Apa itu Pandemi COVID-19 yang Sedang Dihadapi Dunia?

Sering kali kita mendengar kata ‘pandemi’  digunakan untuk mendeskiripsikan apa yang terjadi di dunia ini dengan menyebar luasnya COVID-19. Bermula dari kota Wuhan, sebuah kota di Tiongkok, COVID-19 telah menyebar ke berbagai belahan dunia hingga akhirnya World Health Organization (WHO) pun menetapkannya sebagai pandemi dunia sejak 11 Maret 2020 yang lalu. 

COVID-19 telah memberikan dampak besar bagi gaya hidup kita, dari diperketatnya berbagai protokol kesehatan, berkegiatan harus menggunakan masker dan kebiasaan cuci tangan yang mendadak jadi sangat penting, hingga pukulan ekonomi yang menerpa berbagai negara. Namun, sebenarnya apa sih pandemi itu sendiri? Mari kita ulas kali ini!

Apakah itu pandemi? Apa Bedanya dengan epidemi?

Epidemi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan jumlah kasus penyakit secara cepat dan tiba-tiba di suatu populasi area.

Sementara pandemi adalah sebuah epidemi yang telah menyebar luas ke berbagai negara dan benua di dunia sehingga banyak orang mengalami penyakit ini. Jika suatu penyakit telah ditetapkan menjadi suatu pandemi, berarti penyakit tersebut sudah tersebar dimana-mana, seperti pandemi COVID-19 yang kini menjadi penyakit yang sekarang diperangi dunia.

Apakah pandemi COVID-19 adalah pandemi pertama di dunia?

Sudah beberapa penyakit ditetapkan sebagai pandemi sebelumnya di dunia, COVID-19 bukalah yang pertama.

Salah satunya, pada tahun 2009 yang lalu telah terjadi pandemi pandemi flu babi, saat itu flu babi oleh virus H1N1 menyebar ke seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Pandemi flu babi berlangsung selama 19 bulan dan berakhir pada pertengahan 2010.

Selain itu puluhan tahun lalu juga pernah terjadi pandemi Spanish Flu  pada tahun 1918-1920, Spanish Flu menyebar dengan  cepat dan mematikan bahkan diperkirakan menginfeksi sepertiga populasi dunia dan menewaskan 50 juta orang.

Nah sekarang teman-teman sudah tahu kan makna pandemi dan sejarahnya. Mari kita terus mencengah penyebaran COVID-19 agar pandemi ini cepat berlalu, dan jangan lupa berdoa serta jaga kesehatan ya!

Jangan lupa juga terus doakan dan beri semangat untuk para tenaga kesehatan yang masih berjuang di berbagai fasilitas kesehatan. Dukung tenaga kesehatan dengan berdonasi di wecare.id/apdcorona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *