5 Keutamaan Sedekah demi Hidup yang Lebih Membawa Berkah

5 Keutamaan Sedekah demi Hidup yang Lebih Membawa Berkah

Sejak kecil, umat Islam sudah sering mendengar perintah yang menganjurkan untuk sering bersedekah. Hal ini merupakan tindakan mulia karena dapat membantu meringankan beban seseorang yang sedang dalam masalah atau tertimpa musibah. Bahkan umat Islam diwajibkan untuk membantu ketika melihat orang yang membutuhkan.

Daftar isi:

  1. 1. Balasan Berupa Harta dan Pahala yang Berlipat
  2. 2. Terhindar dari Kematian yang Buruk
  3. 3. Menghapuskan Dosa
  4. 4. Menjauhkan Diri dari Siksa Kubur dan Api Neraka
  5. 5. Mendapat Naungan di Hari Kiamat

Sedekah Jariyah Qur’an Untuk Pelosok Negeri

Selain meringankan beban orang yang membutuhkan, kebiasaan ini juga penting untuk dipupuk agar bisa meningkatkan rasa belas kasih, kemanusiaan, dan tenggang rasa. Meski demikian, ternyata ada banyak lagi keutamaan sedekah dalam Islam bagi manusia. Berikut ini beberapa diantaranya:

Balasan Berupa Harta dan Pahala yang Berlipat

Beberapa orang berpikiran bahwa bersedekah berarti mengurangi jumlah uang yang dimilikinya. Namun, perlu kamu ketahui bahwa matematika Allah SWT tidaklah sesederhana itu. Bahkan, bersedekah justru akan membuatmu mendapatkan harta dan pahala yang semakin berlipat.

Hal ini sesuai dengan janji Allah SWT yang disebutkan dalam ayat alquran tentang keutamaan sedekah yaitu pada Surat Al Baqarah ayat 261. Dalam ayat tersebut disebutkan bahwa orang yang bersedekah di jalan Allah itu bagaikan satu butir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai dengan seratus biji di setiap tangkainya.  

Terhindar dari Kematian yang Buruk

Keutamaan sedekah selanjutnya adalah terhindar dari kematian yang buruk. Manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa baik secara sengaja ataupun tidak. Maka, dengan mengeluarkan infaq dan sedekah seseorang akan meninggal dengan tenang dan terhindar dari kematian yang buruk. 

Hal ini sesuai dengan dalil hadis tentang keutamaan memberi sedekah dalam Hadis Riwayat Thabrani, bahwa sedekahnya orang muslim dapat menambah umurnya dan mencegah kematian yang buruk. Selain itu, Allah akan menghilangkan sifat sombong, fakir, dan sifat bangga terhadap diri sendiri pada orang tersebut.

Klik Untuk Donasi - Misi Pembangunan Pemulihan NTT
  1. Terdanai Rp.10,000
  2. Pencapaian 0.02%
  3. Donatur 1

Menghapuskan Dosa

Sengaja atau tidak, manusia selalu memiliki kesalahan dan dosa. Maka, perbanyaklah bersedekah untuk membantu menghapus dosa-dosa yang pernah kamu perbuat sebelumnya. Lakukan pula sedekah di bulan Ramadhan agar mendapatkan pahala berlipat dan menghapus segala dosa. 

Rasulullah SAW bersabda seperti yang diriwayatkan dalam HR At-Tarmidzi, bahwa sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. Oleh karena itu, umat Islam jangan pernah ragu untuk bersedekah kapanpun kamu memiliki kesempatan. Pasalnya, kita tidak pernah tahu seberapa besar dosa ataupun pahala yang kita miliki. Jadi, jadikan sedekah sebagai kebiasaan amalan yang terus dilakukan.

Menjauhkan Diri dari Siksa Kubur dan Api Neraka

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Kemudian ketika ajal menjemput dan berada di alam kubur, manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas semua hal yang dilakukannya selama hidup. Apabila ia tidak pernah berbuat baik di dunia, maka ganjarannya adalah siksa kubur untuk membersihkan segala dosa yang pernah diperbuat selama hidup.

Rasulullah bersabda seperti yang diriwayatkan dalam HR Thabrani bahwa sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur. Selain itu, dosa-dosa juga akan terhapuskan agar menjauhkan manusia dari neraka jahanam. 

Mendapat Naungan di Hari Kiamat

Ayat-ayat Al-Quran telah menyebutkan bagaimana pada hari kiamat manusia akan bangkit kembali dan dikumpulkan di Padang Mahsyar. Di tempat ini, jarak matahari akan sangat dekat dengan kepala sehingga setiap orang akan kepanasan. Rasulullah telah bersabda bahwa sedekah akan melindungi manusia dari panasnya sinar matahari ketika berada di padang Mahsyar.

Itulah tadi lima keutamaan sedekah dalam Islam yang akan menyelamatkan manusia kelak di akhirat. Lakukan sedekah Jumat untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Sedangkan sedekah subuh bermanfaat untuk mengabulkan semua hajat yang kamu miliki. 

Klik Untuk Donasi - Zakat Fitrah Ramadhan untuk Saudara Dhuafa
  1. Terdanai Rp.2,212,000
  2. Pencapaian 0.22%
  3. Donatur 30

Sedekah tidak harus diberikan kepada orang lain, namun juga pada orang tua. Namun yang terpenting, berikan sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan atau kaum dhuafa. WeCare.id akan membantu kamu bersedekah dengan lebih mudah dan praktis. Download aplikasinya di Google atau App Store!

Referensi:

Dompet Dhuafa.org. Diakses pada 9 Januari 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *