7 Alternatif ASI Booster Alami, Busui Wajib Coba!

7 Alternatif ASI Booster Alami, Busui Wajib Coba!

ASI seret tentu menjadi salah satu keresahan terbesar bagi seorang busui. Apa saja faktor yang memengaruhi produksi ASI? Bagaimana upaya yang dapat dilakukan agar ASI menjadi lancar? Apa saja ASI booster alami yang dipercaya dapat membantu produksi ASI bertambah? Yuk, kita bahas sedikit!

Klik Untuk Donasi - Terhimpit Keadaan Ekonomi, Bu Lilik Tidak Mampu Membayar Biaya Persalinan!
Persalinan Normal
Lilik Yuliastini
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.991,700
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 28

Faktor-faktor yang Memengaruhi Lancarnya Produksi ASI

Cukup banyak faktor yang bisa memengaruhi lancar tidaknya produksi ASI bagi busui. Sesuai konsep ASI yaitu supply by demand, produksi ASI juga dipengaruhi seberapa sering kita menyusui atau memompanya. Tapi tidak hanya itu saja, kondisi pikiran busui juga menjadi penentu. Stres tidaknya ibu juga sangat memengaruhi ASI yang keluar.

Menurut Dewi Ika Sari (2014) dalam penelitiannya menyimpulkan bahwa ada tiga faktor utama yang memengaruhi produksi ASI, yaitu perawatan payudara busui, frekuensi pemberian ASI pada si kecil, dan pola istirahat.

Adapun faktor dari luar yang memengaruhi banyak tidaknya ASI yang diproduksi busui, seperti berat si kecil ketika lahir, prematur atau tidak, bahkan lingkungan yang tercemar asap rokok dan kebiasaan mengonsumsi alkohol juga dapat memengaruhi.

ASI Booster Alami, Dipercaya Meningkatkan Produksi ASI

Ternyata ada banyak sekali ASI booster alami yang dipercaya bisa meningkatkan dan memperlancar produksi ASI. Buat kamu para busui yang sedang resah karena ASI seret, mungkin 7 alternatif booster alami ini bisa dicoba!

1. Berbagai Jenis Kacang-kacangan

Tidak hanya kacang almond, tapi segala jenis kacang-kacangan dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI. Seperti kacang tanah, kacang kedelai, kacang Arab, kacang mede, dan lain sebagainya mengandung banyak vitamin K, vitamin B, zat besi, dan segala zat mineral penting lainnya. Semua itu bisa membantu kamu memperlancar ASI jika rutin mengonsumsinya sebagai camilan sehari-hari.

2. Sayur-sayuran Hijau

Ada beberapa sayur-sayuran hijau yang mampu meningkatkan produksi ASI, yaitu daun katuk, bayam, brokoli, sawi hijau, dan kangkung. Sayur-sayuran tersebut mengandung fitoestrogen yang mampu melancarkan ASI kamu, loh.

3. Kurma

Ternyata kurma tidak hanya bermanfaat untuk ibu hamil saja, nih. Kurma juga dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI karena mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya jadi susu kurma bersama dengan susu tinggi kalsium, ya.

4. Pepaya

Manfaat pepaya cukup banyak. Selain melancarkan pencernaan dan kesehatan kulit, buah ini juga memberikan efek laktogenik yang mampu meningkatkan produksi ASI. Jadi nggak ada salahnya menjadikan pepaya sebagai camilan saat istirahat.

5. Wortel

Mengonsumsi wortel dipercaya dapat memberi kesehatan pada mata. Tapi ternyata manfaat wortel tidak hanya itu. Busui juga bisa menjadikan wortel sebagai ASI booster alami. Efek laktogenik karena kandungan fitoestrogennya mempu meningkatkan produksi ASI. Buat kamu yang memiliki keluhan ASI seret, bisa mengonsumsi jus wortel, sop wortel, maupun menjadi camilan sehari-hari.

6. Oatmeal

Selain untuk diet karena tinggi serat, oatmeal juga bisa memperlancar keluarnya ASI karena mengandung zat besi yang cukup tinggi. Kamu bisa menjadikannya sebagai camilan maupun sarapan di pagi hari.

7. Alpukat

Bukan rahasia lagi jika alpukat banyak sekali manfaatnya. Buah ini mengandung berbagai vitamin, asam folat, dan juga kalium yang tinggi. Ternyata, dengan berbagai kandungan yang ada, buah ini juga menjadi salah satu alternatif ASI booster alami yang baik. Busui bisa mengonsumsinya dengan dijadikan jus atau pure.

Sebenarnya masih banyak lagi ASI booster alami yang bisa kamu coba sebagai upaya meningkatkan dan memperlancar produksi ASI. Ingat, tidak hanya makanan dan minuman yang perlu diperhatikan, tapi pola pikir, pola istirahat busui juga perlu diperhatikan, ya!

Klik Untuk Donasi - Alami Cacat Lahir pada Kerongkongannya Hingga Gizi Kurang, Habib Butuh Pertolongan Segera!
Atresia Esofagus, Stunting, Gizi Ku...
Habib Bin Jaya
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,630,000
  2. Pencapaian 17.52%
  3. Donatur 67

Nah, sambil istirahat atau bermain dengan si kecil kamu juga bisa bergabung bersama WeCare.id untuk berbagi kebaikan. Aplikasinya bisa diunduh dengan mudah melalui PlayStore. Kamu bisa berdonasi setiap hari. Selamat berbuat kebaikan!

Referensi:

Dewi Ika Sari. 1 Desember 2014. Tiga Faktor Utama yang Mempengaruhi Produksi ASI pada Ibu Menyusui (https://jurnal.stikesbaptis.ac.id/index.php/STIKES/article/view/91)

Fariza Rahmadinna. 18 Maret 2021. 10 ASI Booster Alami (motherandbeyond.id)

Mahardini. 1 Mei 2020. 8 Makanan Penambah Produksi ASI Secara Alami (Kompas.com)