Inilah Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Inilah Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Di tengah pandemi covid-19 saat ini, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga dan juga mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang kita konsumsi harus mencukupi kebutuhan gizi harian. Selain bagus untuk kekebalan tubuh, mengkonsumsi makanan yang sehat akan menghindarkan kita dari penyakit-penyakit seperti, jantung, hipersitas, diabetes, juga obesitas. Berikut ini makanan sehat yang perlu dikonsumsi setiap hari.

Klik Untuk Donasi - Bantu Bangun Lumbung Air di Banten bersama ACT
  1. Terdanai Rp.239,000
  2. Pencapaian 0.83%
  3. Donatur 9

Pilihan Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Tiap Hari

Inilah beberapa makanan sehat yang perlu dikonsumsi tiap hari, di antaranya:

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam atau brokoli kaya nutrisi yang tubuh kita butuhkan. Sayuran berdaun gelap bermanfaat bagi tubuh. Bayam kaya dengan nutrisi penting yaitu vitamin A, C dan K dan beberapa serat, zat besi, kalsium, kalium, magnesium dan vitamin E. Penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi lebih banyak sayuran, seperti bayam, dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko diabetes, menjaga otak tetap muda dan membantu melawan kanker.

Brokoli disebut sebagai super food yang mengandung vitamin A, C dan K, yang membantu kesehatan tulang, serta folat. Brokoli memberikan dosis sulforaphane yang sehat, sejenis isothiocyanate (senyawa kimia asal tumbuhan) yang dianggap dapat menggagalkan kanker dengan membantu merangsang enzim detoksifikasi tubuh.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh ganda dan magnesium yang sehat, dua nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Nutrisi ini juga bisa memberikan perlindungan terhadap resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes. Senyawa antioksidan yang ditemukan dalam kacang-kacangan, termasuk asam ellagic dan resveratrol, dapat mengurangi keausan pada tubuh yang diakibat radikal bebas. Pada gilirannya, ini menurunkan peradangan, yang dapat mengurangi risiko kanker. 

Telur

Telur adalah sumber protein vegetarian berkualitas tinggi. Satu buah telur mengandung sekitar 70 kalori dan 6 gram protein. Plus, kuning telur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yaitu jenis vitamin karotenoid yang membantu menjaga kesehatan mata. Faktanya, banyak penelitian yang mengaitkan lutein dan zeaxanthin dengan penurunan risiko degenerasi makula atau gangguan penglihatan terkait usia, penyebab utama kebutaan pada orang di atas 50 tahun. Dan lutein juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. 

Oat

Oat mengandung serat larut yang menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, oat mengandung banyak karbohidrat, tetapi pelepasan gula tersebut diperlambat oleh serat, dan karena oat juga mengandung 10 gram protein per porsi 1/2 cangkir, makanan ini memberikan energi yang stabil dan ramah otot.

Tak Punya Biaya ke RS, Kanker yang dialami Hartati Menjalar ke Bagian Lain. Bantu Hartati Sekarang!

Buah-Buahan

Tak hanya sayuran, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin. Misalnya alpukat, buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung, yang juga dikenal sebagai omega-9. Buah yang creamy ini juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, alpukat adalah sumber vitamin K yang baik, nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang. 

Buah lainnya adalah apel yang merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, yang memerangi radikal bebas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam apel dapat memperpanjang umur seseorang dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Ikan dan Daging

Ketika berbicara tentang ikan dan daging, banyak pilihan sehat tersedia, seperti ikan berminyak. Contoh ikan berminyak di antaranya salmon, makarel sarden, dan anchovies. Jenis ikan ini memiliki minyak di jaringannya dan di sekitar ususnya.

Fillet tanpa lemak ikan berminyak mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi. Minyak ini dapat memberikan manfaat bagi jantung dan sistem saraf, menurut Office of Dietary Supplements (ODS). Asam lemak omega-3 bisa membantu mengatasi kondisi peradangan misalnya artritis. Selain itu juga kaya akan vitamin A dan D.

Ayam adalah daging yang hemat biaya dan menyehatkan. Daging ini adalah sumber protein yang sangat baik. Namun, penting untuk diingat bahwa cara menyiapkan dan memasak ayam akan mempengaruhi kesehatan ayam. Pastikan untuk membatasi asupan ayam goreng dan selalu membuang kulitnya sebelum dikonsumsi. Kulit ayam memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi.

Yogurt

Yogurt mengandung probiotik atau “bakteri baik” yang membantu menjaga kesehatan usus kita. Selain itu, yogurt juga kaya kalsium. Satu cangkir yogurt menyediakan hampir setengah dari nilai kalsium harian yang direkomendasikan dan memberikan fosfor, kalium, seng, riboflavin, vitamin B12 dan protein. Untuk protein yang lebih besar, pilih Greek yogurt dan bila memungkinkan pilihlah yogurt plain. Yogurt dengan tambahan rasa cenderung mengandung banyak gula tambahan yang menambah kalori tanpa nutrisi.

Ingatlah untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat agar terhindar dari penyakit. Selain itu, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

Christy Brissette, M. R. (2020). 15 Foods Nutritionists Try to Eat Every Day. thehealthy.com.
Gold, B. (2020). The 30 Healthiest Foods to Eat Every Day. realsimple.com.
Lisa Valente, M. R. (2020). 10 Everyday Superfoods. eatingwell.com.
Novakovic, A. (2020). What are the most healthful foods? medicalnewstoday.com.That!, E. E. (2020). 8 Healthy Superfoods You Should Eat Every Day. eatthis.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *