Hukum dan Tips Aman Sedekah Melalui WeCare.id

Hukum dan Tips Aman Sedekah Melalui WeCare.id

Dulu, ketika ingin bersedekah, kita bisa menyerahkan langsung kepada penerimanya atau menyalurkan ke masjid, ulama, pondok pesantren agar dapat diteruskan kepada orang-orang yang berhak menerima manfaat sedekah tersebut. 

Namun, di era yang sudah serba digital ini, kita bisa bersedekah secara daring selama memiliki smartphone dan jaringan internet. Ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah WeCare yang sudah menjadi kepercayaan masyarakat Indonesia sebagai tempat berdonasi dan bersedekah.

Tunaikan Zakat Anda Bersama Baznas

Daftar isi:

  1. 1. Hukum bersedekah Secara Online
  2. 2. Tips Aman Bersedekah di WeCare

Hukum Bersedekah Secara Online

Lantas, bagaimana hukum bersedekah secara daring itu sendiri? Apakah diperbolehkan oleh agama? 

Dalam bersedekah, kita mungkin sering mendengar kalimat, “ketika tangan kanan bersedekah, jangan sampai tangan kiri mengetahuinya.” Artinya, kita dianjurkan untuk berderma dalam keadaan diam-diam atau sembunyi-sembunyi sehingga orang lain yang diibaratkan tangan kiri tidak perlu mengetahuinya. 

Serupa dengan kalimat peribahasa tersebut, Syaikh Yusuf Al-Qardhawi menyatakan bila kita tidak harus bertatap muka langsung kepada penerima donasi/sedekah. Sebab, baik bertemu langsung atau tidak, apa pun metode yang dipakai, sedekah tetap sah dan menjadi salah satu wasilah yang bisa membantu di Masa Penghisaban kelak. 

Tips Aman Bersedekah di WeCare

Kendati ada kemudahan dalam bersedekah online lewat WeCare, tetapi kita tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Sebab, ada banyak orang-orang nakal yang sering memanfaatkan kebaikan bersama untuk penipuan. Maka dari itu, ikuti tips aman dalam berderma di WeCare agar tidak tertipu: 

  1. Pastikan melakukan sedekah di platform resmi WeCare

WeCare hanya memiliki dua platform resmi yaitu web dan mobile app. Selain itu, tidak ada campaign yang dibuka untuk penggalangan dana atau tempat bersedekah atas nama WeCare. Oleh karena itu, pastikan kamu bersedekah di situs resmi WeCare atau melalui mobile app yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. 

  1. Cek rekening tujuan sebelum transfer untuk bersedekah

Sebelum kamu melakukan transfer dana sedekah, pastikan untuk mengecek dan memastikan jika nama penghimpun dana adalah WeCare.id. Kamu pun hanya akan memperoleh nomor rekening virtual penghimpun dana setelah melakukan transaksi di platform WeCare baik web atau mobile. Jadi, nomor rekening tersebut bersifat sementara dan setiap orang akan berbeda angkanya. 

Bila kamu memperoleh nomor rekening atas nama WeCare di platform lain, harap berhati-hati. Sebab, bisa jadi itu adalah modus penipuan yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab di luar sana. 

Selalu ingat, jika bersedekah atau berdonasi di WeCare hanya bisa dilakukan setelah login ke aplikasi dan memilih siapa mustahik yang akan menerima dana tersebut. 

  1. Cek kredibilitas mustahik 

WeCare adalah platform untuk penggalangan dana sehingga akan ada banyak mustahik yang mengirimkan permintaan bantuan dana. Pada saat inilah, kamu harus hati-hati dalam memilih mustahik. 

Pastikan kamu sudah mengetahui kredibilitas mustahik tersebut. Bila ragu, pilih yang direkomendasikan oleh WeCare atau lembaga-lembaga ternama yang sudah tidak asing di telinga, seperti ACT (Aksi Cepat Tanggap), Rumah Zakat. Misal: penggalangan dana untuk Zahra yang mengalami keterlambatan perkembangan atau donasi untuk korban meletusnya Gunung Semeru. 

Itulah tips aman dalam bersedekah melalui platform WeCare. Masih ada banyak orang seperti Zahra yang memerlukan bantuan kita semua. Jadi, jangan ragu untuk segera mengunduh aplikasi WeCare di Play Store atau App Store dan salurkan sedikit harta yang dipunya untuk meringankan beban mereka. Jangan tunggu nanti untuk berbuat kebaikan. Mari lakukan sekarang. 

Klik Untuk Donasi - Segerakan Fidyah Menyambut Ramadan, Bantu Saudara Miskin & Tak Mampu
  1. Terdanai Rp.11,903,000
  2. Pencapaian 1.56%
  3. Donatur 18

Sumber :

Prof. Dr. K.H. Muhammad Amin Suma, S.H., M.A. 2020. Apa Hukum dan Hikmah Sedekah Online? https://zakat.or.id/hukum-dan-hikmah-sedekah-online/ 

Kitabisa. 2020. Hukum Sedekah Online dan Hadisnya yang Perlu Diketahui. https://blog.kitabisa.com/hukum-sedekah-online-dan-hadisnya-yang-perlu-diketahui/ Nivita Saldyni. 2021. Tips Sedekah Online Aman di Bulan Ramadan. https://www.urbanasia.com/tips-sedekah-online-aman-di-bulan-ramadan-U29446

Sumber Featured Image : Katt Yukawa on Unsplash