Ciri-Ciri Seseorang Memiliki Self-Esteem Tinggi

Ciri-Ciri Seseorang Memiliki Self-Esteem Tinggi

Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan self-love, mungkin kamu juga sering mendengar tentang self-esteem. Kebanyakan orang awam mengatakan jika istilah tersebut bermakna harga diri. Namun, harga diri seperti apakah yang dimaksud? Apakah sama dengan kepercayaan diri (self-confidence)? Lantas, seperti apa ciri-ciri seseorang yang memiliki self-esteem tinggi?

Klik Untuk Donasi - Miris! Seorang Ibu Menunggak Biaya Persalinan Buah Hatinya!
Persalinan Normal
Widiya Agustina
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,001,700
  2. Pencapaian 101.01%
  3. Donatur 10

Self-Esteem dan Self-Confidence

Secara psikologis, cara seseorang memandang, mencintai, dan mengapresiasi diri sendiri disebut sebagai self-esteem. Istilah yang mendeskripsikan nilai personal individu ini sering dikira sama dengan kepercayaan diri. Padahal keduanya berbeda.

Jika harga diri adalah cara kamu menyukai apa yang ada pada dirimu secara keseluruhan, maka kepercayaan diri merujuk pada kemampuan. Harga diri terbentuk melalui pengalaman dari peristiwa yang pernah kamu alami. Sedangkan self-confidence bergantung pada kondisi yang dihadapi saat ini.

Meski begitu, pada sebagian orang kepercayaan diri juga dapat dipengaruhi oleh nilai harga diri.

Tanda Seseorang Memiliki Self-Esteem Tinggi

Seiring berjalannya waktu, self-esteem kamu bisa saja berubah-ubah. Terkadang tinggi, tapi juga bisa berubah rendah. Jika memiliki harga tinggi, kamu akan menunjukkan ciri-ciri berikut:

  • Kamu lebih suka bertindak secara mandiri. Apa pun masalah yang sedang dihadapi, kamu akan membuat pilihan dan keputusan sendiri.
  • Memiliki tanggung jawab dan segera bertindak dengan penuh keyakinan.
  • Menyukai tantangan baru dan sangat antusias dalam menerima tugas yang belum pernah kamu kerjakan sebelumnya.
  • Kamu cenderung bangga akan diri sendiri. Terkadang kamu memuji diri sendiri dan senang jika pencapaianmu diapresiasi.
  • Kamu mampu menghadapi dan mengekspresikan stres dengan berbagai reaksi.
  • Secara umum, kamu tidak akan sadar ketika mengalami berbagai emosi. Kamu mampu menangis, tertawa, berteriak, dan mengungkapkan kasih sayang secara spontan.
  • Karena rasa percaya diri yang tinggi, kamu bahkan mampu mempengaruhi seseorang dan meyakinkan mereka.

Jika dilihat dari ciri-ciri seseorang berharga diri tinggi di atas, mungkin kamu akan tampak menyebalkan bagi sebagian orang. Hal ini karena kamu terkesan tidak mau menerima kritik mau pun saran dari orang lain dan cenderung merasa benar. Kamu juga ingin selalu di dengar.

Gerakan Peduli Janda Jadi Perempuan Mandiri, Percaya Diri dan Berdaya

Faktor yang Mempengaruhi Harga Diri Seseorang

Tinggi rendahnya harga diri seseorang, bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa bahkan terbentuk ketika kamu masih kanak-kanak. Berikut faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga diri:

1. Pendapat Orang Sekitar

Pendapat keluarga, teman, maupun lingkungan ternyata bisa mempengaruhi harga dirimu. Apabila kekurangan yang menjadi fokus mereka, maka kamu akan merasa tidak diterima. Hal inilah yang kemudian membuat harga dirimu rendah, begitu juga sebaliknya.

2. Pikiran Sendiri

Asumsi dan pikiran yang kamu sampaikan ke diri sendiri dan melekat, memiliki dampak besar pada harga diri. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengafirmasi diri sendiri dengan perkataan positif. Jika pikiran negatif itu muncul akibat penilaian negatif orang sekitar, maka belajarlah untuk mengabaikannya.

3. Pola Asuh Sejak Kecil

Self-esteem rendah biasanya dimiliki oleh seseorang yang dibesarkan dengan pola asuh otoriter (helicopter parenting). Hal serupa juga bisa terjadi jika kamu memiliki trauma masa kecil. Agar anak memiliki harga diri yang baik, asuhlah dengan kasih sayang, empati, dan selalu bersikap suportif.

4. Keahlian Diri

Dengan mengasah keahlian atau kemampuan, kamu bisa meningkatkan harga diri. Oleh karena itu, dari pada sibuk membandingkan kekurangan dengan orang lain lebih baik kamu mulai mengasah kemampuan diri. Cobalah keluar dari zona nyaman dan belajar hal baru. Siapa tahu kamu justru menemukan bakat yang terpendam.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa empati juga dibutuhkan dalam membentuk self-esteem yang baik. Yuk, asah empati kamu pada sesama melalui kegiatan donasi rutin. Bantu pasien-pasien yang membutuhkan melalui WeCare.id. Download aplikasi WeCare.id untuk kemudahan berdonasi kapan pun dan di mana pun.

Klik Untuk Donasi - Menderita Kanker Ganas Stadium 3, Ibu Yomala Butuh Bantuan Agar Bisa Bertahan Hidup!
Kanker Payudara
Yomala Sundarmawati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,107,000
  2. Pencapaian 27.38%
  3. Donatur 32

Referensi:

Andrian, Kevin. (2020). Pentingnya Memiliki Self-Esteem yang Sehat. Diakses pada 19 Agustus 2021, dari https://www.alodokter.com/pentingnya-memiliki-self-esteem-yang-sehat

Putra, Arif. (2019). Self-Esteem adalah Harga Diri, Ini Pentingnya Bagi Kehidupan. Diakses pada 19 Agustus 2021 , dari https://www.sehatq.com/artikel/apa-itu-self-esteem-atau-harga-diri

Verona, Verury. (2021). 7 Hal yang Menunjukkan Tingginya Self-Esteem. Diakses pada 19 Agustus 2021, dari https://www.halodoc.com/artikel/hal-yang-menunjukkan-tingginya-self-esteem

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *