Pahami Perbedaan Sedekah dan Infak

Pahami Perbedaan Sedekah dan Infak

Ajaran dalam agama Islam sungguh mulia, salah satunya adalah melalui perintah infak dan sedekah. Keduanya adalah media untuk dapat meringankan beban orang lain dan menyambung tali silaturahmi.

Membantu orang lain adalah tanda dari manusia yang beriman. Dalam Islam, membantu harus didasari dengan rasa ikhlas dan keinginan untuk berbuat yang terbaik bagi orang lain dan mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Pahala bagi orang yang ikhlas untuk membantu orang lain pun besar. 

Klik Untuk Donasi - Rozi Anak Seorang Nelayan Butuh Biaya Berobat Pasca Operasi Kolostomi!
hirschsprung
Fakhrul Rozi
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.619,136
  2. Pencapaian 2.17%
  3. Donatur 16

Namun, rupanya ada perbedaan antara infak dan sedekah, lho. Apa saja perbedaannya? Mari ketahui lebih lanjut di sini.

Mengenal Perbedaan Infak dan Sedekah dari Segi Hukum

Hukum bersedekah adalah sunah menurut agama Islam (Mory, 2021). Artinya, dalam agama Islam, sedekah lebih baik jika dilakukan. Namun, yang tidak melakukannya tidak akan berdosa.

Bagaimana dengan infak? Berbeda dengan sedekah, infak hukumnya fardhu kifayah. Jadi, apabila salah satu orang Islam telah melakukannya, maka umat Islam yang lain tidak wajib untuk melakukannya. Jenis hukum ini juga sama dengan hukum memandikan serta menguburkan jenazah.

Hukum infak ini tentu berbeda dengan zakat yang bersifat fardhu ‘ain atau wajib dilakukan oleh setiap umat Islam yang mampu. Namun, amalan ini sangat dianjurkan untuk masing-masing umat muslim. Hal ini sesuai dengan firman Allah di surat At Thalaq ayat 7 yang berbunyi:

Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya.

Perbedaan Bentuk Infak dan Sedekah

Infak, atau dalam bahasa Arab anfaqa-yunfiqu, berarti membelanjakan atau membiayai. Maka dari itu, infak memiliki bentuk berupa harta yang kita miliki. Kondisi tersebut berbeda dengan sedekah.

Sedekah bisa berbentuk apa saja. Definisinya cukup luas. Untuk itu, aktivitas bersedekah bisa dijadikan alternatif bagi umat Islam yang tidak berkecukupan secara materi. Kendati tidak memiliki materi yang berlebih, tetapi mereka masih bisa bersedekah dengan cara lain. Contohnya seperti bersedekah dengan menggunakan tenaga, pikiran, niat baik, dan lain sebagainya. Bahkan ,jalan untuk melawan rintangan bagi sesama pun bisa disebut sebagai sedekah.

Untuk itu, selagi muda, banyak-banyaklah bersedekah. Pasalnya, bersedekah saat muda bisa dilakukan dengan media apa saja, mulai dari materi, pikiran, hingga tenaga.

Infak dan Sedekah Bisa Menjadi Haram

Pada dasarnya, umat Islam dianjurkan bahkan diwajibkan untuk berbagi kepada siapa saja lewat sedekah, infak, dan zakat. Namun, hal-hal tersebut bisa menjadi haram di dalam kondisi-kondisi tertentu.

Infak dan sedekah bisa menjadi haram jika dilakukan karena ingin riya’. Riya’ adalah keinginan untuk dilihat orang lain atas kebaikan. Sifat ini membuat kita merasa sombong, lebih baik daripada orang lain, bahkan tidak ikhlas saat memberi. Kita ingin memberi supaya dipandang baik dan supaya dianggap dermawan.

Kemudian, infak dan sedekah bisa menjadi haram jika sumbernya berasal dari harta yang tidak halal. Misalnya, harta yang didapatkan dengan mencuri, korupsi, menipu, dan sebagainya. 

Infak dan sedekah juga dapat menjadi haram jika barang yang diberikan tidak bermanfaat, membahayakan, dan digunakan untuk hal-hal yang buruk. Untuk itu, kamu perlu memastikan bahwa pemberianmu betul-betul bermanfaat dan tidak asal memberikan barang.

Sekarang, kamu sudah tahu perbedaan infak dan sedekah. Keduanya, meskipun memiliki bentuk yang berbeda, tetapi memiliki nilai kebajikan yang sama, selama dilakukan dengan niat baik, lewat sumber yang baik, dengan bentuk yang baik. 

Nah, kamu dapat bersedekah melalui platform WeCare.id dan mengunduhnya di Play Store atau App Store. Kamu dapat berbagi dengan seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Segala bentuk pemberian akan diproses secara transparan dan kamu dapat melihat progresnya.

Klik Untuk Donasi - Banjir Hanyutkan Rumah Warga di Serang
  1. Terdanai Rp.65,000
  2. Pencapaian 0.06%
  3. Donatur 8

Kebaikan dapat dimulai kapan saja dan di mana saja. Kapan kamu mau mulai melakukan infak dan sedekah?

Referensi:

Kurniawan, Andre. (2020). Memahami Perbedaan Infaq dan Sedekah, Amalan Penting untuk Kesejahteraan Umat. https://www.merdeka.com/jabar/memahami-perbedaan-infaq-dan-sedekah-amalan-penting-untuk-kesejahteraan-umat-kln.html , diakses pada 12 Februari 2022
Mory, Friyan Kha. 2021. PEMAHAMAN MASYARAKAT MENGENAI PERBEDAAN ANTARA ZAKAT, INFAK, SEDEKAH DAN WAKAF (ZISWAF) (Studi Kasus di Nagari Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas). Kab. Tanah Datar: IAIN Batusangkar