Nabung vs Sedekah, Manakah yang Harus Didahulukan?

Nabung vs Sedekah, Manakah yang Harus Didahulukan?

Sedekah dan menabung. Dua kegiatan yang sama-sama positif dan banyak dilakukan oleh orang-orang. Bila kita memiliki rezeki yang berlebih, kedua hal ini bisa sama-sama dilakukan. Ketika diminat memilih, kebanyakan dari kita mungkin masih bingung harus mendahulukan yang mana dari nabung vs sedekah. Coba simak penjelasan di bawah ini.

Klik Untuk Donasi - Infaq Beras Yatim Pedalaman
  1. Terdanai Rp.185,000
  2. Pencapaian 0.16%
  3. Donatur 10

Definisi dan Tujuan

Sebelum mengetahui mana yang didahulukan dari nabung vs sedekah, maka kita perlu mengetahui dulu tujuan dari masing-masing. Menabung adalah kegiatan menyimpan sebagian uang. Menabung bertujuan agar kita di kemudian hari memiliki cukup dana yang bisa dipergunakan untuk berbagai hal, terutama untuk kebutuhan yang penting dan mendesak seperti pendidikan atau kesehatan.

Sementara itu, sedekah adalah memberikan sedikit rezeki kepada yang membutuhkan. Sedekah menurut Islam memiliki beberapa tujuan, antara lain yaitu mendapat pahala, membuka pintu rezeki, membuat kita terhindar dari penyakit baik jasmani maupun rohani, menjauhkan kita dari api neraka, dan masih banyak lagi. Dari aspek sosial, sedekah membuat kita selalu merasa bahagia dan bersyukur dengan adanya rezeki yang kita miliki serta dapat belajar untuk memiliki rasa empati dengan turut merasakan bagaimana penderitaan saudara-saudara kita di luar sana yang hidupnya kekurangan.

Nabung vs Sedekah, Pilih Mana?

Meskipun kedua hal ini saling mendatangkan manfaat, tapi sangat disarankan untuk mendahulukan sedekah. Tak hanya dapat menyucikan harta kita, sedekah juga menjadi pertanda kesadaran kita akan hal yang menjadi prinsip ekonomi Islam, yaitu bahwa semua harta yang kita miliki sebagai manusia merupakan titipan dari Allah atau milik Allah, dan sebagian rezeki yang kita terima merupakan hak milik orang lain. Dengan demikian, sedekah juga menghindarkan kita dari prinsip kapitalis yang bertujuan untuk menimbun harta sebanyak-banyaknya dari usaha kita. 

Namun bila ingin menyeimbangkan keduanya, kita bisa menabung dari sisa rezeki milik kita lalu bila uangnya sudah terkumpul cukup banyak dan tak ada kebutuhan mendesak, kita bisa melakukan sedekah bahkan dengan jumlah yang lebih banyak kepada mereka yang membutuhkan.      

Alami Kelainan Darah Sejak Lahir, Daren Harus Transfusi Selama Hidupnya!

Manajemen Keuangan yang Lain Menurut Islam

Nabung vs sedekah memang penting untuk diketahui prioritasnya. Keduanya merupakan cara untuk mengatur keuangan yang dianjurkan oleh Islam. Namun selain itu, ada beberapa cara lain untuk mengatur keuangan dari perspektif agama Islam. Apa sajakah itu?

1. Hindari Pemborosan

Menghindari pemborosan merupakan langkah awal mengatur keuangan sekaligus merupakan cara paling mudah yang bisa dilakukan bahkan sebelum berpikir untuk menabung atau bersedekah. Gunakanlah prinsip bahwa bila tak bisa menabung atau bersedekah, setidaknya jangan menghambur-hamburkan uang. Islam pun melarang para penganutnya untuk melakukan pemborosan dan menggunakan uang untuk membeli barang secara berlebihan karena akan merugikan diri sendiri di masa depan.

2. Jauhi Utang

Meminimalisir atau sebisa mungkin menjauhi utang adalah salah satu cara mengatur keuangan untuk hidup yang lebih nyaman. Janganlah berpikir untuk melakukan utang jika memang tidak benar-benar mendesak atau darurat, apalagi jika sampai menumpuk utang. Sebab, hukum bagi seseorang yang memiliki utang adalah wajib melunasinya karena dalam Islam, utang berkaitan dengan dunia dan akhirat. Kalaupun harus berutang, maka yang perlu dipikirkan adalah kesanggupan kita untuk melunasinya di masa mendatang. 

3. Sisihkan untuk Modal Usaha

Berdagang merupakan kegiatan ekonomi yang banyak disebutkan di Al Qur’an. Oleh karena itu, bila kamu sudah bisa melakukan sedekah dan menabung, maka cobalah untuk menjadikan tabungan sebagai modal usaha. Tidak perlu membuka bisnis yang besar, dan buatlah bisnis dengan modal kecil yang pendapatannya cukup menjanjikan lalu kembangkan secara perlahan. Dengan memiliki usaha atau bisnis, kamu akan memiliki tambahan penghasilan dan bahkan sumber pendapatan utama di masa depan ketika sudah tidak dalam usia yang produktif. 

Itulah penjelasan soal prioritas nabung vs sedekah beserta cara mengelola keuangan dari menurut Islam. Jika kamu mau bersedekah kepada saudara-saudara yang membutuhkan, kamu bisa menggunakan aplikasi WeCare.id dengan cara download di App Store atau Google Play.

Klik Untuk Donasi - Gerakan Infak Beras Untuk Penghafal Al-Qur'an
  1. Terdanai Rp.176,000
  2. Pencapaian 0.15%
  3. Donatur 21

Referensi:

Admin 3. 11 Oktober 2021. Menabung dan Sedekah. http://www.serambiupdate.com/

Cermati.com. 19 Juni 2018. Ini Dia Cara Islam Mengatur Keuangan agar Hidup Barokah. https://www.cermati.com/

Nihayatul Masyukroh. 2006. Sistem Ekonomi Kapitalis, Sosial, dan Islam: Kajian Perbandingan. https://media.neliti.com/