Vitamin Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi

Vitamin Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi

Beberapa vitamin yang dianjurkan untuk melawan virus Corona adalah vit C, D, E dan Zinc. Di tengah pandemi, kita semua dituntut untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan makan makanan bergizi dan mengonsumsi vitamin.

Klik Untuk Donasi - Gizi Adik-Adik Disabilitas Mulai Memburuk
  1. Terdanai Rp.300,000
  2. Pencapaian 1.30%
  3. Donatur 6

Karena itu, mari sama-sama mengenal manfaat Vit C, D, E dan Zinc untuk pasien covid. Selain itu, kita juga akan membahas fakta tentang susu Bear Brand yang booming di tengah pandemi. Benarkah susu Bear Brand berkhasiat menangkal virus Covid-19?

Daftar isi:

  1. 1. Mengenal Manfaat Vitamin C, D, E dan Zinc untuk Pasien Covid
  2. 2. Daftar Vitamin untuk Pasien Covid-19 yang Direkomendasikan
  3. 3. Fakta Tentang Susu Bear Brand yang Booming di Tengah Pandemi

Mengenal Manfaat Vitamin C, D, E dan Zinc untuk Pasien Covid

Vitamin C

Vit C menjadi vitamin yang paling banyak dicari saat ini. Kandungan antioksidan di dalam Vit C berfungsi mengurangi peradangan paru-paru, di mana peradangan paru-paru ini sering kali muncul pada kasus pasien Covid-19 yang cukup parah. 

Tidak hanya bagi pasien, vitamin C juga mampu meningkatkan sistem imun sehingga baik dikonsumsi secara rutin.

Vitamin D

Selain vitamin C, vitamin D juga sangat direkomendasikan oleh para dokter. Vitamin ini dapat diperoleh secara alami dari paparan sinar ultraviolet matahari. Waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat vitamin D dari sinar ultraviolet adalah jam sebelas sampai jam satu siang. 

Karena itu, selama masa pandemi ini trend berjemur mulai banyak dilakukan. Vitamin D mampu melindungi kita dari infeksi pernapasan dan juga menurunkan risiko terinfeksi virus ini.

Vitamin E

Selanjutnya adalah vitamin E. Vitamin E mampu meningkatkan produksi antibodi di dalam tubuh. Vitamin yang cukup terkenal menjaga kesehatan kulit ini juga ternyata berfungsi membantu tubuh kita meningkatkan sel NK, aktivitas makrofag, proliferasi sel limfosit T, dan mempertahankan integritas membran sel. 

Beberapa makanan sehat yang kaya akan manfaat vitamin E adalah biji bunga matahari, almond, kacang, alpukat, bayam, labu butternut, dan sayur bit. 

Zinc

Selain vitamin C, D, dan E, pasien juga diberikan asupan suplemen dengan kandungan zinc. Zinc membantu tubuh dalam proses produksi dan mengaktifkan sel-T (limfosit-T). Sel ini sangat diperlukan karena mampu menghambat replikasi virus. 

Pangan Untuk Negeri, Kembali Melangkah Bersama Dhuafa

Daftar Vitamin untuk Pasien Covid-19 yang Direkomendasikan

Berdasarkan Pedoman Tata Laksana Covid-19 Edisi 3 yang dirumuskan oleh gabungan perhimpunan dokter Indonesia, ada sejumlah vitamin yang diresepkan bagi pasien dengan virus Corona. Vitamin-vitamin ini dapat dibeli secara bebas di apotek. Adapun vitamin yang dianjurkan adalah sebagai berikut.

Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

Dianjurkan mengonsumsi vitamin C dengan memilih salah satu dari vitamin ini. Vitamin yang direkomendasikan adalah tablet vitamin C non acidic 500mg/6-8 jam oral, tablet isap vitamin C 500 mg/12 jam oral, multivitamin yang mengandung Vitamin C 1-2 tablet/24 jam, atau multivitamin yang mengandung vitamin C, B, E, zinc. 

Untuk asupan vitamin D, vitamin yang dianjurkan adalah 400 IU-1000 IU/hari, obat 400 IU-1000 IU/hari, atau obat 1000-5000 IU/hari.

Pasien Covid Gejala Ringan

Beberapa rekomendasi vitamin C adalah tablet vitamin C non acidic 500mg/6-8 jam oral, tablet isap vitamin C 500 mg/12 jam oral, multivitamin yang mengandung Vitamin C 1-2 tablet/24 jam, dan multivitamin yang mengandung vitamin C, B, E, zinc. Vitamin D yang dianjurkan adalah suplemen 400 IU-1000 IU/hari dan obat 1000-5000 IU/hari.

Pasien COVID-19 Gejala Sedang dan Berat

Pasien dengan gejala sedang dan berat sebaiknya mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Pemberian vitamin biasanya diberikan melalui suntikan intravena.

Fakta Tentang Susu Bear Brand yang Booming di Tengah Pandemi

Salah satu trend baru di masa pandemi ini adalah orang berbondong-bondong membeli susu kaleng merek Bear Brand. Banyak orang meyakini susu ini berkhasiat menangkal virus Corona dan karenanya susu ini menjadi sangat sulit dicari. Untuk tahu lebih lanjut, yuk cari tahu beberapa fakta di balik susu Bear Brand ini.

Diklaim Susu Murni

Situs Nestle.co.id menyatakan bahwa susu ini terbuat dari 100 persen susu murni. Beberapa kandungan vitamin pada produk ini adalah vitamin B1, B2, dan B12. Sedangkan varian Bear Brand Gold White Tea mengandung vitamin A, C, dan E.

Tidak Harus Susu Beruang

Mengonsumsi susu secara rutin memang mampu meningkatkan imun tubuh. Namun, pengajar di Program Studi Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Lily Arsanti Lestari menjelaskan bahwa tidak harus satu produk tertentu. Hal ini karena banyak produk susu lain pun juga mengandung vitamin, protein, dan mineral yang sama. 

Bukan Satu-satunya Sumber Kalsium

Susu memang dikenal sebagai sumber kalsium. Namun, ternyata manfaat kalsium tidak hanya bisa kita dapatkan dari susu. Beberapa makanan bahkan memiliki kandungan kalsium lebih tinggi, di antaranya tempe, kacang tolo, kacang tanah, ikan teri, dan lain-lain.

Semoga info di atas bermanfaat bagi kita semua di tengah pandemi ini. Nah buat kalian yang ingin berbuat kebaikan selama pandemi dengan cara bersedekah, kini WeCare.id membantu kalian untuk menolong sesama dengan mudah, transparan, dan amanah. Info lebih lanjut, yuk kunjungi WeCare.id atau download secara gratis aplikasi WeCare.id di App Store atau Play Store. 

Klik Untuk Donasi - Idap Jantung Bocor dan Radang Paru-paru, Alvino tak punya biaya operasi ke Jakarta
Defek Septum Ventrikel, Pneumonia, ...
Alvino Raffasya Firmansyah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.30,184,000
  2. Pencapaian 74.99%
  3. Donatur 434

Referensi

Arianti Khairina. (2021, 14 Juli). Wajib Tahu! Ini Manfaat Vitamin C, D, E dan Zinc untuk Pasien COVID-19. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2021, dari https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/covid-19/wajib-tahu-ini-manfaat-vitamin-c-d-e-dan-zinc-untuk-pasien-covid-19/

Khadijah Nur Azizah. (2021, 12 Januari). Catat, Daftar Vitamin yang Disarankan Dokter untuk Pasien COVID-19. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2021, dari https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5330133/catat-daftar-vitamin-yang-disarankan-dokter-untuk-pasien-covid-19

Khadijah Nur Azizah. (2021, 15 Juli). Kenali Manfaat Vitamin C, D, E, dan Zinc untuk Pasien COVID-19. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2021, dari https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5644925/kenali-manfaat-vitamin-c-d-e-dan-zinc-untuk-pasien-covid-19 

Mahardini Nur Afifah. (2021, 15 Juli). 3 Vitamin dan Mineral untuk Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2021, dari https://health.kompas.com/read/2021/07/15/133100968/3-vitamin-dan-mineral-untuk-pasien-covid-19-isolasi-mandiri?page=all 

Mela Arnani. (2021, 4 Juli). 4 Fakta Susu Beruang yang Ramai Diburu karena Dianggap Tangkal Covid. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2021, dari https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/04/174500965/4-fakta-susu-beruang-yang-ramai-diburu-karena-dianggap-tangkal-covid?page=all