Apakah Kamu Sudah Pernah Melakukan Donasi Online?

Apakah Kamu Sudah Pernah Melakukan Donasi Online?

Sekarang ini banyak cara untuk bisa membantu mereka yang membutuhkan bantuan. Salah satu caranya yaitu dengan penggalangan dana. Agar penggalangan dana berhasil, maka sangat penting untuk memiliki beberapa strategi. Selain dilakukan secara tradisional, sekarang ini  kamu juga mengeksplorasi manfaat menerima donasi online melalui strategi penggalangan dana digital. Untuk bisa menggalang dana secara online, kamu perlu platform yang memberikan kesempatan tersebut, seperti salah satunya adalah WeCare.id.

Klik Untuk Donasi - Derita Arthrogryposis Hingga Tangannya Tak Bisa Bergerak, Hafidzul Butuh Biaya untuk Berobat!
Arthrogryposis
Hafidzul Furqon
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.500,000
  2. Pencapaian 2.38%
  3. Donatur 17

Apa itu Penggalangan Donasi Online?

Penggalangan donasi online merupakan  cara bagi individu, kelompok, maupun organisasi nirlaba untuk mengumpulkan uang melalui internet. Dengan cara ini, donatur bisa langsung menyumbangkan donasi mereka melalui halaman donasi yang ada di situs web nirlaba atau menggunakan platform donasi online. Metode pembayarannya beragam. Umumnya ditransfer dari donor menggunakan kartu kredit/debit, melalui rekening tabungan, atau aplikasi pembayaran online.

Metode Penggalangan Donasi Online

Untuk mengumpulkan donasi, ada banyak metode penggalangan dana yang bisa dipilih, di antaranya:

  • Halaman Web

Cara ini merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk mengumpulkan donasi di situs web. Pilihan ini memudahkan para donatur untuk berdonasi dari komputer atau ponsel mereka. Halaman web donasi online terbaik dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggalang dana. 

  • Donasi Melalui Seluler

Alat donasi yang menyertakan pilihan donasi melalui seluler akan membantu mengoptimalkan penggalangan dana untuk perangkat seluler. Ini bisa mencakup sejumlah fitur, mulai dari memastikan halaman donasimu responsif seluler hingga memudahkan donatur untuk bisa menyumbang hanya dengan mengirim pesan teks.

  • Kampanye Email

Metode ini merupakan cara yang bagus untuk menyebarkan pesanmu dan menginspirasi orang untuk terlibat dalam misi penggalangan donasi online. Cara ini bisa membantumu menyiapkan dan menjadwalkan email yang diakhiri dengan permohonan donasi. 

  • Peer-to-peer

Metode multi-tier ini memungkinkanmu untuk mengatur halaman penggalangan dana sendiri dan menjangkau jaringanmu sendiri untuk mendukung organisasi nirlabamu. Ini adalah pilihan yang bagus bagi kamu yang ingin memobilisasi pendukung melalui media sosial menggunakan alat donasi online.

  • Crowdfunding

Metode ini dapat menjangkau donatur secara luas. Alat donasi yang berfokus pada crowdfunding membantu lembaga nonprofit membagikan misi mereka dan memanfaatkan kekuatan donasi individu. Jika kamu mempunyai proyek atau tujuan tertentu dengan garis waktu tetap, cara ini bisa jadi pilihan yang baik. 

Donasi Anak Yatim Piatu Dhuafa

Manfaat Donasi Online

Mengumpulkannya sekarang sudah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Metode penggalangan dana ini yang sangat efektif. Berikut adalah manfaat dari donasi secara online:

  1. Cepat, Mudah, dan Praktis

Donasi online membuat orang bisa mengirimkan dana dalam mata uang apa pun, di mana pun dan kapan pun.  Dibantu dengan platform pemrosesan pembayaran online untuk mengelola donasi ini membantu penggalang dana dalam mengurangi biaya administrasi dan meningkatkan efisiensi.

  1. Menarik Banyak Donatur

Dengan menggalang dana, berarti penggalang dana tidak perlu menulis cek dan mengisi formulir, atau menindaklanjuti untuk memastikan apakah penggalang dana sudah menerima donasi dari donatur atau belum. Transaksi online yang aman jauh lebih cepat dan sederhana. Cukup dengan memberi tahu para donatur tentang apa yang sedang dilakukan badan amal dari penggalang dana dan bagaimana mereka dapat membantu, para donatur mungkin akan merespons dengan donasi. Mereka juga akan mengunjungi situs web penggalang dana secara khusus untuk menyumbang. Memberi donasi secara online sering kali merupakan tindakan spontan, dan akan menarik donatur yang merasa tidak punya waktu untuk memberi dengan cara lain.

  1. Donasi Rutin

Donasi online memudahkan para donatur untuk memberikan donasi rutin. Sistem donasi seperti ini bisa mengumpulkan pembayaran secara otomatis pada interval yang berbeda. Selain itu, dengan desain antarmuka pengguna yang  sederhana memberikan banyak pilihan kepada donatur. Mereka bisa memutuskan berapa banyak yang ingin mereka berikan, seberapa sering, dan menggunakan metode pembayaran apa.

Saat masyarakat menjadi semakin banyak menggunakan teknologi serta media digital dalam komunikasi, pemberian donasi online kemungkinan akan menjadi metode yang paling banyak disukai untuk memberikan donasi. Cara berdonasi seperti ini memberikan kemudahan kepada para donatur yang ingin berdonasi. Jika tertarik untuk memberikan bantuan pada pasien yang membutuhkan biaya pengobatan, kamu bisa berdonasi melalui WeCare.id. Caranya tidak sulit. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi WeCare.id di ponselmu melalui Google Store atau App Store. Apa pun dan berapa pun donasi yang kamu berikan akan sangat membantu pasien yang membutuhkan. 

Yuk, donasi sekarang melalui WeCare.id!

Referensi

Mojay-Sinclare, C. (2015). The benefits of accepting donations online. Diambil kembali dari enthuse.com.Thorpe, R. (2021). Online Donations: The Best Tools for Nonprofits. Diambil kembali dari nonprofitgrowth.com.

Sumber Featured Image : Tim Marshall on Unsplash