Tetap Waras di Tengah Masa Pandemi

Tetap Waras di Tengah Masa Pandemi

Sudah lebih dari 1 tahun pandemi COVID-19 melanda Indonesia. Hingga saat ini, penyebaran virus masih saja ada. Kebijakan pemerintah dalam membuat PSBB hingga PPKM untuk menekan angka penyebaran masih tetap dilakukan. Hal ini membuat banyak masyarakat untuk tetap di rumah. Meskipun kondisi sudah bisa dibilang membaik karena jalannya program vaksinasi, masih terdapat kekhawatiran dalam benak masyarakat. Bagaimana caranya agar tetap waras selama pandemi? Berikut artikelnya:

Konsumsi Makanan Bergizi

Ternyata makanan bergizi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga memiliki dampak yang positif untuk menjaga suasana hati. Terdapat makanan – makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga nutrisi dalam tubuh. Dalam mendapatkan kualitas hidup yang sehat, maka pola makan yang teratur dan memperhatikan kandungan apa yang dimakan sangatlah penting. Beberapa kandungan tersebut antara lain adalah serat, mineral, vitamin, lemak, protein dan karbohidrat. Diesuaikan saja dengan kondisi kesehatanmu ya!

Klik Untuk Donasi - Bantu sediakan Mesin Filtrasi Air
  1. Terdanai Rp.66,000
  2. Pencapaian 0.10%
  3. Donatur 13

Alihkan Pikiran dengan Hobi

Hobi dipercaya mampu menurunkan tingkat stress dan membuat hari merasa bahagia. Tak hanya itu, hobi yang memiliki sebuah komunitas supportive biasanya akan memiliki hubungan sosial yang baik juga. Selama pandemi, apakah kamu memiliki waktu untuk menemukan hobi baru? Atau menekuni hobi yang kamu miliki lebih dalam? Karena keterbatasan tempat, yaitu di rumah saja, masih banyak hobi yang bisa kamu coba, seperti bernyanyi, menggambar, memasak, berkebun, dll.

Bijak dalam Memilih Informasi

Tak dapat dipungkiri, selama masa pandemi banyak sekali hoax dan berita – berita sedih yang bermunculan, baik dari media internet maupun televisi. Tentunya hal ini dapat meningkatkan rasa cemas yang bisa kamu terima. Meskipun demikian, menutup diri dari informasi dunia luar bukanlah hal yang bagus untuk dilakukan. Pilahlah informasi yang kamu terima secara bijak dan kritis dan batasi jumlah berita yang ingin kamu konsumsi agar tetap waras selama pandemi.

Berolahraga di Rumah

Bukan rahasia lagi jika berolahraga dapat menghasilkan hormon – hormon yang membuat suasana hati menjadi lebih baik. Hormin – hormon bermanfaat seperti, dopamin, serotonin, dan triptofan bisa kamu dapatkan. Maka dari itu, sempatkanlah untuk berolahraga di rumah. Beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah adalah yoga, stretching. Selain itu, kamu juga bisa mencari home workout di mesin pencarian Google untuk mendapatkan ide baru.

Positive Self-Talk

Self-talk adalah suatu kegiatan dimana kamu melakukan sebuah dialog dengan dirimu sendiri, baik itu berupa pertanyaan, gagasan, mapupun hanya untuk sekadar mengungkapkan pikiran. Hal – hal tersebut bisa kamu suarakan sebagai bentuk sugesti diri, atau kamu ucapkan saja dalam hati. Pilihlah yang membuatmu nyaman. Pada dasarnya, self-talk dapat membantu diri untuk menjadi lebih sadar dalam bertindak, berpikir dan merasakan.

Hal ini dapat kamu lakukan sebagai salah satu bentuk perawatan mental diri sendiri. Utarakan kata – kata positif untuk menyayangi diri sendiri, memotivasi diri sendiri dan juga mengapresiasi diri. Dengan demikian, bisa mengurangi hal – hal negatif yang kamu rasakan. Dengan demikian, kamu dapat juga mengurangi kecemasan dan mampu mengendalikan diri dengan lebih baik.

Bantu Warga Malang Terdampak Banjir Bandang!

Berdonasi

Berdonasi tidak hanya bermanfaat untuk orang lain, tapi juga untuk diri sendiri. Dengan berdonasi, kamu bisa merasa bahagia. Bahkan, menurut beberapa penelitian, perbuatan positif ini juga bisa meningkatkan kesehatan.

Seperti yang dapat kita lihat, terdapat banyak kegiatan untuk menjaga diri agar tetap waras. Mari kita sama – sama berdoa dan berusaha agar pandemi COVID-19 bisa berlalu, salah satunya dengan mengikuti protokol kesehatan. Kita dapat melalui ini bersama – sama. Ayo berdonasi di WeCare.id untuk membantu para tenaga kesehatan untuk memperoleh APD untuk bertugas dalam menjaga Indonesia. Kamu juga bisa berdonasi di WeCare.id dengan mudah melalui aplikasinya yang tersedia di App Store dan Google Play Store, ayo download sekarang! 

Klik Untuk Donasi - Alami Lumpuh Otak Adik Azzam Butuh Oksigen untuk Bisa Bernapas!
Epilepsi, Cerebral Palsy, Craniosyn...
Muhamad Azzam Khalif
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.11,904,000
  2. Pencapaian 103.89%
  3. Donatur 135

Referensi:

Aida, Nur. 2021. Stres di Masa Pandemi, Lakukan Ini untuk Jaga Kesehatan Mental. Diakses dari: https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/13/120200965/stres-di-masa-pandemi-lakukan-ini-untuk-jaga-kesehatan-mental?page=all 

Anonim. 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi COVID-19. Diakses dari: https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/8-cara-menjaga-kesehatan-mental-selama-pandemi-covid-19/ 

Nadhira, Andi. 2020. Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Virus Corona. Diakses dari: https://www.alodokter.com/menjaga-kesehatan-mental-saat-pandemi-virus-corona/ 

Sukarna, Ade. 2019. Luar Biasa! Inilah 7 Manfaat Sedekah Bagi Diri Sendiri dan Keluarga. Nomor 4 Sering Diremehkan! Diakses dari: https://www.bernas.id/61771-luar-biasa–inilah-7-manfaat-sedekah-bagi-diri-sendiri-dan-keluarga–nomor-4-sering-diremehkan-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *