Pengertian Dhuafa, Asal Istilah Dhuafa, Donasi untuk Dhuafa

Pengertian Dhuafa, Asal Istilah Dhuafa, Donasi untuk Dhuafa

Sumber foto: excellentzakat

Sahabat Muslim pastinya sudah cukup akrab dengan kata dhuafa. Namun, kebanyakan sebatas tahu bahwa kaum dhuafa adalah mereka yang membutuhkan bantuan dan pertolongan kita. Nah, untuk lebih memahami makna kata dhuafa, siapa saja yang termasuk dhuafa, dan bagaimana kita bisa berbagi kebaikan dengan mereka, berikut ulasan singkatnya buat kamu semua.

Klik Untuk Donasi - Zakat Fitrah Ramadhan untuk Saudara Dhuafa
  1. Terdanai Rp.2,212,000
  2. Pencapaian 0.22%
  3. Donatur 30

Pengertian Dhuafa

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, duafa diartikan orang-orang lemah (ekonominya dan sebagainya). Dhuafa merujuk pada golongan sosial yang berada di garis kemiskinan, kelemahan, dan ketidakberdayaan. Kelemahan kaum Dhuafa bisa berupa kelemahan fisik, finansial, dan juga psikis. 

Kelemahan di sini bukan disebabkan karena faktor malas atau tidak mau berusaha, tapi lebih karena mereka tidak memiliki pilihan lain selain meminta uluran tangan orang lain. Misalnya, orang yang memiliki keterbelakangan mental.

Asal Istilah Dhuafa

Kata dhuafa berasal dari bahasa Arab yang juga memiliki arti lemah. Kata lemah yang dimaksud mencakup lemah sikap bukan disebabkan malas, orang yang lemah fisik karena sakit, cacat, atau sudah renta, lemah dari segi ekonomi dikarenakan tekanan keadaan, dan lemah dari segi pikiran karena kelemahan IQ.

Klik Untuk Donasi - Muliakan Yatim di Tengah Pandemi
  1. Terdanai Rp.226,958
  2. Pencapaian 0.22%
  3. Donatur 6

Yang Termasuk Dalam Golongan Dhuafa

Berikut ini adalah orang-orang yang termasuk dalam golongan dhuafa:

Anak-anak yatim

Anak-anak yatim adalah mereka yang sudah tidak memiliki Ayah sebelum menginjak usia baligh. Dengan menyantuni mereka secara ikhlas, kita akan mendapatkan surga. Bantuan yang kita berikan bisa berupa bantuan finansial, pendidikan, maupun sandang pangan.

Janda dan Orang-orang Miskin

Janda termasuk dalam golongan dhuafa karena mereka kehilangan suami yang memiliki kewajiban menafkahi mereka. Selain janda, orang-orang miskin juga wajib mendapatkan santunan kita karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebanyakan dari orang miskin adalah mereka yang masih bekerja tapi belum bisa mencukupi kebutuhan pokok.

Orang-orang Fakir

Dibandingkan golongan miskin, orang-orang fakir adalah mereka yang hidupnya jauh lebih lemah dan sengasara. Mereka tidak memiliki harta maupun tenaga untuk berusaha mencukupi kehidupan mereka sendiri. Karenanya, wajib bagi kita untuk menolong mereka.

Mualaf

Mualaf adalah mereka yang baru memeluk agam Islam. Kenapa sih muallaf masuk ke dalam golongan dhuafa? Karena walaupun dari sisi fisik dan ekonomi mereka mampu, mualaf masih membutuhkan dukungan kita dalam memupuk keimanan. Kita bisa membantu mereka dalam bentuk materi maupun non-materi.

Hamba Sahaya atau Budak

 Budak adalah kaum yang tidak memiliki kebebasan atas diri mereka sendiri. Budak memiliki majikan yang menguasai kehidupan mereka karenanya mereka harus patuh dan taat pada atasan mereka. Namun, saat ini sistem perbudakan sudah dihapus.

Korban Bencana

Korban bencana masuk ke dalam golongan saudara yang patut mendapat pertolongan kita. Banyak korban bencana kehilangan harta, benda, hingga orang-orang yang mereka kasihi. 

Klik Untuk Donasi - Traktir Makan Saudara Tidak Mampu di Bulan Ramadhan
  1. Terdanai Rp.15,683
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 2

Donasi Terhadap Dhuafa

Nah sudah tahu kan siapa saja yang termasuk dalam kaum dhuafa? Sesuai tuntunan dalam Al-Qur’an, memberikan donasi atau sedekah kepada mereka yang membutuhkan gak bakal mengurangi harta kita kok.

Sebaliknya, Allah SWT akan semakin melancarkan rezeki kita. Dalam Al-Baqarah[2]:261 tercantum, “Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti sebutir benih yang tumbuh menjadi tujuh bulir, dan pada tiap-tiap bulir menghasilkan seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki.”

Itulah beberapa bentuk amal yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan ini. Sambil kamu #RayakanKebaikan, yuk unduh jurnal kebaikan gratis dari WeCare.id ini untuk menemani perjalanan kebaikan kamu! 

Jangan lupa juga untuk unduh jadwal Ramadhan 2021 disini yaaa!

Ingin bersedekah dan mendapatkan keutamaannya? Kini telah hadir aplikasi WeCare.id untuk bersedekah kapan saja dan di mana saja. Yuk, segera download aplikasi WeCare.id!

download_app

Referensi: 

Dompet Dhuafa. Diakses pada 09/03/2021. Inilah Pengertian Dhuafa Menurut Islam.
KitaBisa.com. 19 Mar 2020. Siapa yang Termasuk dalam Golongan Kaum Dhuafa?
KitaBisa.com. 11 Des 2019. 6 Golongan Dhuafa dan Cara Membantu Mereka.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *