Simak Trik Ini untuk Menjauhkan Anak dari Gadget

Simak Trik Ini untuk Menjauhkan Anak dari Gadget

Perkembangan teknologi mengubah pola permainan anak. Anak-anak sekarang tidak lagi bermain petak umpet di gang perumahan atau congklak di halaman rumah. Mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu berjam-jam bermain permainan digital yang tersedia dalam gadget orang tuanya. Durasi penggunaan oleh anak yang terlalu lama menjadi kekhawatiran bagi banyak orang tua. Terapkan tips-tips berikut untuk menjauhkan anak kita dari gadget!

Daftar isi:

  1. 1. Menjadi Contoh untuk Anak
  2. 2. Memberi Batasan Waktu
  3. 3. Buat Aktivitas Menyenangkan dengan Anak
  4. 4. Undang Anak Tetangga
  5. 5. Kenalkan Permainan Tradisional
  6. 6. Berikan Permainan Fisik Edukatif
  7. 7. Beri Tahu Efek Buruk Penggunaan Gadget terlalu Lama

Menjadi Contoh untuk Anak

Anak belajar dengan mencontoh yang ia lihat. Karena orang tua adalah sosok yang paling sering berinteraksi dengan anak, anak akan banyak mencontoh dari orang tua. Oleh karena itu, jika kita ingin anak kita mengurangi penggunaan gadget, kita harus memperlihatkan perilaku serupa. Kita harus mengurangi penggunaan gadget kita ketika berada di hadapan anak-anak kita. Dengan demikian, kita telah memberikan contoh yang baik untuk anak-anak kita dan mereka dapat meniru perilaku kita tersebut.

Memberi Batasan Waktu

Melarang anak dari menggunakan gadget sepenuhnya pada zaman teknologi ini, barangkali, merupakan hal yang mustahil. Meski demikian, kita dapat menerapkan pembatasan penggunaan gadget pada anak kita. Pertama-tama, kita harus mengomunikasikan ide pembatasan ini kepada anak kita. Kemudian, ketika anak kita sedang menggunakan gadget, kita dapat mengingatkan batas waktu penggunaannya kepadanya beberapa saat sebelum batas waktu tersebut. Sebagai contoh, jika kita menerapkan pembatasan dengan durasi satu jam, kita dapat mengingatkan batas waktu tersebut pada menit ke-30 dan menit ke-55.

Buat Aktivitas Menyenangkan dengan Anak

Sebagai alternatif, anak kita dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan dengan kita. Kita bisa melibatkan anak-anak kita dalam kegiatan memasak, melukis bersama, atau bercocok tanam di halaman rumah. Kegiatan seperti ini tidak hanya menjauhkan anak kita dari gadget, tetapi juga menumbuhkan minatnya.

Undang Anak Tetangga

Kita juga dapat mengundang anak tetangga untuk bermain dengan anak kita di rumah. Dengan alat permainan yang telah kita siapkan, mereka dapat bermain bersama sambil mengembangkan keterampilan sosialisasi dan koordinasi. Dengan demikian, kita telah menjauhkan anak-anak kita dari gadget, sekaligus melatih keterampilan sosialnya dengan teman-temannya.

Kenalkan Permainan Tradisional

Salah satu cara lain untuk menjauhkan anak kita dari gadget adalah dengan mengajarkan permainan tradisional kepadanya. Pertama-tama, kita dapat bermain bersama dengannya. Selanjutnya, ketika sudah mengerti cara bermainnya, anak kita dapat memainkan permainan tradisional yang telah kita ajarkan bersama teman-temannya di sekitar rumah.

Berikan Permainan Fisik Edukatif

Selain mengenalkan permainan tradisional, kita juga bisa membelikan anak kita permainan fisik yang bersifat edukatif. Sebagai contoh, kita dapat membelikannya gameboard berbahasa Inggris untuk mengajarkan bahasa Inggris. Kita juga dapat membelikannya puzzle atau rubik untuk melatih keterampilan pemecahan masalahnya. Dengan strategi ini, kita menjauhkan anak kita dari gadget sekaligus mendidiknya.

Beri Tahu Efek Buruk Penggunaan Gadget terlalu Lama

Menatap dalam durasi yang lama dapat merusak penglihatan. Di antara efek samping menatap gadget terlalu lama adalah mata merah, iritasi, penglihatan yang kabur, dan mata kering. Terlalu lama duduk untuk bermain gadget juga dapat meningkatkan risiko anak terkena obesitas karena ia tidak banyak bergerak (Alodokter, 2021). 

Kita dapat menyampaikan efek-efek buruk di atas kepada anak kita. Dengan menyampaikan dampak buruk penggunaan gadget terlalu lama kepada anak, ia akan mempertimbangkannya ketika ia hendak bermain. Ketika sudah mengetahui dampak buruknya, ia dapat mengurangi menggunakannya, tidak hanya karena peringatan kita, tetapi juga karena pertimbangannya sendiri.

Itulah beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk menjauhkan anak kita dari gadget. Yuk, bantu anak-anak Indonesia tumbuh maksimal dengan berdonasi di WeCare.id melalui pranala ini. Kamu juga bisa berdonasi melalui aplikasi WeCare.id, loh! Yuk, download aplikasi WeCare.id di Google Play Store atau App Store!

Daftar Pustaka

Alodokter. (2021, Januari 11). Mengetahui Penyebab Anak Obesitas dan Cara Mengatasinya. Retrieved from Alodokter: https://www.alodokter.com/mendampingi-anak-dengan-obesitas

Sumber Featured Image : Artist and zabiyaka dari Pixabay 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *