Beramal Praktis dan Aman dengan Aplikasi Berbagi

Beramal Praktis dan Aman dengan Aplikasi Berbagi

Beramal bisa mendatangkan kebaikan. Namun, terkadang kita lupa beramal akibat terlalu sibuk. Selain itu, tidak sedikit orang yang merasa bingung: harus disalurkan ke mana kelebihan rizkinya. Meskipun lembaga penampungan uang amal mudah ditemui, tentu kita harus memilih yang aman dan terpercaya. Aplikasi berbagi menjawab semua kebingungan itu. Selain praktis, kamu juga bisa tahu ke mana dana amal disalurkan.

Alami Kelainan Darah Sejak Lahir, Daren Harus Transfusi Selama Hidupnya!

Daftar isi:

  1. 1. Aplikasi Berbagi, Apa itu?
  2. 2. Macam-Macam Layanan dalam Aplikasi Berbagi
  3. 3. Seperti Apa Aplikasi Berbagi yang Terpercaya?

Aplikasi Berbagi, Apa itu?

Masih asing dengan aplikasi berbagi? Ini adalah media digital yang dibuat untuk para donatur agar bisa menyalurkan sebagian rezekinya. Platform digital membuat kamu bisa menitipkan dana tanpa harus keluar rumah. Beramal bisa dilakukan kapan pun, di mana pun. 

Teknologi juga membuat kamu bisa langsung terhubung dengan beberapa jenis donasi. Beberapa contohnya adalah donasi pendidikan, donasi anak yatim, dan donasi fakir miskin.

Caranya mudah saja. Buka laman aplikasi berbagi pilihanmu kemudian klik layanan amal yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu bisa langsung mendonasikan uangmu dimulai dari nominal tertentu. Besaran minimal yang ditetapkan pun umumnya sangat terjangkau. Jadi, kamu bisa mulai beramal sesuai kemampuanmu, ya!

Macam-Macam Layanan dalam Aplikasi Berbagi

Kegiatan amal apa saja yang bisa difasilitasi oleh aplikasi berbagi? Ternyata pilihannya cukup beragam. Beberapa di antaranya adalah:

  • Donasi kesehatan

Donasi kesehatan bertujuan untuk membantu mereka yang memiliki penyakit serius namun tidak mampu membiayai pengobatan. Terlebih lagi, pasien-pasien ini tidak dilindungi jaminan kesehatan. Aplikasi berbagi menampung dana untuk mereka supaya bisa menjalani perawatan yang semestinya.

  • Donasi rutin 

Layanan ini menampung dana amalmu untuk membantu kehidupan sehari-hari mereka yang kurang beruntung. Contohnya, asupan nutrisi bergizi untuk anak dan kebutuhan dasar buruh harian juga kaum fakir. Donasi rutin menggunakan sistem debet otomatis setiap jangka waktu yang telah disepakati.

  • Donasi darurat

Layanan ini bertujuan untuk membantu mereka yang terdampak bencana alam dan musibah lainnya. Bantuan juga diarahkan untuk fase pemulihan setelah kejadian.

  • Zakat

Bagi umat muslim yang penghasilannya telah mencapai hisab tertentu, zakat adalah wajib hukumnya. Aplikasi berbagi menampung zakatmu untuk mereka yang ditimpa kemalangan seperti kehilangan pekerjaan, anak yatim, dan fakir miskin. Zakat bertujuan untuk membersihkan harta dan juga membuat hatimu tenang.

  • Penggalangan dana atau crowdfunding

Donasi seperti ini menggunakan konsep gotong royong. Penggalangan dana bisa dibuat oleh individu maupun organisasi untuk aksi sosial maupun bantuan personal.

Klik Untuk Donasi - Bersama Wujudkan Pemerataan Kesehatan di Indonesia
  1. Terdanai Rp.6,344,000
  2. Pencapaian 0.63%
  3. Donatur 98

Seperti Apa Aplikasi Berbagi yang Terpercaya?

Tertarik menggunakan aplikasi berbagi? Langkah selanjutnya adalah memastikan platform pilihanmu terpercaya. Dirangkum dari laman finansialku.com, aplikasi berbagi yang kredibel memiliki beberapa ciri berikut:

  • Memiliki laman resmi

Dalam laman resmi, kita bisa melihat informasi umum penampung donasi. Periksa kebenaran alamat dan call center yang bisa dihubungi. Dilansir dari indonesiabaik.id, kita juga harus mencari tahu kinerja lembaga donasi seperti: bagaimana mereka mengatur dana yang terkumpul, siapa orang-orang yang ada di belakangnya, dan kesigapan saat ada bencana.

  • Menggunakan rekening lembaga

Pastikan rekening yang digunakan adalah rekening resmi yang memakai nama lembaga. Waspadalah jika ada lembaga yang menggunakan rekening dengan nama pribadi.

  • Laporan yang transparan

Sebelum memilih aplikasi berbagi, periksa apakah mereka rutin membagikan laporan donasi yang sudah berjalan. Transparansi berguna untuk mengetahui berapa besar dana yang terkumpul dan ke mana dana disalurkan.

WeCare.id adalah salah satu platform aplikasi berbagi yang bisa kamu pilih. Selain terpercaya, layanannya cukup beragam dan kamu bisa pilih yang paling sesuai. Unduh sekarang dan nikmati kemudahan dalam beramal beserta banyak kebaikannya yang menyertainya.

Referensi:

  1. https://www.finansialku.com/donasi-online/
  2. https://indonesiabaik.id/motion_grafis/motion-grafis-bijak-memilih-lembaga-donasi

SUmber Featured Image :  Pexels dari Pixabay