7 Keajaiban Sedekah yang Bikin Hidup Bahagia

7 Keajaiban Sedekah yang Bikin Hidup Bahagia

Bersedekah adalah salah satu aktivitas yang dianjurkan dalam agama Islam. Bahkan, hal ini merupakan perbuatan sunah (Gusniwati, 2015). Dengan bersedekah, seorang manusia dapat berbagi kebahagiaan dengan manusia lain. Hal ini akan menciptakan harmoni dan kehidupan yang lebih damai serta indah. Bersedekah tidak akan membuatmu merasa kurang. Justru, ada banyak keajaiban sedekah yang tidak kamu duga, lho.

Klik Untuk Donasi - Mari Bantu Sahabat Difabel
  1. Terdanai Rp.5,623,298
  2. Pencapaian 26.52%
  3. Donatur 44

Apa saja keajaiban bersedekah yang akan membuat kehidupanmu lebih bahagia dan baik? Mari kita telusuri di sini, ya!

Daftar isi:

  1. 1. Bersedekah Membuat Hati Damai
  2. 2. Bersedekah Menghindarkan Kita dari Penyakit Hati
  3. 3. Bersedekah, Kita Tidak Akan Tamak
  4. 4. Bersedekah Membuka Pintu Rezeki
  5. 5. Bersedekah Membuat Dunia Menjadi Lebih Baik
  6. 6. Bersedekah, Kamu Belajar untuk Menghargai Uang
  7. 7. Bersedekah Membuatmu Mengingat Betapa Kecilnya Manusia

Bersedekah Membuat Hati Damai

Kunci utama dalam bersedekah adalah ikhlas. Ikhlas memang ilmu yang sulit, tetapi, bukan berarti tak dapat dipelajari. Keikhlasan dapat ditumbuhkan dengan cara menghilangkan rasa ingin memiliki yang berlebihan terhadap sesuatu kita harus menyadari bahwa di dunia ini semuanya hanya bersifat sementara Selain itu apa segala hal yang kita miliki suatu saat akan hilang seiring dengan kematian kita.

Jika kita bersedekah dengan hati yang ikhlas, maka kita tidak akan merasa keberatan untuk berbagi. Apabila hal ini menjadi kebiasaan, maka lama-kelamaan hati pun menjadi damai Kamu tidak akan menggantungkan kebahagiaanmu pada suatu benda yang bersifat fisik, karena pada dasarnya kebahagiaan bukanlah tentang apa yang kita miliki, tetapi tentang bagaimana kita mensyukuri apa yang kita miliki.

Bersedekah Menghindarkan Kita dari Penyakit Hati

Kebiasaan bersedekah akan membantumu untuk berpikiran positif. Dengan bersedekah, kamu akan bisa lebih berempati pada permasalahan orang lain. Kamu akan menyadari bahwa kehidupan memiliki berbagai dimensi. Maka, penyakit hati seperti marah, dengki, dendam, sombong, kikir, dan sebagainya perlahan akan luntur. 

Namun, pada saat bersedekah, hindari keinginan untuk dilihat oleh orang lain atau riya’. Hal tersebut dapat mengurangi nilai bersedekah dan membuatmu tidak tenang. Kamu akan merasa gusar ketika ibadah sedekahmu tidak dilihat oleh orang lain dan tidak mendapatkan pujian.

Bersedekah, Kita Tidak Akan Tamak

Hati manusia terkadang lemah jika dihadapkan pada kemilaunya harta. Bahkan, kepuasan manusia tidak akan ada habisnya jika berbicara tentang hal itu. Padahal, semakin banyak harta, belum tentu semakin bahagia. Kebahagiaan bersumber dari rasa cukup dan kebajikan dalam setiap langkah.

Jika kamu terbiasa untuk bersedekah, kamu akan terhindar dari ketamakan. Kamu akan belajar untuk mengikhlaskan harta yang kamu miliki untuk dibagi dengan orang yang lebih membutuhkan. Pada akhirnya, kamu akan terbebas dari cengkeraman harta duniawi yang memabukkan.

Bersedekah Membuka Pintu Rezeki

Tahukah kamu bahwa semakin ikhlas kamu bersedekah, maka pintu rezeki akan terbuka lebar?

Dengan bersedekah, kamu menjalin persaudaraan dengan orang lain. Hati pun bahagia dan segala urusan dapat kamu kerjakan dengan lancar dan damai. Ini akan membuatmu lebih mudah untuk mencari rezeki di jalan yang halal. 

Perlu diingat bahwa rezeki bukan sekadar tentang uang dan barang berbentuk fisik lainnya. Rezeki bisa berarti pasangan yang baik, anak yang sehat, pekerjaan yang kondusif, dan tentu saja kedamaian di dalam hati.

Sekolah Yatim Dhuafa Penghafal Qur’an

Bersedekah Membuat Dunia Menjadi Lebih Baik

Apa yang terjadi jika kamu berbuat baik? Tanpa kamu sadari, efeknya cukup panjang dan signifikan.

Saat kamu berbuat baik kepada orang lain, orang akan melihat kebaikan itu dan merasa dihargai. Mereka pun akan tahu betapa indahnya dunia ini. Kebaikan itu pada akhirnya akan mereka teruskan ke orang lain lagi, dan selanjutnya. 

Jadi, dengan bersedekah, kamu telah mengajarkan arti kebaikan kepada orang lain. Lakukan itu terus-menerus, dan dunia ini akan dipenuhi dengan harmoni. 

Bersedekah Kamu Belajar untuk Menghargai Uang

Pada saat bersedekah, kamu akan menyadari bahwa ada banyak orang yang lebih membutuhkan daripada kamu. Kemudian, kamu pun akan berkomitmen untuk mencari rezeki dengan lebih gigih agar dapat turut membantu kesulitan orang lain.

Otomatis, kamu pun akan berpikir panjang jika menghambur-hamburkan uang dengan percuma. Hal ini dapat menghindarkan kamu dari berbagai kegiatan maksiat yang kerap membuang uang.

Bersedekah Membuatmu Mengingat Betapa Kecilnya Manusia

Harta yang berlimpah terkadang membuat manusia menjadi sangat sombong. Padahal, harta di dunia hanyalah sementara. Selain itu, di dalam harta kita terdapat hak fakir miskin. 

Bersedekah akan membuatmu mengingat bahwa manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat. Jadi, kamu tidak akan jatuh di dalam kesombongan. Kamu juga akan belajar menjadi manusia yang lebih sederhana.

Begitu banyak keajaiban sedekah yang bisa kamu dapatkan. Untuk itu, bersedekahlah sesuai dengan kemampuanmu dan selalu belajar untuk ikhlas dalam prosesnya. Sesungguhnya, tugas manusia di dunia ini adalah menciptakan kehidupan yang harmonis.

Klik Untuk Donasi - Zakat Berkah Manfaat
  1. Terdanai Rp.5,651,000
  2. Pencapaian 0.98%
  3. Donatur 39


Kamu juga bisa merasakan keajaiban sedekah dengan lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Unduh aplikasi WeCare.id di PlayStore atau AppStore dan berbagilah dengan sesama yang membutuhkan. Bersama WeCare.id, wujudkan kehidupan yang lebih baik dan merata.

Referensi: