Inilah Beberapa Manfaat Sedekah Subuh

Inilah Beberapa Manfaat Sedekah Subuh

Sedekah subuh menjadi salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu, doa yang kamu panjatkan akan lebih cepat terkabul. Sebenarnya apa saja manfaat sedekah saat subuh? Yuk, simak penjelasannya.

Klik Untuk Donasi - Yuk Bantu Ibu Fitriani Lunasi Tunggakan Persalinan Buah Hatinya!
Persalinan Normal
Fitriani
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.812,000
  2. Pencapaian 100.61%
  3. Donatur 13

Dikabulkan Doa

Jalan tercepat agar doa kita dikabulkan oleh Allah adalah dengan bersedekah di saat subuh. Jika kamu bersedekah sebelum matahari terbit, maka Allah akan mengabulkan doamu. Allah menurunkan malaikat yang mendoakan orang-orang yang tulus bersedekah. Seiring doa yang terkabul, Allah juga akan memudahkan segala urusan. 

Dalam hadis HR. Ahmad, Rasulullah saw. bersabda, “Barang siapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” 

Membersihkan Harta

Ada sebagian harta yang kamu miliki merupakan hak kaum duafa dan fakir miskin. Apabila kamu bersedekah, kamu sudah menunaikan kewajiban memberikan harta kepada yang berhak menerimanya. 

Apabila kamu melakukan sedekah subuh, harta yang kamu miliki akan lebih berkah. Bahkan Allah akan menggantikan harta yang disedekahkan menjadi lebih banyak. Jadi, jangan takut harta berkurang karena sedekah. Sedekah harus diiringi dengan hati yang tulus dan ikhlas. Dalam Surah Al Baqarah ayat 28, Allah Swt. berfirman, 

“Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan (jika kamu bersedekah dan berderma), dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir) sedangkan Allah menjanjikan untukmu ampunan dan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Mendapatkan Pahala

Tetap mendapatkan pahala yang mengalir bahkan ketika mati bisa dilakukan dengan bersedekah subuh. Caranya adalah dengan bersedekah untuk kemaslahatan orang banyak. Ketika kamu ikhlas menyedekahkan harta di jalan Allah, maka kamu akan mendapatkan ganjaran pahala yang berlipat. 

Sebagaimana Allah berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 260, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”

Menghapus Dosa

Manusia tak luput dari salah dan dosa. Kadang kita sering berbuat dosa tanpa kita sadari. Dengan melakukan sedekah secara tulus dan ikhlas, terutama saat subuh, Allah akan menghapus dosa-dosanya. Cara bersedekah pun cukup beragam. Kamu bisa mengantarkannya langsung atau dengan bersedekah online.

Selain itu, hati menjadi lebih tenang dan damai. Dalam hadis HR. Tirmidzi, Rasulullah saw. bersabda, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” 

Jadi, teruslah bersedekah agar Allah menghapus semua dosa yang kita perbuat. 

Mendekat ke Pintu Surga dan Menjauhi Pintu Neraka

Tujuan hidup seorang muslim adalah untuk bisa masuk surga Allah. Nah, Apabila kamu mengamalkan sedekah, kamu akan terasa lebih dekat ke pintu surga. Perbuatan yang menjerumuskan ke dosa pun akan dapat dihindari. 

Bahkan dalam hadis HR. Bukhari dan Muslim, Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” 

Inilah beberapa manfaat sedekah subuh. Dengan bersedekah, dosa pun terhapus dan mendapatkan pahala. Harta yang disedekahkan pun dapat berguna bagi orang banyak. Jika kamu ingin bersedekah, kamu bisa bersedekah lewat situs web atau aplikasi WeCare.id.

Pengalokasian hasil donasi dan sedekah di WeCare.id bersifat transparan.  Kamu bisa mendapatkan laporan perkembangan donasi. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi WeCare.id untuk mempermudah kamu berdonasi dan juga bersedekah di saat subuh.

Klik Untuk Donasi - Tunaikan Zakat Anda Bersama Baznas
Zakat bersama BAZNAS

Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.26,995,000
  2. Pencapaian 2.34%
  3. Donatur 48

Referensi

Kumparan.com. (2021, 24 24 Maret). Keutamaan Sedekah Subuh dan Cara Mengamalkannya. Diakses pada 19 Agustus 2021, dari https://kumparan.com/berita-hari-ini/keutamaan-sedekah-subuh-dan-cara-mengamalkannya-1vPZkYZWB44/full

Nurnafisa, Shafa. (2021). 5 Keutamaan Sedekah Subuh dan Cara Mengamalkannya, Jangan Lupa Ajarkan kepada Anak. Diakses pada 19 Agustus 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *