Lindungi Diri Dari Covid-19 Baru Dengan Tips Ini

Lindungi Diri Dari Covid-19 Baru Dengan Tips Ini

Jumlah kematian terkait virus korona telah meningkat secara dramatis di Indonesia sejak awal Desember. Hal ini tentunya membutuhkan solusi baru yang dapat menurunkan angka korban. Tapi melihat kondisi pandemi yang semakin melonjak, bagaimana cara kita mengatasinya?

Daftar isi:

  1. 1. Kondisi pandemi saat ini
  2. 2. Bagaimana cara untuk melindungi diri dari virus varian baru

Kondisi pandemi saat ini

Dilansir dari laman covid19.go.id, tercatat korban meninggal akibat virus mematikan ini mencapai 28,855 orang hingga 28 Januari 2021. Namun pemerintah saat ini mulai menerapkan strategi baru untuk mengatasi masalah ini.

Wiku Adisasmito, selaku juru bicara Satgas Covid-19 Republik Indonesia, menyatakan bahwa upaya peningkatan kuantitas dan kualitas layanan, terutama untuk perawatan kasus aktif, dapat menurunkan angka kematian.

Namun kini muncul varian baru dari virus berbahaya ini. Hal ini tentunya bisa semakin memperparah kondisi pandemi yang melonjak. Berdasarkan laporan dari CDC, ada tiga varian Covid-19 yang telah teridentifikasi hingga saat ini.

Klik Untuk Donasi - Derita Cerebral Palsy hingga alami kelainan pada kakinya, Putri butuh bantuanmu!
Cerebral Palsy, Thalassemia
Putri Nazaret
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.3,146,000
  2. Pencapaian 39.08%
  3. Donatur 26

Varian B117

Varian yang satu ini pertama kali ditemukan di Inggris Raya dan mulai menyebar ke seluruh dunia, khususnya Amerika dan Kanada. Virus jenis ini mengalami mutasi ekstrem. Namun belum diketahui apakah virus ini dapat menimbulkan penyakit yang lebih parah atau potensi kematian yang lebih besar.

Varian 1351

Varian ini pertama kali muncul di Afrika Selatan. Uniknya virus ini ternyata berbeda dengan varian yang ditemukan di Inggris Raya, walaupun keduanya memiliki beberapa kesamaan bentuk mutasi. Jenis varian yang juga dikenal sebagai varian Afrika Selatan ini telah menyebar ke negara lain, termasuk Inggris Raya dan Australia.

Varian P1

Varian ini pertama kali teridentifikasi pada empat warga Brazil yang melakukan pemeriksaan di Bandara Haneda, Tokyo. Varian ini memiliki mutasi yang mempengaruhi kemampuan antibodi untuk mengenali virus ini.

Dukung Pengiriman Bantuan Sosial ke Seluruh Indonesia!

Bagaimana cara untuk melindungi diri dari virus varian baru

Cara terbaik untuk menghadapi Covid-19 varian baru adalah dengan mengurangi risiko penularan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Ikuti langkah pencegahan yang tepat

Lindungi diri sendiri dan keluarga di sekitar kamu dengan mengikuti langkah pencegahan ini:

  • Lakukan protokol kesehatan setiap saat
  • Hanya berkumpul dengan orang-orang terdekat saja
  • Lacak sejarah kontak fisik jika orang-orang terdekat kamu ada yang tertular Covid-19

2. Batasi interaksi sosial 

Setiap kali kamu berinteraksi dengan orang lain di luar lingkungan orang terdekat, risiko tertular akan jauh lebih tinggi dan pelacakan kontak fisik pun akan jauh lebih sulit. Walau isolasi diri bukan pilihan yang menyenangkan, tapi langkah ini dapat melindungi diri kamu dan juga orang-orang di sekitar kamu.

3. Kurangi rutinitas belanja langsung di lokasi

Berbelanja keperluan harian adalah kegiatan yang harus dilakukan walau dalam kondisi pandemi yang melonjak ini. Apalagi jika kamu langsung pergi ke lokasi pasar. Jika memungkinkan, cobalah untuk memanfaatkan jasa belanja yang langsung dikirim ke rumah. Jadi risiko kamu terekspos virus mematikan ini akan lebih kecil.

4. Manfaatkan layanan daring untuk kerja dan sekolah

Banyak kasus penularan yang terjadi akibat kontak fisik di lingkungan kerja. Bahkan aktivitas belajar tatap muka bisa berpotensi menjadi media penyebaran Covid-19. Karena itu, layanan daring merupakan cara terbaik untuk menghindari kontak langsung dengan banyak orang di ruang publik.

5. Selalu gunakan masker

Laporan CDC menunjukkan bahwa masker ternyata mampu mengurangi penyebaran SARS-CoV-2. Penggunaan masker kain juga bisa memberikan perlindungan, tergantung dari jenis kain yang digunakan, berapa banyak lapisan pada masker, dan seberapa pas masker tersebut terpasang. Masker kain yang terdiri dari setidaknya dua lapisan dapat memberikan perlindungan yang lebih baik daripada masker dengan satu lapisan kain.

6. Bersihkan tangan sesering mungkin

Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik. Kamu juga bisa memanfaatkan cairan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol, jika air dan sabun tidak tersedia.

7. Dapatkan vaksinasi

Jika kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan vaksin Covid-19, cobalah untuk menggunakannya. Vaksinasi ini akan membantu tubuh untuk membangun imunitas terhadap virus Covid-19. Dengan begitu, tubuh akan lebih mudah beradaptasi terhadap serangan virus varian baru.

Jaga selalu kesehatan kamu dan jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Referensi

David S. Perlin, Ph.D. (2021). The New Variants of COVID-19, Explained. hackensackmeridianhealth.org
Elena Couper (2021). Indonesia Adopts New Strategies to Curb Covid-19 Death Toll. jakartaglobe.id
Cathy Cassata (2021). 8 Ways to Protect Yourself from the New Coronavirus Strains. healthline.com