Apa Itu CT Value? Kenali Arti dan Cara Membacanya!

Apa Itu CT Value? Kenali Arti dan Cara Membacanya!

Di antara berbagai istilah ilmiah yang muncul selama masa pandemi Covid-19, ada yang ramai diperbincangkan akhir-akhir ini, yaitu CT Value dalam pemeriksaan tes RT-PCR untuk menentukan apakah seorang pasien positif Covid-19. 

Klik Untuk Donasi - Saling Bantu Untuk Indonesia Sehat
  1. Terdanai Rp.1,324,009,270
  2. Pencapaian 66.20%
  3. Donatur 160

Lantas, apa sebenarnya CT Value tersebut? Mari simak ulasannya!

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu CT Value?
  2. 2. Bagaimana Cara Membacanya?
  3. 3. Seberapa Penting Memahami CT Value?

Apa Itu CT Value?

Cycle Threshold Value merupakan nilai yang diperoleh setelah melakukan pemeriksaan tes RT-PCR. Nilai tersebut berguna untuk menentukan apakah seseorang tersebut dinyatakan positif atau negatif terinfeksi virus Corona. 

Bagaimana Cara Membacanya?

Tes RT PCR (Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction) menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mendiagnosis pasien Covid-19. Caranya dengan mendeteksi adanya materi genetik open reading frame (ORF), RNA-dependent RNA polymerase (RdRp), gen E, gen N, serta gen S yang terkandung dalam virus SARS-CoV-2 setelah melaksanakan nucleic acid amplification testing (NAAT) atau tes amplifikasi asam nukleat. 

Umumnya, tes ini dilakukan setelah pasien dinyatakan positif pada hasil Swab Antigen. Petugas akan menggunakannya untuk melihat jumlah virus yang terkandung dan melakukan pemeriksaan secara berulang-ulang antara 40 – 45 siklus. Tiap laboratorium tentu memiliki patokan siklus yang berbeda tiap pemeriksaan hasil PCR. Misal, laboratorium A menuliskan CT Value 40, artinya laboratorium tersebut melakukan pengujian berulang terhadap asam nukleat untuk dapat mendeteksi RNA atau DNA virus Corona sebanyak 40 kali. Apabila ternyata dalam proses pengujian sebanyak 40 siklus tersebut, terdapat virus Corona yang berhasil terdeteksi, artinya pasien positif terinfeksi. Berbeda jika ternyata ke-40 pengujian tidak mendeteksi satu pun virus, pasien akan dinyatakan negatif. 

Dalam pemeriksaan RT-PCR juga dihasilkan sinyal fluoresens yang nilainya berbanding lurus dengan amplifikasi yang dilakukan. Di saat nilai sinyal fluoresens akan meraih jumlah minimal untuk bisa diinterpretasikan menjadi hasil positif. Titik inilah yang kemudian disebut sebagai cycle threshold value

Nilai dari CT Value adalah semikuantitatif yang berbanding terbalik dengan jumlah virus yang ditemukan dalam sampel. Ketika bernilai rendah, menunjukkan tingkat konsentrasi materi genetik virus tinggi yang berarti pasien memiliki risiko terinfeksi tinggi. Sebaliknya, ketika bernilai tinggi, menunjukkan nilai konsentrasi materi genetik virus rendah sehingga risiko terinfeksi pun rendah. 

Ulurkan Tangan untuk Bantu Tenaga Medis dalam Percepatan Vaksinasi di DKI Jakarta

Seberapa Penting Memahami CT Value?

Dengan adanya CT Value dalam proses pemeriksaan RT-PCR, pemeriksa dapat mengetahui: 

Jumlah virus dalam tubuh

Tim pemeriksa dapat mengetahui berapa tepatnya jumlah virus dalam tubuh pasien melalui nilainya dalam proses pemeriksaan RT-PCR. Jika nilainya di bawah 25 – 28, artinya jumlah virusnya semakin banyak. Sebaliknya, jika nilainya di atas 30 – 35, besar kemungkinan jumlah virusnya lebih sedikit. 

Membantu dalam menentukan pengobatan yang tepat

Setelah menjalani pemeriksaan RT-PCR dan melihat jumlahnya, pemeriksa akan dapat mengetahui seberapa parah penyakit yang diderita pasien. Dari sini, pemeriksa dapat menentukan langkah pengobatan seperti apa yang tepat agar pasien dapat sembuh dari Covid-19. 

Membantu dalam memantau pasien

Pemeriksa juga akan terbantu dalam memantau pasien dari CT Value yang diperoleh setelah melakukan pemeriksaan RT-PCR. Pemeriksa dapat mengetahui apakah pasien benar-benar sudah sembuh atau belum dari Covid-19. Maka, biasanya untuk pasien yang harus rawat inap, akan melakukan tes PCR sebanyak 2 – 3 kali. Berbeda dengan pasien yang menjalani isolasi mandiri, tes PCR cukup 1 kali. 

Setelah mengetahuinya, kini saatnya kita untuk saling menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dan tim medis. Agar kita terlindungi dari virus corona dan dapat membantu saudara-saudara yang terkena musibah sakit. Mari saling bantu saudara yang membutuhkan melalui aplikasi WeCare yang dapat diunduh di Play Store dan App Store. Terus berbagi untuk saling membahagiakan. 

Klik Untuk Donasi - Ulurkan tangan untuk saudara yang membutuhkan
  1. Terdanai Rp.2,956,462
  2. Pencapaian 2.56%
  3. Donatur 18

Referensi: 

dr. Nurul Falah. Interpretasi Ct Value Dalam Pemeriksaan RT-PCR Pada COVID-19. https://www.alomedika.com/interpretasi-ct-value-dalam-pemeriksaan-rt-pcr-pada-covid19 

dr. Kevin Adrian. 2021. Memahami Apa Itu CT Value PCR. https://www.alodokter.com/memahami-apa-itu-ct-value-pcrAnuradha Mascarenhas. 2021. Explained: What is the ‘CT value’ in a Covid-19 test, and why is it important?. https://indianexpress.com/article/explained/explained-the-ct-value-in-a-covid-test-7291682/