Pinjaman Tanpa Riba Melalui Donatur Pinjaman Pribadi

Pinjaman Tanpa Riba Melalui Donatur Pinjaman Pribadi

Pastinya kita sudah sering mendengar bahwa praktik riba adalah sesuatu yang haram. Riba sendiri diartikan kelebihan atau tambahan terhadap pokok hutang atau harta dan biasanya akhir pelunasannya tidak tentu. Banyak dari kita mungkin mengharapkan pinjaman untuk modal usaha atau membeli rumah, tapi tanpa riba.

Klik Untuk Donasi - Alami Lumpuh Otak dan Meningitis secara Mendadak, Tubuh Sajjad jadi Semakin Kurus!
Meningitis, Epilepsi, Cerebral Pals...
M Sajjad Argya Bisma
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,511,000
  2. Pencapaian 3.28%
  3. Donatur 25

Untuk mengatasi ini, sebenarnya kita bisa mencari solusi lain selain meminjam di bank atau lembaga keuangan lain yang menuntut bunga tinggi. Salah satu solusinya adalah melalui donatur pinjaman pribadi. Untuk tahu lebih lanjut, simak terus ya.

Donatur Pinjaman Pribadi

Cara paling tepat untuk meminjam tanpa riba adalah dengan mencari donatur pinjaman pribadi. Kita bisa meminta bantuan kepada keluarga, kerabat, atau teman dekat yang mampu memberikan pinjaman. Jelaskan kebutuhan kita dan pastikan juga kondisi keuangan untuk melunasinya.

Apabila kita sudah mendapatkan donatur pinjaman pribadi, pastikan tidak pernah lupa membayar cicilan atau membayarnya secara utuh. Jangan menggampangkan pinjaman kepada saudara atau teman dekat tadi karena hal tersebut akan berdampak pada hubungan baik ke depannya.

Apabila kita kesulitan mencari donatur pinjaman pribadi, kita bisa mencari platform yang khusus menghubungkan calon donatur dengan orang-orang yang membutuhkan pinjaman.

Etika Saat Mendapatkan Donatur Pinjaman Pribadi

Jika sudah mendapatkan bantuan dari donatur pinjaman pribadi, berikut ini etika-etika yang tidak boleh kita lupakan:

Perhatikan Gaya Hidup

Setelah mendapatkan pinjaman, pastikan uang yang sudah kita terima digunakan sebagaimana mestinya. Walaupun kita mengandalkan gaji bulanan, tetap bijak soal pengeluaran tentu sangat penting. Apalagi sekarang kita memiliki tanggung jawab untuk membayar pinjaman.

Mintalah Bukti Pinjaman

Walaupun donatur pinjaman pribadi kita adalah saudara atau sahabat dekat, tetap minta bukti pinjaman. Hal ini agar si peminjam dan pemberi pinjaman sama-sama merasa nyaman. 

Mengembalikan Tepat Waktu

Jangan pernah meremehkan teman atau saudara yang telah memberikan kita pinjaman. Bayarlah hutang sesuai dengan waktu yang telah disepakati atau sesegera mungkin. Membayar tepat waktu juga menunjukkan rasa terima kasih kita atas pertolongan mereka.

Jadilah Donatur Pinjaman Pribadi Setelah Sukses

Apabila kita sudah melunasi hutang dan sukses dengan bisnis yang kita jalankan, bantulah saudara dan teman dengan menjadi donatur pinjaman pribadi. Selain memberikan pertolongan, kita pun akan mendapatkan banyak pahala dan keberkahan.

Solusi Pinjaman Lain Tanpa Riba

Apabila melalui donatur pinjaman pribadi ternyata sulit, solusi lain yang ada di antaranya:

Perbankan Syariah

Bunga yang dibebankan bank syariah tidak akan berfluktuasi. Hal ini dikarenakan bank syariah menerapkan sistem kemitraan dalam bentuk bagi hasil dan bagi risiko. Sedangkan pada bank konvensional, nasabah sepenuhnya bertanggung jawab apabila gagal melunasi pinjamannya.

1000 Paket Nutrisi untuk Anak-Anak Alor

Pinjaman Syariah Online 

Sama halnya dengan bank syariah, lembaga pinjaman syariah online ini juga menerapkan sistem Peer to Peer (P2P) lending berbasis syariah. Beberapa platform pinjaman syariah online di Indonesia yang akan membantu mempertemukan si pemberi dan penerima pinjaman di antaranya Qazwa.id, Investree, dan Alamisharia.

Pegadaian Syariah

Pegadaian syariah tentu berbeda dengan pegadaian konvensional. Mereka tidak mengambil keuntungan dari bunga melainkan dari upah jasa pemeliharaan barang jaminan yang digadaikan. Akad yang mereka pakai umumnya akad rahn, yaitu menahan harta milik si peminjam sebagai jaminan atas hutang.

Jadi, jangan ragu untuk memulai bisnismu atau mewujudkan rumah impian dengan donatur pinjaman pribadi. Kita bisa lho mengajukan campaign melalui situ WeCare.id. Di WeCare.id, kita bisa memanfaatkan fitur galang donasi mulai dari program inisiatif sosial, lingkungan, pendidikan, kemanusiaan, hingga kesehatan. 

Info lebih lanjut, langsung klik galang dana WeCare.id di sini. Kita juga bisa mengunduh aplikasi ini secara mudah dan gratis di PlayStore.atau AppStore Nah buat yang mau berdonasi, WeCare.id juga bisa menjembatani dengan orang-orang yang membutuhkan. Kita sendiri juga yang akan menentukan program donasi. Jadi, yuk segerakan niat baik kita melalui WeCare.id.

Klik Untuk Donasi - Jumat Berkah, Berbagi Sedekah
  1. Terdanai Rp.1,279,000
  2. Pencapaian 2.56%
  3. Donatur 46

Referensi

Zafar Andreansyah. 14 September 2020. 4 Etika Baik Saat Mendapatkan Donatur Pinjaman Pribadi! Bikin Kamu Nyaman. Akulaku.com

Boby. 3 Mei 2021. 10 Pinjaman Tanpa Bunga Terbaik dan Terpercaya [TERBARU]. Lifepal.