Wajib Tahu Sebelum Memberikan Donasi Online

Wajib Tahu Sebelum Memberikan Donasi Online

Masih ingat dengan kasus salah satu lembaga sosial di Indonesia yang diduga menyelewengkan dana donasi? Berdasarkan hasil temuan PPATK diduga dana donasi yang dikelola lembaga tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi pengurusnya serta aktivitas terlarang. Kasus ini membuat masyarakat kecewa karena ternyata uang yang mereka donasikan justru diselewengkan oleh para pengurusnya. Karena itu, sebelum kamu melakukan donasi online, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak tertipu. Baca informasi selengkapnya di bawah ini.

Alami Jantung Bocor Hingga Kekurangan Gizi, Nayla Butuh Nutrisi Khusus!

Lembaga Penyalur Donasi

Sebelum melakukan donasi online, yang pertama harus kamu perhatikan adalah lembaga yang mengadakan donasi. Pastikan lembaga yang kamu pilih memang kredibel dan memiliki reputasi yang baik. Cari tahu siapa penyelenggaranya, termasuk profil para pengurusnya dan rekam jejak mereka. Jangan sampai kecewa karena memilih lembaga yang buruk kredibilitasnya. 

Keamanan Situs Web

Cek terlebih apakah platform donasi sebelum melakukan donasi online. Apakah platform tersebut aman? Beberapa donasi umumnya menggunakan situs web sebagai platform-nya. Ketika akan berdonasi di situs web, biasanya kamu akan diminta untuk mengisi data. Jangan langsung isi data dirimu, sebelum kamu yakin dengan keamanan situsnya. Kamu pasti tidak mau data-data pribadimu justru malah digunakan untuk hal-hal yang tidak benar, seperti penipuan. 

Untuk mengetahui apakah situs web tersebut aman, kamu bisa cek apakah ada indikator kunci ataupun gembok yang berwarna hijau di URL situs web penyelenggara donasi tersebut. Klik ikon tersebut dan jika muncul keterangan “secure”, itu tandanya situs tersebut aman.

Penerima Donasi

Penerima donasi adalah hal lain yang harus kamu perhatikan saat akan memberikan donasi online. Beberapa lembaga donasi menawarkan kepada donaturnya untuk berdonasi kepada individu atau kelompok tertentu. Ada juga yang menggalang dana untuk skala daerah, nasional hingga internasional. Biasanya mereka membebaskan donatur untuk memilih kepada siapa donasi akan diberikan. Apabila ingin berdonasi kepada orang atau kelompok tertentu, pastikan cari tahu terlebih dahulu informasi mengenai penerima donasi tersebut. 

Rekening Donasi

Lembaga donasi online yang terpercaya biasanya menggunakan nama lembaga atau institusi penyelenggara untuk rekening donasi mereka. Sebelum berdonasi, pastikan memang rekening tersebut dipakai untuk menerima uang donasi. Jika menemukan keanehan pada nomor rekening yang dicantumkan di situs web penyelenggara donasi, lebih baik hindari lembaga tersebut.    

Sistem Pembayaran

Selain transfer bank, kemunculan e-wallet seperti GoPay, OVO, Dana, atau LinkAja memudahkan para donatur ketika akan berdonasi. Sebelum memberikan donasi online, pastikan sistem pembayaran yang tersedia terpercaya. 

Jangan pernah menuliskan password atau pun kartu debit sembarangan ketika diminta untuk mengisi formulir. Kamu perlu waspada akan adanya penipuan atau kecurangan dalam bermacam bentuk. Lakukanlah transfer dana melalui situs resmi yang terpercaya.

Dokumentasi Serta Bukti Penyaluran Donasi

Apabila dana donasi sudah terkumpul, lembaga donasi yang terpercaya umumnya akan memberikan laporan penyaluran dana yang mereka lakukan. Kamu bisa mencari informasi tersebut di situs web mereka. Beberapa lembaga donasi lainnya ada yang memberikan informasi penyaluran donasi yang kamu berikan melalui email. Dokumentasi dan bukti ini menunjukkan bahwa lembaga tersebut transparan dalam penyaluran dananya. Hal ini penting untuk kamu perhatikan sebelum memberikan donasi online. Akan lebih baik jika kamu berdonasi kepada lembaga yang secara reguler memberikan informasi penyaluran dana beserta buktinya.

Itulah hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan donasi online. Penting sekali untuk berhati-hati agar kamu tidak mengalami kekecewaan karena tertipu atau dana donasimu diselewengkan. Salah satu lembaga donasi yang sudah dipercaya banyak donatur untuk menyalurkan bantuan kepada pasien yang membutuhkan biaya pengobatan adalah WeCare.id. Di sini kamu bisa memilih penerima donasi dan kamu akan mendapatkan transparansi data penyaluran donasi. Jika ingin berdonasi melalui WeCare.id, caranya mudah, yaitu cukup dengan mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Klik Untuk Donasi - Alami Keterlambatan Tumbuh & Kembang dan Epilepsi, Selena Butuh Bantuanmu Segera!
Bantu Selena Sembuh dari Penyakitny...
Selena Cyra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.9,987,000
  2. Pencapaian 34.94%
  3. Donatur 158

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

5 Tips Donasi Online agar Tepat Sasaran. (2020). Diambil kembali dari unitedpay.co.id.

Asausan, I. S. (2022). Belajar dari Kasus ACT, Ini 5 Hal Penting yang Wajib Dipahami Sebelum Ikutan Donasi! Diambil kembali dari beautynesia.id.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Donasi Online. (t.thn.). Diambil kembali dari kangpromo.com.Lia, A. (2022). 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berdonasi di Website. Diambil kembali dari erudisi.com.

Sumber Featured Image : Christian Dubovan on Unsplash