Peduli Kemanusiaan Bersama Donasi ACT

Peduli Kemanusiaan Bersama Donasi ACT

Donasi adalah suatu hal yang mulia, terutama pada masa pandemi yang penuh dengan ketidakpastian ini. Dengan berdonasi, tentunya kita telah mengamalkan suatu kebaikan, dan menunjukkan bahwa sifat kemanusiaan masih ada di dunia ini. Selain itu, terdapat juga banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat dan diri kita sendiri.

Dalam melakukan donasi atau penggalangan dana, tentunya kita ingin dana tersebut sampai ke tangan yang tepat melalui proses yang cepat. Di masa yang mengharuskan kita untuk menjaga jarak, donasi online menjadi suatu pilihan yang banyak dipilih. Umumnya, orang memilih untuk donasi online hanya pada platform yang sudah terpercaya.

Daftar isi:

  1. 1. Mengenal ACT
  2. 2. Legalitas ACT
  3. 3. Donasi Bersama ACT

Donasi ACT yang diselenggarakan oleh yayasan Aksi Cepat Tanggap adalah salah satu contoh kampanye donasi yang didasari oleh platform yang terpercaya, oleh karena itu, kampanye yayasan tersebut bisa ditemukan di WeCare.id. Berikut penjelasan singkat ACT: 

Klik Untuk Donasi - Tunaikan Zakat Fitrah untuk Saudara Sebangsa
  1. Terdanai Rp.6,000
  2. Pencapaian 0.01%
  3. Donatur 2

Megenal ACT

ACT (Aksi Cepat Tanggap) adalah yayasan yang berfokus pada gerakan sosial dan kemanusiaan. Semenjak yayasan ini diresmikan pada tanggal 21 April 2015, ACT sudah mulai berkembang dan melebarkan sayapnya sehingga memiliki program tanggap darurat dan pascabencana. Selain itu, ACT juga menaungi pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Selain program darurat dan bencana, ACT juga memiliki program yang berkaitan dengan spiritual seperti Wakaf, Qurban dan Zakat. Hal – hal tersebut membuat ACT menjadi semakin dikenal oleh masyarakat luas, didukung donatur publik, dan memiliki mitra yang banyak. Adapun beberapa mitra ACT yaitu, Aice, BNI, Mandiri, Unilever, Telkomsel, Astra Internasional, Rumah Zakat, Muslim Aid, RRI, NET, dan masih banyak lagi.

ACT membuktikan kredibilitasnya dalam menyalurkan donasi dengan memberikan laporan keuangan tahunan secara rutin. Laporan keuangan tersebut juga diaudit oleh Kantor Akuntan Publik, setelah itu dipublikasikan melalui media massa. ACT juga selalu aktif untuk mengajak seluruh lembaga kemanusiaan dan lapisan masyarakat untuk terlibat dalam kebaikan.

ACT hadir untuk mewujudkan peradaban yang lebih baik, beradab dan mulia dengan cara menjalin kerja sama berbasis kerelawanan dan kedermawanan. ACT juga memiliki tujuan untuk menjadi lembaga kemanusiaan yang berbasis global dan professional. Dengan keyakinan penuh, ACT percaya hal – hal tersebut di atas dapat dicapai bersama – sama.

Legalitas ACT

Mengenai legalitas, tentunya ACT sudah mengurus hal tersebut. Sejak peresmiannya pada tahun 2015, ACT memiliki Akta Pendirian Nomor 2 dan memperoleh pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Surat Keputusan Nomor C-1714.HT.01.02.TH 2005. 

ACT juga memiliki izin Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) dari Kemensos dan diperbaharui setiap tiga bulan sekali sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ada di Indonesia. Berdasarkan data – data tersebut, sudah tidak perlu ragu lagi untuk memberikan kepercayaan kepada yayasan ini untuk menyalurkan donasi kepada yang membutuhkan.

Bantu Bangun Lumbung Air Wakaf di Banten bersama ACT

Donasi Bersama ACT

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia dari tahun 2020 tidak menghentikan ACT untuk tetap menjunjung tinggi rasa kepedulian dan kemanusiaan. Dengan kolaborasi, ACT mampu merangkul mitra – mitranya untuk menyebar kebaikan dalam masa yang sulit ini. Berikut beberapa kegiatannya:

  • ACT bersama AFPI mendonasikan APD untuk pertugas medis garda depan yang menangani Covid-19.
  • ACT Yogyakarta bersama GrabFood mendonasikan makanan selama bulan Ramadhan 1441H.
  • ACT bersama PT Atomy menyalurkan donasi kepada korban gempa Sulawesi Barat.

Saat ini, WeCare.id juga berkolaborasi dengan ACT, bersama kami marilah kita sebarkan kebaikan pada masa yang sulit ini. Kamu bisa berdonasi pada kampanye donasi ACT di WeCare.id, seperti “Bangun Hunian Layak Untuk Saudara Terdampak Bencana”, “Bantu Petani untuk Ketahanan Pangan Negeri” dan masih banyak lagi. Kamu dapat menemukan kampanye lain yang ingin kamu donasikan dengan menggunakan aplikasi WeCare.id, tersedia di AppStore dan Google Play. Ayo unduh aplikasi WeCare.id untuk kemudahan membantu sesama!

Klik Untuk Donasi - Sajikan Makanan Buka Puasa dan Sahur untuk Saudara Sebangsa
  1. Terdanai Rp.172,500
  2. Pencapaian 0.27%
  3. Donatur 7

Referensi:

ACT. 2019. Sejarah. Diakses dari: https://act.id/tentang/sejarah 

ACT. 2019. Legal. Diakses dari: https://act.id/tentang/legal 

Clara. 2021. Peduli Penyintas Gempa Sulbar, PT Atomy Indonesia Salurkan Donasi Melalui ACT. Diakses dari: https://news.act.id/berita/peduli-penyintas-gempa-sulbar-pt-atomy-indonesia-salurkan-donasi-melalui-act 

Nasrudin. 2020. Selama Ramadan, GrabFood dan ACT DIY Siap Salurkan Donasi Makanan. Diakses dari: https://news.act.id/berita/selama-ramadan-grabfood-dan-act-diy-siap-salurkan-donasi-makanan 

Clara. 2020. Peduli Dampak Covid-19, AFPI Donasikan APD Melalui ACT. Diakses dari: https://news.act.id/berita/peduli-dampak-covid-19-afpi-donasikan-apd-melalui-act 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *