Persiapan Melahirkan di Tengah Pandemi Covid-19

Persiapan Melahirkan di Tengah Pandemi Covid-19

Melahirkan di tengah pandemi Covid-19 memerlukan persiapan yang matang. Kita perlu memastikan ibu hamil mendapatkan penanganan yang nyaman sambil mencegah penyebaran virus Covid-19 dalam prosesnya. Bukan hanya persiapan sebelum melahirkan, kita juga harus mempersiapkan penanganan selama dan setelah melahirkan. Berikut adalah hal-hal yang bisa kita lakukan sebagai persiapan untuk melahirkan di tengah pandemi Covid-19.

Miris! Seorang Ibu mengalami Kehamilan Ektopik dan Menunggak Biaya Rumah Sakit

Pemeriksaan Kesehatan dan Konsultasi Pranatal Jarak Jauh

Konsultasi kesehatan sebelum kelahiran sangatlah penting. Namun, pandemi ini membuat pertemuan antara ibu hamil dengan dokter sulit dilakukan. Sejalan dengan hal itu, Franka Cadée, Presiden Konfederasi Bidan Internasional, berharap ibu hamil akan lebih sedikit menemui ahli kesehatan untuk menjaga mereka dari infeksi virus Covid-19 (UNICEF, 2020). Oleh karena itu, sebagai alternatif, kita bisa melakukan konsultasi jarak jauh dengan ahli melalui telepon. Pertemuan langsung dengan ahli bisa kita lakukan hanya ketika benar-benar diperlukan.

Menjaga diri

Pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk melakukan proteksi ekstra. Jika pada suatu saat kamu perlu keluar rumah, misalnya untuk konsultasi dengan ahli kesehatan, kamu harus menerapkan beberapa protokol kesehatan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • rajin mencuci tangan, 
  • menjaga jarak dari orang lain setidaknya sejauh satu meter,
  • memakai masker jika bepergian,
  • menghindari kontak dengan orang sakit, dan
  • tidak menyentuh muka sebelum mencuci tangan.

Memilih Tempat Melahirkan

Tempat melahirkan juga merupakan hal yang harus dipersiapkan dengan baik-baik. Kamu harus menimbang segala kelebihan dan kekurangan dari pilihan-pilihan rumah sakit yang ada. Untuk menentukan tempat melahirkan, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter. Jika kamu ingin melahirkan di rumah, pastikan ada kendaraan yang dapat menjangkau tempat kamu bersalin untuk berjaga-jaga jika kamu harus dibawa ke rumah sakit. Jika kamu menderita Covid-19 atau penyakit tertentu, akan lebih aman jika kamu melahirkan di rumah sakit supaya kondisi kamu bisa diawasi oleh dokter (Alodokter, 2020).

Klik Untuk Donasi - Gerakan Peduli Janda Jadi Perempuan Mandiri, Percaya Diri dan Berdaya
  1. Terdanai Rp.6,738,291
  2. Pencapaian 3.89%
  3. Donatur 106

Memilih Metode Melahirkan

Secara umum, metode melahirkan adalah hal yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih untuk melahirkan secara normal atau dengan operasi Caesar. Meskipun demikian, kamu harus mempertimbangkan kondisi kesehatanmu juga. Keadaan pandemi dan kondisi kesehatanmu adalah faktor penting dalam menentukan metode melahirkan. Oleh karena itu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasinya mengenai metode melahirkan yang terbaik untukmu.

Konsultasi dengan Ahli Kesehatan

Ketika kamu hendak melahirkan di tengah pandemi Covid-19 ini, sangat penting untuk bertanya kepada ahli kesehatan setempat mengenai hal-hal terkait. Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu tanyakan (UNICEF, 2020):

  • Apakah saya beresiko terpapar Covid-19 di sini? Pernahkah orang yang terpapar Covid-19 datang ke sini?
  • Bagaimana tempat ini memisahkan orang yang sudah terpapar Covid-19 dari yang belum terpapar?
  • Apakah ada cukup pakaian pelindung untuk para profesional kesehatan?
  • Apakah saya boleh membawa seseorang? Jika tidak, kenapa?
  • Apakah saya diizinkan untuk membawa bayi bersama saya? Jika tidak, kenapa?
  • Apakah saya bisa menyusui bayi saya? Jika tidak, kenapa?
  • Apakah saya diperbolehkan melahirkan secara normal? Ataukah lebih baik saya melakukan operasi Caesar? Apa alasannya?

Menjaga Bayi

Selain kesehatan ibu hamil, tentunya, kita juga khawatir akan kesehatan bayi. Oleh karena itu, untuk memastikan kesehatan bayi, kita harus menahan diri untuk tidak meminta kunjungan orang. Mendapatkan kunjungan setelah melahirkan memanglah menyenangkan. Namun, di tengah pandemi ini, keselamatan kita menjadi prioritas utama.

Demikianlah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk persiapan melahirkan di tengah pandemi. Selalu konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan melahirkan yang terbaik. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, ya!

Yuk, bantu bayi Azhar memiliki pencernaan normal dengan berdonasi di WeCare.id! Kamu juga bisa berdonasi lewat aplikasi WeCare.id, loh! Download aplikasinya di Google Play Store atau App Store!

Daftar Pustaka

Alodokter. (2020, Mei 27). Persiapan Melahirkan di Tengah Pandemi COVID-19. Retrieved from Alodokter: https://www.alodokter.com/persiapan-melahirkan-di-tengah-pandemi-covid-19UNICEF. (2020, April 8). Navigating Pregnancy during The Covid-19 Pandemic: How to Best Protect Yourself and Your Baby. Retrieved from Unicef: https://www.unicef.org/coronavirus/navigating-pregnancy-during-coronavirus-disease-covid-19-pandemic

Sumber Featured Image : Andreas Wohlfahrt dari Pixabay 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *