Rekomendasi Pemakaian Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Rekomendasi Pemakaian Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Terdapat banyak produk suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh di pasar Indonesia. Beragamnya vitamin – vitamin tersebut juga memiliki daya jualnya masing-masing. Ada yang tidak perih di lambung, dan ada juga yang menggunakan tanaman – tanaman herbal alami.

Klik Untuk Donasi - Bantu Infaq Nutrisi ke Seluruh Indonesia
  1. Terdanai Rp.26,000
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 3

Konsumsi tambahan vitamin bisa dikatakan sudah menjadi kebiasaan dari sebagian masyarakat di Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kekuatan daya tahan tubuhnya dalam menghadapi bakteri, virus dan juga infeksi. Meskipun demikian, perlukah kita mengonsumsinya setiap hari? 

Daftar isi:

  1. 1. Apakah Kita Perlu Minum Vitamin Setiap Hari?
  2. 2. Vitamin Sebagai Pelengkap
  3. 3. Ragam Rekomendasi Vitamin

Apakah Kita Perlu Minum Vitamin Setiap Hari?

Kesehatan adalah aset yang tak ternilai harganya. Banyak dari kita yang ingin meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh, agar tetap mampu bekerja atau tidak ketinggalan pelajaran di sekolah. Adanya pandemi yang melanda dunia pada tahun 2020 seolah telah membuat kebiasaan baru, yakni mengonsumsi vitamin tambahan.

Hal tersebut tidaklah salah, tetapi apapun yang dilakukan secara berlebihan, umumnya akan menimbulkan suatu efek samping. Mengonsumsi vitamin setiap hari memang terdengar sehat, namun bukan berarti benar untuk menjadikan suplemen vitamin sebagai sumber nutrisi sehari – hari.

Sebagai contoh beberapa dampak buruk dari mengonsumsi vitamin berlebihan di ataranya:

  • Vitamin A, apabila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko osteoporosis.
  • Vitamin B, apabila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko gangguan kulit dan hati.
  • Vitamin C, apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan diare dan sakit perut.
  • Vitamin D, apabila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko penumpukan kalsium, sehingga menimbulkan batu ginjal.
  • Vitamin E, apabila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko munculnya ruam, memar dan rasa letih.

Dampak – dampak di atas bisa diminimalisasi dengan lebih memperhatikan kandungan gizi dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari, serta mengikuti pedoman hidup sehat.

Vitamin Sebagai Pelengkap

Dengan menganggap vitamin sebagai pelengkap dari pola makanmu, maka kamu sudah menggunakan produk yang sesuai dengan fungsinya. Sebagai contoh, kamu sudah mengonsumsi ragam makanan dan minuman dengan kandungan gizi yang bervariasi, mulai dari serat hingga vitamin. 

Apabila sudah berusaha sebaik mungkin, dan ternyata kamu masih merasa tidak enak badan atau merasa akan sakit, pada saat inilah vitamin tambahan diperlukan. Konsumsilah vitamin sesuai dengan kebutuhanmu, jika diperlukan, kamu bisa menemui dokter dan meminta anjuran. 

Kekurangan gizi sejak lahir, Ilham membutuhkan uluran tanganmu!

Ragam Rekomendasi Vitamin

Setelah mendapatkan resep atau konsultasi dari dokter, kamu bisa mengikuti dosis yang sesuai dengan kemampuan tubuhmu. Gunakan itu atau aturan pakai suatu produk sebagai pedoman untuk meminimalisasi adanya efek samping. Berikut adalah beberapa rekomendasi vitamin untuk daya tahan tubuh:

Imboost Force

Produk ini adalah vitamin yang diracik untuk merangsang daya tahan tubuh. Kandungan elderberry dalam Imboost Force memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuhmu, baik untuk meningkatkan atau menjaga daya tahan tubuh.

Holisticare Ester C

Produk ini memiliki berbagai keunggulan, selain untuk menjaga daya tahan tubuh, produk ini juga nyaman di lambung. Holisticare Ester C dapat membantu mengatasi gejala kekurangan vitamin C dan juga menjaga kesehatan kulit.

Redoxon Triple Action

Produk ini memiliki kandungan vitamin yang lengkap untuk daya tahan tubuh, di antaranya adalah zinc, vitamin C dan D. Kandungan – kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan antioksidan dalam tubuh, dan juga membantu sistem daya tahan tubuh dalam melawan peradangan.

Itulah beberapa rekomendasi vitamin untuk daya tahan tubuh beserta saran penggunaannya. Ingat, vitamin hanyalah tambahan bantuan apabila kamu merasa kurang sehat. Biasakan untuk mengikuti pedoman hidup sehat, serta memakan beragam makanan yang bergizi. Ayo berdonasi di WeCare.id dan bantu saudara kita yang kurang beruntung untuk mendapat pangan yang layak dan bergizi. Yuk segera, Download Aplikasi Wecare.id

Klik Untuk Donasi - Gizi Buruk Adik-Adik Disabilitas Mulai Memburuk
  1. Terdanai Rp.160,000
  2. Pencapaian 0.69%
  3. Donatur 3

Referensi:

Adrian, Kevin. Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit. Diakses dari: https://www.alodokter.com/menjaga-daya-tahan-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit/ 

Adzani, Fadli. 2021. Cegah Penyakit dengan 7 Rekomendasi Vitamin Daya Tahan Tubuh Ini. Diakses dari: https://www.sehatq.com/review/cegah-penyakit-dengan-rekomendasi-vitamin-daya-tahan-tubuh-ini/ 

Pane, Merry. 2019. Inilah Bahaya Kelebihan Vitamin atau Hypervitaminosis. Diakses dari: https://www.alodokter.com/inilah-bahaya-kelebihan-vitamin/

Rudystina, Adinda. 2016. Perlukah Kita Minum Multivitamin Setiap Hari?. Diakses dari: https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/perlukah-kita-minum-multivitamin/ 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *