Kenali Ragam Vitamin dan Gizi dalam Sayur dan Buah

Kenali Ragam Vitamin dan Gizi dalam Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan makanan sehat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.  Di dalam sayur dan buah terdapat berbagai jenis vitamin dan zat gizi yang dapat menangkal berbagai penyakit dan membantu menjaga fungsi organ optimal. Apalagi sayur dan buah sangat mudah di dapat di sekitar kita seperti tomat, bayam, semangka, pepaya, dan lainnya. Berikut kandungan yang bermanfaat dari sayur dan buah:

Daftar isi:

  1. 1. Vitamin C
  2. 2. Vitamin A
  3. 3. Vitamin E
  4. 4. Vitamin B
  5. 5. Fiber
  6. 6. Antioksidan
  7. 7. Fitonutrien
  8. 8. Glukosinolates

Klik Untuk Donasi - Bantu Pembudidaya Ikan yang Kesulitan Saat Pandemi!
  1. Terdanai Rp.5,849,464
  2. Pencapaian 16.88%
  3. Donatur 154

Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang dapat membantu regenerasi sel, mencegah penuaan, dan mencegah terjadinya gingivitis atau infeksi pada gusi. Vitamin C juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang rawan, serta membantu penyerapan zat besi. Vitamin C dapat ditemukan dalam buah dan sayur seperti jeruk, apel, tomat, kiwi, jambu, mangga, semangka dan melon.

Vitamin A

Vitamin A merupakan vitamin yang penting bagi kesehatan mata. Vitamin A sering ditemukan pada buah dan sayur berwarna cerah. Beberapa buah dan sayur yang kaya kandungan vitamin A antara lain pepaya, semangka, wortel, ubi, tomat, melon, jagung manis, dan brokoli.

Vitamin E

Vitamin E merupakan vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan kulit dan kesuburan. Vitamin E juga memiliki fungsi lain yaitu menjaga membran sel dari berbagai kerusakan dan radikal bebas. Buah dan sayur yang mengandung vitamin E antara lain: bayam, jagung, asparagus, brokoli, mangga, dan blackberry.

Vitamin B

Vitamin B merupakan vitamin yang berfungsi untuk menjaga darah agar tetap sehat, memperbaiki jaringan tubuh, dan membantu produksi energi dari metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin B antara lain jamur, brokoli, kentang, pisang, asparagus, bayam dan sayuran hijau lainnya (Samiadi, 2020).

Klik Untuk Donasi - Ayo Bantu WeCare.id Kirim Donasi ke Seluruh Nusantara!
  1. Terdanai Rp.12,024,017
  2. Pencapaian 7.73%
  3. Donatur 276

Fiber

Sayur dan buah juga mengandung serat makanan atau fiber yang penting untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Serat makanan berfungsi untuk membantu kinerja usus dalam menyerap makanan serta membantu menjaga kadar kolesterol di dalam darah. Selain itu, serat buah dan sayur juga dapat mencegah terjadinya konstipasi dan gangguan buang air besar. Sayuran yang paling tinggi jumlah seratnya antara lain bayam, seledri, asparagus, brokoli, dan kubis. Sementara buah yang kaya serat antara lain mangga, apel, pir, pepaya, delima, dan kiwi.

Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang penting untuk menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker. Penelitian juga menunjukkan golongan orang yang lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah cenderung lebih baik kesehatannya dan jarang terkena penyakit yang serius. 

Fitonutrien

Fitonutrien merupakan zat yang berfungsi memberikan warna dan aroma pada sayur dan buah. Meskipun tidak termasuk gizi esensial, fitonutrien bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Selain itu fitonutrien juga membantu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh, membantu meregerasi sel, mendetoksifikasi zat karsinogen, dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas (Guesehat, 2020).

Glukosinolates

Glukosinolates merupakan kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayur yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker dengan cara mengaktivasi enzim yang dapat mendetoksifikasi zat-zat pemicu kanker. Glukosinolates banyak terdapat pada sayur kol dan brokoli.

Klik Untuk Donasi - Bantu pasien Siloam Lippo Village Gedung B yang kurang beruntung agar pengobatannya optimal
Siloam Lippo Village Gedung B Commu...

Oleh Medikator Siloam Lippo Village Gedung B
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 0

Nah, ternyata banyak sekali kan manfaat mengonsumsi buah dan sayur? Yuk, biasakan makan buah dan sayur seperti tomat, bayam, semangka, dan pepaya demi kesehatan tubuh kita. Untuk mendukung saudara kita yang sedang sakit agar mencapai kesembuhan dan kesehatan, mari berdonasi melalui website atau aplikasi WeCare.id di Google Play maupun App Store.

download_app

Referensi:

Samiadi, LA. (2020). Kebaikan Nutrisi pada Buah dan Sayur. Hellosehat.com.

Guesehat. (2020). Kenali Kandungan Vitamin pada Buah dan Sayur melalui Warnanya. Guesehat.com.