Manfaat Donasi Sedekah untuk Diri Sendiri dan Masyarakat

Manfaat Donasi Sedekah untuk Diri Sendiri dan Masyarakat

Sedekah termasuk donasi online dan pemberian lainnya yang kamu lakukan secara ikhlas merupakan salah satu bentuk rasa kasih sayang terhadap sesama. Manfaat donasi dan sedekah juga sangat banyak. Tidak hanya bagi orang yang menerima, tapi juga bagi orang yang melakukannya. Hal ini bahkan sudah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis sedekah yang berbunyi:

“Siapa saja yang bersedekah dengan sebutir kurma yang berasal dari hasil panennya sendiri, maka sesungguhnya Allah tidak akan menerima yang baik saja dengan tangan kanan-Nya kemudian melipatgandakannya seperti orang itu merawat anak kuda sampai ia tumbuh sebesar gunung.” (HR Bukhari dan Muslim).

Lantas, apa yang membedakan antara sedekah dengan donasi. Pada dasarnya keduanya adalah hal yang sama. Sedekah diambil dari kata shodaqo yang berasal dari bahasa Arab. Sementara donasi diambil dari bahasa Inggris yakni donation. Keduanya merupakan istilah untuk menyebut pemberian yang dilakukan untuk kepentingan orang lain tanpa mengharapkan balasan kecuali pahala dari Allah. Kamu bisa donasi dengan bersedekah baik di masjid ataupun melalui donasi online. Contoh nyatanya adalah seperti donasi ke santri

Klik Untuk Donasi - Bantu Tenaga Medis Melawan Covid-19!
  1. Terdanai Rp.6,529,700
  2. Pencapaian 0.65%
  3. Donatur 149

Manfaat Sedekah untuk Diri Sendiri

Di antara sekian banyak keutamaan berdonasi, ada manfaat yang bisa didapatkan oleh orang yang melaksanakan sedekah. Manfaat itu antara lain:

  • Sedekah merupakan salah satu perbuatan positif. Berdasarkan penelitian, melakukan perbuatan yang positif bisa meningkatkan imunitas
  • Membuat lebih bahagia. Kamu mungkin beranggapan bahwa sedekah hanya akan membahagiakan orang yang menerima. Fakta sedekah menunjukkan bahwa orang yang memberi bahkan akan merasa jauh lebih bahagia. Pernah mengalaminya?
  • Membuat keinginan cepat terkabul. Dalam sebuah hadis qudsi disebutkan bahwa balasan Allah terhadap orang yang bersedekah lebih cepat dibanding kecepatannya saat mengeluarkan sedekah
  • Melancarkan rezeki. “Datangkanlah rezeki (untuk dirimu sendiri dari Allah) dengan melakukan sedekah.” (HR Al-Baihaqi).

Manfaat ini tidak hanya akan dirasakan oleh individu yang bersedekah. Segala kebaikan juga akan turut menghampiri keluarganya.

Klik Untuk Donasi - Bantu Pembudidaya Ikan yang Kesulitan Saat Pandemi!
  1. Terdanai Rp.5,738,464
  2. Pencapaian 16.56%
  3. Donatur 151

Manfaat Sedekah bagi Masyarakat

Masyarakat yang dimaksud bukan hanya penerimanya saja, melainkan lingkungan tempat di mana kamu melaksanakan sedekah. Manfaatnya antara lain:

  • Meringankan beban hidup dan kesulitan orang lain
  • Menurunkan angka kriminalitas akibat tindak pencurian dan kejahatan lain yang berhubungan dengan harta benda
  • Melunakkan hati orang yang menerimanya
  • Mengurangi angka kriminalitas akibat tindakan pencurian oleh mereka yang kekurangan harta.

Bagi masyarakat, sedekah dapat memupuk rasa solidaritas dan tolong menolong. Karena saling bantu, kesenjangan sosial dapat dikurangi bahkan dihapuskan.

Klik Untuk Donasi - WeCare.id #UsahaBareng GandengTangan
  1. Terdanai Rp.36,297,500
  2. Pencapaian 69.84%
  3. Donatur 274

Mau Donasi Online? WeCare.id adalah Jawabannya!

Sekarang donasi dan sedekah bisa semakin mudah dilakukan berkat munculnya web donasi. WeCare.id merupakan salah satu opsi yang menyediakan cara mudah berdonasi bagi siapa saja. Lewat WeCare.id, kamu bisa menyalurkan bantuan pada mereka yang membutuhkan tanpa harus datang langsung dan bertatap muka.

Itulah beberapa manfaat donasi dan sedekah. Salurkan sedekahmu sekarang juga hanya melalui web donasi tepercaya, WeCare.id. Unduh dan install aplikasinya melalui App Store atau Google Play.

download_app

Referensi:

Sukarna, A. (2019). Luar Biasa! Inilah 7 Manfaat Sedekah Bagi Diri Sendiri dan Keluarga. Nomor 4 Sering Diremehkan! bernas.id

Kumparan (2020). Hadis Tentang Sedekah Sebiji Kurma Bisa Menjauhkan Api Neraka. kumparan.com

Huda Cendikia (2018). Manfaat Sedekah bagi Pemberi, Penerima dan Kehidupan Sosial. hudacendikia.or.id. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *