Tingkatkan Imunitas Tubuh Kamu dengan Vitamin ini!

Tingkatkan Imunitas Tubuh Kamu dengan Vitamin ini!

Di awal bulan tahun 2021, jumlah pengidap Covid-19 semakin meningkat. Bahkan kini ditemukan varian baru dari virus berbahaya ini. Hal ini tentunya meningkatkan risiko penyakit yang lebih parah dari sebelumnya. Untungnya kita masih bisa menekan penyebarannya dengan menjalankan protokol kesehatan dan juga mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan di saat seperti ini.

Tapi perlu diingat bahwa tidak ada vitamin yang bisa mencegah penyakit, apalagi dari serangan Covid-19. Mengonsumsi vitamin tanpa disertai aturan yang sesuai bahkan bisa membahayakan bagi tubuh. Karena itu selalu ikuti anjuran dokter sebelum mulai mengonsumsi vitamin dan suplemen tertentu. Dengan mengikuti protokol kesehatan dan pola hidup sehat juga bisa mengurangi risiko terpapar virus mematikan yang menyerang berbagai negara di dunia ini.

Alami Limfadenopati, Pak Supardi Butuh Oksigen untuk Bisa Bernapas. Bantu Sekarang!

Vitamin dan Nutrisi untuk Imunitas yang Dibutuhkan di Masa Pandemi

Jaga terus imunitasKonsumsi vitamin dan nutrisi yang tepat memang tidak dapat mencegah serangan virus Covid-19. Tapi kekebalan tubuh dapat meningkat sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit. Cristina Palacios, Profesor madya bidang dietetika dan nutrisi, menyarankan jenis vitamin yang sebaiknya dikonsumsi, khususnya oleh orang dewasa, seperti berikut ini.

1. Vitamin C

Jenis vitamin ini telah dikenal sejak lama untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan leukosit, sejenis sel darah putih yang membantu dalam penyembuhan infeksi. Karena itu disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2,000 mg setiap hari untuk menjaga ketahanan tubuh.

2. Vitamin D

Vitamin D sering kali diperoleh dari matahari. Namun tubuh bisa kekurangan vitamin ini jika hanya mengandalkan bantuan matahari. Hal ini bisa meningkatkan risiko gangguan pernapasan pada anak-anak dan orang dewasa.

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami defisiensi vitamin D berisiko tinggi terserang virus Covid-19. Karena itu disarankan untuk mengonsumsi 1,000 IU vitamin D setiap hari.

3. Zinc

Nutrisi yang satu ini berperan penting dalam perkembangan sistem kekebalan tubuh. Kadar Zinc yang cukup dalam tubuh dapat menghambat replika virus, seperti polio dan SARS-coronavirus. Kadar konsumsi yang disarankan bagi orang dewasa adalah 40mg setiap hari.

Selain vitamin di atas, kamu juga bisa mendapatkan beragam nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi. Beberapa jenis nutrisi yang bisa kamu dapatkan antara lain:

Klik Untuk Donasi - Bantu Tenaga Medis Melawan Covid-19!
  1. Terdanai Rp.6,899,700
  2. Pencapaian 0.69%
  3. Donatur 157

Vitamin A

Vitamin ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi susu, telur, dan jeruk serta buah-buahan berwarna kuning.

Vitamin B3

Vitamin ini membantu sistem imunitas dengan mengurangi inflamasi dan luka pada paru-paru. Makanan yang kaya dengan Vitamin B3 antara lain ayam, daging merah, ikan, biji-bijian, buncis, polong-polongan, dan kacang-kacangan.

Vitamin B9 (folat dan asam folat)

Penelitian menunjukkan vitamin ini dapat mencegah infeksi saluran pernapasan pada anak-anak. Kamu dapat mengonsumsi makanan dengan folat dalam sayuran hijau seperti bayam dan asam folat dalam makanan yang diperkaya termasuk pasta dan roti.

Probiotik

Probiotik tertentu dalam situasi tertentu dapat mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas. Kamu dapat menemukan probiotik dalam yogurt dan susu fermentasi.

Meskipun beberapa jenis suplemen bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, hal terpenting yang harus kamu lakukan dalam pandemi ini adalah menjaga jarak sosial, mencuci tangan, memakai masker, dan tidur yang cukup.

Jangan lupa, sebelum mengonsumsi suplemen atau vitamin tertentu, pastikan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter. Dengan begitu kamu bisa mengetahui dengan pasti takaran konsumsi yang tepat agar tubuh kamu bisa meningkatkan imunitasnya dengan maksimal.

Jaga selalu kesehatan kamu dan jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Referensi

Escobar, Estephany (2020). Doctor Discusses Supplements to Consider and Avoid to Prevent COVID-19. spectrumlocalnews.com
Valencia, Gisela (2020). Three vitamins, minerals to boost your immune system and fight COVID-19. news.fiu.edu.
Valencia, Gisela (2020). Three vitamins, minerals to boost your immune system and fight COVID-19. news.fiu.edu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *