7 Situs Web Galang Dana Online yang Terpercaya

7 Situs Web Galang Dana Online yang Terpercaya

Kamu pasti sudah mendengar nama seperti Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, KitaBisa atau WeCare. Nama-nama tersebut merupakan beberapa situs web galang dana online yang banyak dipilih oleh para pemberi donasi.

Kebaikan Bermakna untuk Sesama

Apa Itu Penggalangan Dana Online?

Penggalangan dana online merupakan cara bagi organisasi nirlaba untuk mengumpulkan dana melalui internet. Umumnya dalam prosesnya melibatkan situs galang dana online dan dapat mencakup pemberian donasi melalui ponsel, penggalangan dana peer-to-peer, dan banyak lagi.

Mengapa Penggalangan Dana Online Penting?

Penggalangan dana dengan cara online memungkinkan para donatur untuk bisa berdonasi dengan cepat, mudah, juga aman. Lembaga nonprofit bisa mengumpulkan donasi dari seluruh negeri serta seluruh dunia.

7 Situs Web Galang Dana Online untuk Menyalurkan Donasimu 

Kalau kamu berniat untuk memberikan donasi dengan cepat dan mudah, berikut ini ada 7 situs web galang dana online yang bisa membantu untuk menyalurkan donasimu. Ketujuh situs web galang dana ini merupakan situs web yang sudah terpercaya dipilih oleh para donatur untuk menyalurkan bantuan mereka. Berikut ini nama-namanya:

1. WeCare.id

Platform galang dana online ini ditujukan untuk kesehatan. WeCare.id mengkhususkan pada penggalangan dana serta donasi untuk pasien yang membutuhkan bantuan finansial dan berada di daerah yang susah untuk terjangkau. Selain itu, pasien juga belum terdaftar sebagai anggota BPJS maupun keanggotaannya di BPJS sudah tidak aktif.  WeCare.id berusaha untuk menghubungkan calon pemberi donasi dengan pasien. Dengan cara ini pasien akan memperoleh pengobatan serta fasilitas pendukung lainnya. WeCare.id percaya kalau tiap individu di Indonesia memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, sehingga pasien bisa berperan sebagai individu yang prima serta produktif. 

2. Sharing Happiness

Situs web galang dana online lainnya yang biasa digunakan orang untuk berdonasi adalah Sharing Happiness yang didirikan oleh Rumah Zakat. Platform pengumpulan dana ini memiliki konsep yang tidak jauh beda dari KitaBisa. Yang membedakan Sharing Happiness dari platform penggalangan dana lainnya yaitu tujuannya. Sharing Happiness bertujuan untuk memberikan fasilitas yang memudahkan orang untuk berbagi, berorientasi untuk kebahagiaan bagi semua kalangan, serta menciptakan perbaikan kondisi sosial masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri. Tujuan penggalangan dananya beragam, dari donasi untuk anak yatim sampai pendidikan.

3. SedekahOnline

Ini adalah crowdfunding Muslim pertama yang ada di Indonesia. Platform dibuat untuk memberikan kemudahan bagi umat Muslim yang ingin bersedekah, donasi serta melakukan galang dana online. Situs web galang dana online ini memberikan kesempatan pada penggunanya untuk melakukan penggalangan dana untuk kemanusiaan, pendidikan, serta pastinya keagamaan.

4. Kitabisa.com

Berdiri semenjak tahun 2013, KitaBisa merupakan situs web donasi dan galang dana online yang dipercaya oleh para donatur. Situs web galang dana ini sudah menjadi wadah untuk para individu, organisasi, komunitas ataupun perusahaan untuk menggalang dana. Caranya yaitu dengan membuat halaman donasi online.

KitaBisa memberlakukan kebijakan open platform sehingga siapa saja bisa membuat halaman donasi di laman KitaBisa jika mereka bisa melengkapi syarat verifikasi identitas. Selain itu, dipastikan pembuat halaman donasi tidak melanggar undang-undang. Tujuan dari KitaBisa dengan menyediakan open platform ini adalah untuk menghidupkan semangat gotong-royong serta menghubungkan kebaikan.

Mereka yang menggunakan situs web galang dana online KitaBisa akan dikenakan biaya sebesar 5% dari dana bantuan yang terkumpul. Biaya tersebut akan digunakan oleh KitaBisa untuk mendanai biaya operasional dan pengembangan serta layanan untuk memudahkan orang menggalang dana juga berdonasi.

5. Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi dan kemanusiaan yang sudah ada semenjak tahun 1993. Situs web galang dana online ini bertujuan untuk melakukan pemberdayaan umat serta kemanusiaan dengan cara pengelolaan dana zakat, sedekah infak, serta wakaf, dan dana sosial lainnya. Semuanya dikelola secara modern juga tentunya amanah. Dompet Dhuafa lebih mengkhususkan pada konsep welas asih maupun kasih sayang sebagai dasar untuk gerakan filantropis yang mengutamakan lima pilar program. Adapun kelima pilar program tersebut adalah kesehatan, ekonomi, pendidikan, sosial, dan dakwah serta budaya. 

6. BenihBaik

Misi dari situs web dan platform galang dana online ini adalah untuk menghasilkan generasi bangsa yang unggul. Salah satu pendiri dari BenihBaik adalah mantan pembaca acara talkshow terkenal, yaitu Andy F. Noya. BenihBaik berdiri semenjak 2019. Untuk para donatur, mereka bisa memilih berdonasi bagi pendidikan di daerah terpencil Indonesia. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Bali Bangkit Kembali
  1. Terdanai Rp.335,000
  2. Pencapaian 0.64%
  3. Donatur 27

7. UNICEF Indonesia

UNICEF merupakan organisasi yang sudah banyak familier di kalangan para donatur. Organisasi ini kerap terlibat dalam aksi menyelamatkan juga menanggulangi kemiskinan serta kekerasan, dan berjuang untuk memenuhi hak-hak anak di seluruh dunia. Organisasi ini terdapat di banyak negara, salah satunya di Indonesia. Kesehatan serta pertumbuhan fisik serta mental anak menjadi fokus utama dari UNICEF Indonesia. Selain itu, ada juga program lainnya, seperti pendidikan, perlindungan anak, sanitasi air serta kebersihan, kehidupan lingkungan sosial, dll. Namun, organisasi ini tidak dapat merespons permintaan bantuan yang dilakukan secara pribadi, ataupun sekolah serta instansi yang tidak terdaftar atau terkait di UNICEF. Akan tetapi, kamu masih bisa berdonasi menggunakan platform ini.

Itulah informasi mengenai situs web galang dana online yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada para donatur. Jika kamu hendak berdonasi untuk pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan, kamu bisa menyalurkan bantuanmu melalui WeCare.id. Untuk berdonasi kamu hanya perlu mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

10+ Website Donasi Online Terpercaya & Galang Dana di Indonesia. (2022). Diambil kembali dari lindungihutan.com.

5 Situs Web Donasi Online Terpercaya dan Aman di Indonesia. (2022). Diambil kembali dari kumparan.com.

7 Aplikasi Donasi Online & Website Galang Dana Terpercaya di Indonesia. (2020). Diambil kembali dari suatekno.id.

Online Fundraising: The Ultimate Guide. (t.thn.). Diambil kembali dari doublethedonation.com.

T.R.K.W, I. (2018). 10 Aplikasi dan Website Donasi Online Aman Terpercaya. Diambil kembali dari finansialku.com.