Begini Cara Lakukan Penggalan Dana di WeCare.id

Begini Cara Lakukan Penggalan Dana di WeCare.id

Menggalang dana sekarang ini semakin mudah untuk dilakukan berkat keberadaan teknologi digital. Di antara teknologi digital yang kerap digunakan untuk penggalangan dana adalah media sosial dan situs web. Tentunya ini merupakan sebuah kabar gembira karena artinya semakin banyak orang-orang yang bisa dibantu. 

Mengenal Penggalangan Dana Dulu dan Sekarang

Penggalangan dana adalah proses di mana individu atau organisasi mengumpulkan sumbangan uang secara sukarela dari individu lain atau bisnis untuk suatu tujuan.  Dahulu menggalang dana dilakukan dengan cara bertemu langsung dan meminta sumbangan dari pintu ke pintu.  Cara lain yang populer adalah dengan cara menggelar konser amal dan acara komunitas. 

Dalam interaksi tatap muka, sukarelawan mengumpulkan uang dan memberikannya kepada penyelenggara kampanye. Di acara komunitas, biasanya orang-orang menyumbang melalui kotak sumbangan. Pada masa itu pengumpulan dana sangat mengandalkan sumbangan besar dari individu atau keluarga kaya. Meskipun demikian, sumbangan kecil tetap ada juga.

Di abad ke-21, berkat teknologi digital, teknik penggalangan dana berkembang termasuk menggunakan e-mail, media sosial, dan penggunaan aplikasi digital. Teknologi memungkinkan penggalang dana menjangkau masyarakat yang lebih luas. Selain itu, penggalang dana juga bisa melakukan transparansi keuangan sehingga banyak orang jadi lebih percaya dan mau menyumbang.

Berdonasi Melalui WeCare.id

Salah satu platform donasi online yang sudah dipercaya banyak donatur adalah WeCare.id, yang merupakan sebuah situs penggalangan dana tepercaya. WeCare.id fokus membantu pasien dengan keterbatasan finansial, di daerah terpencil, dan yang tidak aktif atau belum terdaftar di BPJS.

Dalam membantu pasien yang WeCare.id bekerja sama dengan tenaga kesehatan. Fungsi WeCare.id adalah untuk menghubungkan pasien dengan donatur, sehingga pasien bisa memperoleh pengobatan serta fasilitas kesehatan yang mereka butuhkan. Tak hanya itu, WeCare.id juga membantu pasien yang memiliki tunggakan BPJS. 

Dalam menjalankan fungsinya sebagai platform donasi online, WeCare.id selalu memastikan semua data mengenai pasien. Jadi, akan ada tim yang akan memverifikasi data pasien. Hanya pasien benar-benar membutuhkan bantuan dukungan finansial yang akan dibantu. Baru kemudian dilakukan penggalangan dana untuk kebutuhan pasien. 

Donasi yang terkumpul akan diberikan langsung ke pasien melalui tim medis. Tujuannya adalah untuk memastikan dana digunakan sesuai kebutuhan medis pasien. Semua transaksi dan penyaluran dana yang terkumpul dilakukan secara transparan dan diumumkan oleh tim WeCare.id, sehingga mereka yang menyumbang tidak perlu khawatir dana tidak sampai ke pasien. 

Lalu, Bagaimana Cara Penggalangan Dana di WeCare.id?

Ada beberapa tahapan yang harus kamu ikuti sebelum kamu bisa melakukan galang dana. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke Situs Web WeCare.id

Langkap pertama adalah mengunjungi situs web WeCare.id. Jika sudah mengunduh aplikasi WeCare.id, kamu  bisa langsung masuk dari aplikasi tersebut. Kemudian klik masuk atau daftar. Jika kamu belum memiliki akun, kamu harus daftar terlebih dahulu. Lengkapi semua data yang diminta pada formulir pendaftaran. Pastikan semua data  yang kamu berikan adalah data yang valid.

  1. Klik Galang Dana

Setelah masuk ke halaman WeCare.id, kamu tinggal cari menu “Galang Dana” yang terletak di bagian paling atas halaman situs web. Klik menu tersebut.  

  1. Pilih Jenis Penggalangan Dana

Sesudah meng-klik menu galang dana, sekarang kamu tinggal memilih apakah kamu ingin melakukan “Penggalangan Dana untuk Pasien” atau “Penggalangan Dana Inisiatif”. Pilihan yang pertama adalah menggalang dana untuk membantu pasien yang membutuhkan bantuan secara medis serta pengobatan. 

Sementara untuk pilihan kedua adalah menggalang dana untuk program dan inisiatif sosial, lingkungan, kesehatan, pendidikan serta kemanusiaan.

  1. Lengkapi Informasi Pasien

Pada halaman ini kamu akan diminta untuk mengisi dan melengkapi formulir pengajuan pasien . Berikan informasi mengenai pasien dengan selengkap-lengkapnya dan sebenar-benarnya. Jangan lupa untuk menyertakan foto-foto pendukung yang asli dan valid. Pastikan foto pasien yang diunggah tidak buram dan pastikan juga sudut pengambilan fotonya bisa menggambarkan kondisi riil pasien.

Mari Bergabung Menjadi Donatur di WeCare.id

Selain sebagai penggalang dana, kamu juga bisa menjadi donatur di WeCare.id. Kamu bisa pilih pasien mana yang ingin kamu bantu. Setelah itu, tinggal klik donasikan. Untuk melihat kampanye pengumpulan dana dicek di situs web WeCare.id atau aplikasi WeCare.id yang bisa kamu unduh di Google Play atau App Store.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

3 Keuntungan Membuat Galang Dana melalui WeCare.id. (2022). Diambil kembali dari blog.wecare.id.

Ingin Galang Donasi Kamu Berhasil? Ini Dia Cara Efektifnya. (2021). Diambil kembali dari blog.wecare.id.

Penggalangan Dana, Solusi Cepat dan Tepat dengan Donasi Online. (2020). Diambil kembali dari blog.wecare.id.

Penyaluran Dana Filantropi Meningkat 23,05% di Awal Pandemi. (2022). Diambil kembali dari kedaikopi.co.

The History and Evolution of Fundraising. (2023). Diambil kembali dari verticalraise.com.What Is a Fundraiser? (2023). Diambil kembali dari successfund.com.

Sumber Featured Image : Tim Marshall on Unsplash