subuh, seperti juga amalan lainnya, dapat mendekatkan kita pada pintu surga serta menjauhkan kita dari api neraka untuk yang mengamalkan. 

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR Bukhari dan Muslim)

“Jauhilah api nerakah, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Cara Sedekah Subuh

Untuk bersedekah subuh terdapat beberapa cara. Ahmad Mudzaki (2018) menyebutkan beberapa cara yang bisa dilakukan jika kita ingin sedekah subuh. Berikut cara sedekah Subuh, di antaranya:

  • Mengisi kotak amal yang ada masjid selesai salat Subuh berjemaah. Bagi para lelaki, dapat memasukkan sendiri uang ke dalam kotak amal. Sementara para wanita dapa menitipkannya kepada suami maupun anak yang akan salat di masjid.
  • Mentrasfer uang dari rekening kita kepada orang tua, teman yang membutuhkan bantuan, lembaga sosial yang bergerak dalam bidang amal, seperti Wecare.id yang membantu pasien membutuhkan bantuan dana pengobatan.  
  • Memberi makanan ke rumah tetangga, panti asuhan, pondok pesantren, dan lain-lain dengan cara mengirimkannya langsung. Ini dapat dilaksanakan sesudah salat subuh sebelum muncul matahari.
  • Mengantarkan bantuan atau sumbangan kepada yang membutuhkan, tepat sesudah salat subuh.

Ternyata cara sedekah subuh beragam, tak hanya memberikan uang, kita juga bisa memberikan bantuan makanan pada mereka yang membutuhkan. Selain itu, sedekah subuh bisa dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Referensi

5 Keutamaan Sedekah Subuh dan Cara Mengamalkannya, Jangan Lupa Ajarkan kepada Anak. (2021). Diambil kembali dari id.theasianparent.com.
Anisya, N. (2021). Mengajarkan Anak Sedekah Subuh Seperti Anjuran Syekh Ali Jaber. Diambil kembali dari popmama.com.
Keutamaan Sedekah Subuh dan Cara Mengamalkannya. (2021). Diambil kembali dari kumparan.com.
zakaria. (2020). Tahukah Anda Dahsyatnya Sedekah Subuh? Diambil kembali dari pakembumiindonesia.com.

Sumber Featured Image : Freepik.com