Manfaat Makan Kuaci Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Manfaat Makan Kuaci Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Kuaci bunga matahari adalah salah satu pilihan camilan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Camilan ini ternyata bukan hanya jadi penghibur di waktu luang saja. Ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari si biji panggang ini.

Daftar isi:

  1. 1. Kandungan nutrisi dari kuaci bunga matahari
  2. 2. Manfaat kuaci bunga matahari

Kandungan nutrisi dari kuaci bunga matahari

Melansir Eatingwell.com, nutrisi dalam setiap sajian kuaci mengandung:

  • Kalori: 165
  • Total Lemak: 14 gram
  • Lemak Jenuh: 1,5 gram
  • Lemak Tak Jenuh Tunggal: 3 gram
  • Lemak Tak Jenuh Ganda: 9 gram
  • Kolesterol: 0 miligram
  • Sodium: 1 miligram
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Serat: 3 gram
  • Gula: 0 gram
  • Protein: 5,5 gram
  • Vitamin A: 2.5 IU (Nilai Harian 0%)
  • Vitamin C: 0,5 mg (4% DV)
  • Kalsium: 20 miligram (2% DV)
  • Besi: 1 miligram (6% DV)

Walau kuaci bunga matahari memiliki kandungan lemak yang tinggi, tapi jenis lemak ini merupakan lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Lemak ini sangat berguna sebagai sumber lemak yang aman untuk kesehatan jantung dan juga berfungsi sebagai anti inflamasi. Bukan itu saja, kuaci ini juga merupakan sumber serat dan protein yang baik untuk tubuh.

Namun kamu juga perlu waspada. Banyak sekali produk kuaci yang memiliki kandungan garam yang tinggi. Jadi pastikan untuk memeriksa kandungan garam pada kemasan produk kuaci sebelum membelinya.

Klik Untuk Donasi - Bantu Bangun Asrama Kucing Terlantar
  1. Terdanai Rp.5,081,143
  2. Pencapaian 4.84%
  3. Donatur 22

Manfaat kuaci bunga matahari

Siapa sangka, biji kuaci yang kecil memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan tersebut antara lain:

Berfungsi sebagai anti inflamasi

Sebuah studi dari Universitas Columbia menemukan bahwa mengonsumsi kuaci bunga matahari dan biji-bijian lainnya lima kali atau lebih setiap minggu dapat mengurangi risiko peradangan. Beberapa studi juga mengungkapkan bahwa konsumsi kuaci terkait dengan penurunan risiko beberapa penyakit kronis.

Meningkatkan kesehatan jantung

Tidak seperti lemak jenuh, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh ternyata dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Harvard menemukan bahwa konsumsi biji-bijian, termasuk kuaci, berkaitan erat dengan rendahnya risiko terjangkit penyakit jantung dan penyakit yang berhubungan dengan jantung, seperti gangguan kolesterol dan tekanan darah.

Membantu mencegah penyakit

Kuaci ternyata memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral, termasuk zinc dan selenium. Zinc berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, zinc juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas.

Selenium juga berperan dalam mencegah inflamasi dan infeksi. Nutrisi ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan selenium juga menjadi bagian penting untuk menjaga kesehatan mental dan mencegah kelainan neurodegeneratif seperti Alzeimer.

Baik untuk ibu hamil

Buat bumil yang hobi ngemil, kuaci bisa jadi pilihan lain cemilan yang menyehatkan. Selain kaya dengan kandungan zinc dan folat, biji bunga matahari merupakan salah satu sumber vitamin E yang baik.

Vitamin E sangat penting dalam menjaga kesehatan prenatal, dengan membantu janin berkembang lebih baik. Folat juga membantu kesehatan plasenta dan mencegah timbulnya spina bifida, kelainan yang terjadi pada bagian tulang punggung janin. Sedangkan zinc berperan dalam produksi insulin dan enzim.

Alami Lumpuh Otak, Adik Tista Hanya Dirawat Neneknya

Baik untuk detoksifikasi

Biji bunga matahari dikenal dengan kandungan magnesiumnya yang tinggi. Mineral ini memiliki kemampuan untuk mengeluarkan bakteri, kuman, dan juga racun dari tubuh kamu. Magnesium dari kuaci juga dapat menenangkan saraf dan mengatur tekanan darah dalam tubuh.

Ternyata banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari kuaci bunga matahari. Sambil menikmati camilan menyehatkan ini, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Referensi

Wicks, Lauren (2019). 4 Amazing Health Benefits of Sunflower Seeds. eatingwell.com
Grover, Neha (2019). Sunflower Seeds: 6 Reasons How These Seeds May Help Boost Your Health. food.ndtv.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *