Syarat Penerima Zakat dan Bacaan Doa Saat Menerima Zakat

Syarat Penerima Zakat dan Bacaan Doa Saat Menerima Zakat

Zakat fitrah wajib dilakukan oleh setiap umat Islam yang memenuhi syarat. Zakat ini dibayarkan pada bulan puasa dan biasanya dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri. kamu tentu sudah tahu tentang berbagai macam syarat zakat maupun manfaat zakat. Tapi, tahukah kamu bahwa penerima juga dapat mendoakan pemberi dengan doa khusus?

Daftar isi:

  1. 1. Golongan yang Berhak Menerima Zakat
  2. 2. Doa Saat Menerima Zakat

Klik Untuk Donasi - Bersihkan hatimu dengan berbagi, bersihkan hartamu dengan berzakat
ZAKAT ONLINE

Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.54,723,265
  2. Pencapaian 47.38%
  3. Donatur 272

Golongan yang Berhak Menerima Zakat

Sebelum kita membahas tentang doa menerima zakat, ketahui dulu beberapa golongan yang berhak menerima zakat atau disebut dengan mustahik. Berikut ini adalah delapan golongan orang yang berhak menerima zakat.

Cek juga disini untuk zakat bersama Rumah Yatim.

Fakir

Fakir adalah orang yang hidupnya kesusahan dan tidak memiliki harta maupun pekerjaan yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Fakir juga bisa saja memiliki harta ataupun usaha, namun hanya dapat memenuhi seperempat dan setengah kebutuhan hidupnya.

Miskin

Hampir sama dengan fakir, miskin juga merupakan orang-orang yang tidak dapat mencukupi kebutuhan kesehariannya. Orang miskin dikategorikan sebagai mereka yang mampu memenuhi lebih dari setengah kebutuhan hidupnya setiap hari namun masih kurang dan belum dapat memenuhinya dengan sempurna.

Amil

Amil adalah pengurus atau panitia zakat yang memastikan proses pengumpulan dan penyerahan zakat kepada yang berhak berjalan dengan lancar.

Mualaf

Mualaf adalah orang-orang yang baru masuk Islam atau yang masih berada dalam tahap berharap atau berkeinginan untuk masuk Islam.

Riqab

Riqab adalah budak, namun karena zaman sekarang terbilang sudah tidak ada lagi perbudakan, maka riqab bisa diartikan sebagai orang muslim yang ditawan pihak lainnya.

Klik Untuk Donasi - Zakat bersama DOMPET DHUAFA
  1. Terdanai Rp.8,295,000
  2. Pencapaian 7.18%
  3. Donatur 19

Gharim

Gharim adalah orang yang memiliki hutang dan tidak mampu membayar. Namun hutang yang dimaksud di sini tentu bukan sembarang hutang, melainkan pinjaman atau hutang yang digunakan untuk kepentingan yang diperbolehkan dalam syariat Islam.

Fi Sabilillah

Fi sabililah adalah orang yang berperang atau berjuang di jalan Allah. Meski demikian, maknanya bukanlah terbatas pada umat Islam yang tengah berperang saja, melainkan juga orang-orang yang sedang berjuan demi kemaslahatan umat Islam.

Ibnu Sabil

Terakhir yaitu Ibnu sabil atau orang yang sedang dalam perjalanan dan tidak dapat kembali ke kampung halaman. Namun, tidak semua orang yang melakukan perjalanan bisa dikatakan sebagai ibnu sabil. Hanya jika perjalanan tersebut tidak bertujuan maksiat saja maka ia berhak mendapatkan zakat.

Klik Untuk Donasi - Mari berzakat melalui Baitulmaal Muamalat
  1. Terdanai Rp.5,614,993
  2. Pencapaian 0.49%
  3. Donatur 18

Doa Saat Menerima Zakat

Tidak hanya pemberi zakat saja yang dianjurkan untuk membaca doa atau niat, penerima zakat juga dianjurkan untuk berdoa untuk si pemberi zakat. Pasalnya, zakat merupakan bentuk kebaikan dari seorang umat muslim sehingga penerima juga hendaknya membalas kebaikan tersebut dengan doa yang baik.

Anjuran doa ini dibuat berdasarkan hadis doa menerima zakat yaitu Hadis Riwayat Bukhari yang menganjur kan untuk membalas kebaikan seseorang. Jika tidak memiliki sesuatu untuk membalas kebaikan tersebut, maka hendaknya dibalas dengan memujinya.

Ada dua doa yang dapat dibaca ketika seseorang menerima zakat, yaitu sebagai berikut:

Thahharallāhu qalbaka fī qulūbil abrār, wa zakkā ‘amalaka fī ‘amalil akhyār, wa shallā ‘alā rūhika fī arwāhis syuhadā’

Artinya yaitu “Semoga Allah menyucikan hatimu pada hati para hamba-Nya yang abrar. Semoga Allah bersihkan amalmu pada amal para hamba-Nya yang akhyar. Semoga Allah bersalawat untuk rohmu pada roh para hamba-Nya yang syahid.”

Selain itu, dapat pula membaca doa sebagai berikut:

Ajarokallahu fiimaa a’athoita wa baaraka laka fiimaa abkoita waj’alhu laka thohuuro.

Artinya yaitu “Mudah-mudahan Allah memberi pahala atas apa yang engkau berikan, memberikan berkah atas apa yang masih ada di tanganmu dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Islam selalu mengajarkan kebaikan pada para umatnya dan untuk selalu berbuat baik kepada sesama. Jika memberi zakat mengajarkan kita untuk berbagai, maka ucapan doa oleh penerima zakat dimaksudkan sebagai ucapan terima kasih sekaligus bentuk menghargai pemberian dan bantuan yang diberikan kepadanya.

WeCare.id menghadirkan aplikasi yang dapat membantu menyalurkan zakat dengan mudah dan transparan. Download aplikasi WeCare.id di ponselmu agar kamu bisa bersedekah kapanpun dan dimanapun!

download_app

Referensi:

Brilio.net. Diakses pada 11 Januari 2021.