Inspirasi Menu Mpasi 6 Bulan Agar Bayi Tidak Bosan

Inspirasi Menu Mpasi 6 Bulan Agar Bayi Tidak Bosan

Saat bayi sudah menginjak usia 6 bulan, selain mengonsumsi asi, bayi sudah bisa mulai mengonsumsi makanan padat sebagai asupan nutrisinya. Orang tua sudah bisa mulai mencari ide menu makanan pendamping asi atau MPASI untuk bayi. Sebelum mencari-cari menu MPASI 6 bulan yang baik untuk bayi, yuk cari tahu dulu apa itu makanan pendamping ASI.

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu MPASI?
  2. 2. Kapan Waktu yang Tepat untuk Memperkenalkan Makanan Padat?
  3. 3. Mengapa MPASI Diberikan Ketika Bayi Mulai Berusia Sekitar 6 Bulan?
  4. 4. Tanda-Tanda Bayi Sudah Siap Makan Makanan Padat
  5. 5. 5 Inspirasi Menu MPASI 6 Bulan untuk Bayi

Apa Itu MPASI?

Dikutip dari laman situs promkes.kemkes.go.id, makanan pendamping ASI atau MPASI merupakan makanan yang mudah dikonsumsi serta dicerna oleh bayi. Menurut laman situs Sciencedirect  MPASI atau disebut juga dengan Weaning Food dalam bahasa Inggris adalah suplemen untuk ASI sambil sebelum akhirnya mengenalkan makanan orang dewasa pada bayi. MPASI yang diberikan harus menyediakan nutrisi tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi yang sedang bertumbuh. Oleh karena itu,  kriteria utama yang berkualitas baik yaitu yang memiliki kandungan protein seimbang yang tinggi, nilai kalori per satuan volume makanan yang tinggi, tekstur yang lembut dengan kandungan serat yang rendah, kandungan vitamin dan mineral yang cukup, dan tidak adanya faktor antinutrisi.

Klik Untuk Donasi - Beasiswa Pendidikan yang Putus Sekolah
  1. Terdanai Rp.3,418,000
  2. Pencapaian 6.84%
  3. Donatur 102

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memperkenalkan Makanan Padat?

Jika bayi sudah berusia sekitar 6 bulan, maka orang tua sudah bisa memperkenalkan bayi pada makanan padat, yang disebut juga dengan MPASI. Untuk tahap awal, membiasakan bayi untuk makan lebih penting dibandingkan seberapa banyak bayi makan. Bayi masih akan mendapatkan sebagian besar energi juga nutrisi dari ASI. Selain itu, bayi yang sejak usia sekitar 6 bulan sudah diberi berbagai makanan di samping ASI, akan membantu mempersiapkan mereka memiliki kebiasaan makanan yang sehat. Orang tua bisa secara bertahap mempersiapkan jumlah serta variasi menu MPASI 6 bulan yang akan dikonsumsi oleh bayi sampai mereka bisa menyantap makanan orang dewasa dalam porsi yang lebih kecil. 

Untuk bayi yang lahir prematur, sebelum memberikan mereka menu MPASI 6 bulan pada mereka, orang tua lebih baik berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Tanyakan kepada dokter kapan bisa mulai memperkenalkan makanan padat pada mereka.

Mengapa MPASI Diberikan Ketika Bayi Mulai Berusia Sekitar 6 Bulan?

Mungkin ada sebagian orang tua yang bertanya mengapa harus di usia 6 bulan baru bisa memperkenalkan menu MPASI 6 bulan pada bayi. Hal tersebut karena:

  • ASI atau susu formula bayi pertama sudah memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi sampai mereka berusia sekitar 6 bulan (ada pengecualian vitamin D dalam beberapa kasus)
  • jika Ibu menyusui bayi, dengan memberikan ASI pada bayi sampai usia sekitar 6 bulan akan membantu melindungi bayi dari penyakit dan infeksi
  • menunggu sampai sekitar 6 bulan memberi bayi waktu untuk berkembang sehingga mereka bisa sepenuhnya menerima makanan padat, termasuk makanan padat yang dibuat menjadi pure, sereal, dan rice cereal bayi yang ditambahkan ke dalam susu
  • bayi akan lebih bisa makan sendiri
  • bayi akan lebih baik dalam menggerakkan makanan di sekitar mulutnya, mengunyah dan menelannya. Ini bisa berarti bayi akan bisa lebih cepat diperkenalkan pada beragam rasa dan tekstur dan mungkin mereka tidak membutuhkan lagi makanan yang dihaluskan dan dicampur.

Alami Cacat Bawaan Sejak Lahir, Nasyilla Lahir Tanpa Anus!

Tanda-Tanda Bayi Sudah Siap Makan Makanan Padat

Terdapat 3 tanda yang jelas yang muncul bersama-sama dari sekitar usia 6 bulan yang menunjukkan bayi siap diberi menu MPASI 6 bulan. Jika  mereka sudah bisa :

  • berada pada posisi duduk dan kepala mereka sudah tegak
  • mengkoordinasikan mata, tangan dan mulut mereka sehingga mereka bisa melihat makanan, mengambilnya dan memasukkannya ke dalam mulut mereka sendiri
  • menelan makanan (bukan memuntahkannya kembali)

5 Inspirasi Menu MPASI 6 Bulan untuk Bayi

Cukup mudah untuk membuat menu MPASI 6 bulan buat bayi. Orang tua bisa mengenalkan makanan dengan tekstur halus dari bahan makanan ringan, misalnya buah-buahan serta ikan. Berikut ini beberapa inspirasi menu MPASI untuk bayi yang dirangkum dari beberapa sumber situs web:

  1. Pure Pisang

Pisang merupakan makanan yang bagus, karena pisang merupakan buah-buahan yang kaya akan kandungan potasium dan serat. Selain itu, pisang juga merupakan salah satu antasida alami dan lembut sekali di perut di Kecil. Walaupun pisang adalah pilihan yang bagus untuk menu MPASi, tapi jangan berikan bayi pisang terlalu banyak karena mereka bisa mengalami sembelit. 

  1. Puree Kabocha, Wortel dan Bayam

Sayuran bisa jadi pilihan untuk sebagai pengenalan menu MPASI 6 bulan. Pilihan sayurannya bisa kabocha (labu parang). Sayuran ini memiliki kandungan vitamin A, sementara wortel mengandung betakaroten dan vitamin A dan bayam kaya akan kandungan zat besi.

  1. Bubur Bayam serta Jagung Manis

Bayam banyak mempunyai manfaat terutama untuk bayi yang berusia 6 bulan. Manfaat dari bayam di antaranya membantu untuk menangani masalah lambung, membantu agar kekebalan tubuh bayi tetap tinggi, serta baik juga untuk tulang dan otot.

  1. Bubur Brokoli, Kentang, Kaldu Ikan

Brokoli memiliki kandungan gizi yang lengkap juga banyak. Sayuran ini mengandung vitamin A, C, E, kalsium, zat besi, magnesium, kalsium, serta asam folat. Dengan demikian, menu MPASI 6 bulan ini memiliki kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengembangkan penglihatan, dan kaya akan kandungan antioksidan untuk bayi.

  1. Sereal beras merah

Bayi umur 6 bulan bisa diberi beras merah karena memiliki nutrisi yang baik untuk mereka. Beras merah mengandung, serta, zat besi, protein, mineral dan vitamin untuk pertumbuhan bayi. Menu MPASI 6 bulan ini bisa dicampur dengan sayuran dan buah. 

Itulah bahasan mengenai MPASI bagi para orang tua yang bayinya sudah berusia sekitar 6 bulan. Bagi yang perlu inspirasi untuk menu MPASI 6 bulan, menu di artikel ini bisa dijadikan pilihan. Di sela-sela waktu membuat makanan pendamping ASI tersebut, yuk sisihkan sedikit waktu untuk membantu pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Mudah sekali caranya. Hanya perlu mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Albert, J. (2022). Top 10 Healthy Baby Weaning Foods And How To Start Them. Diambil kembali dari momjunction.com.

Apa itu MP ASI? Apa Pengaruhnya untuk Perkembangan Bayi? (2018). Diambil kembali dari promkes.kemkes.go.id.

Fitriani, A. N. (t.thn.). 10 Rekomendasi Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan. Diambil kembali dari mamaschoice.id.

Karnesyia, A. (2021). 15 Ide Menu MPASI Bayi 6 Bulan, Bergizi Tinggi dan Mudah Dibuat. Diambil kembali dari haibunda.com.

Mustinda, L. (2019). 7 Menu dan Resep MPASI untuk Bayi 6 Bulan. Diambil kembali dari ood.detik.com.

Weaning Food. (t.thn.). Diambil kembali dari sciencedirect.com.Your baby’s first solid foods. (2020). Diambil kembali dari nhs.uk.

Sumber Featured Image : Gabrielle Henderson on Unsplash