Cepat Hamil dengan Memahami Kalkulator Masa Subur

Cepat Hamil dengan Memahami Kalkulator Masa Subur

Ini dia cara hitung masa subur akurat dan berhasil. Anda bisa menghitungnya menggunakan kalkulator masa subur friso yang bisa ditemukan secara online. Kalkulator menghitung masa subur digunakan untuk mengetahui kapan terjadinya ovulasi. Untuk wanita, data yang digunakan untuk menghitung masa subur berupa data siklus haid. Namun, sistem ini bisa jadi kurang akurat bagi mereka yang siklus haid-nya tidak teratur.

Klik Untuk Donasi - Ukuran Kepala Reynand Membesar dan Terus Membesar, Uluran Tanganmu Sangat di Harapkan!
Hidrosefalus
Muhammad Reynand
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.409,000
  2. Pencapaian 2.02%
  3. Donatur 22

Tidak hanya wanita yang memiliki masa subur, tetapi juga pria. Bedanya, masa subur pria terjadi setiap hari di waktu-waktu tertentu, sedangkan masa subur wanita terjadi 2-3 hari selama sebulan setelah selesai menstruasi. Kesuburan sperma pria meningkat pada pagi hari atau ketika musim dingin tiba. 

Daftar isi:

  1. 1. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesuburan sperma pria
  2. 2. Kalkulator kesuburan
  3. 3. Masa subur wanita
  4. 4. Tanda wanita memasuki masa subur
  5. 5. Kalkulator masa subur friso

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesuburan sperma pria

1. Kuantitas

Dalam sekali ejakulasi, seorang pria idealnya akan mengeluarkan 15 juta lebih sel sperma setiap per mililiter. Jika jumlahnya sedikit, maka kemungkinan sperma untuk membuahi sel telur juga akan menurun. 

2. Waktu puncak produksi sperma

Waktu terbaik pria untuk produksi sperma pria adalah sekitar pukul 4-7 pagi. Di jam-jam itulah produksi sperma pria mencapai titik maksimalnya. 

3. Waktu keluarnya sperma

Masa paling subur pria adalah hari ke-3 hingga hari ke-7 setelah masa ejakulasi. Itulah saat di mana sperma berada pada kondisi paling optimalnya dengan tingkat kematangan yang tinggi dalam jumlah yang sangat banyak sehingga siap untuk membuahi sel telur. 

4. Pergerakan sperma

Semakin aktif pergerakan sel sperma, semakin tinggi kemungkinan untuk terjadi pembuahan. 

5. Struktur sperma

Struktur sperma yang ideal terdiri dari kepala dan ekor yang panjang. 

Kalkulator kesuburan

Kalkulator kesuburan biasanya digunakan untuk dua hal: ketika ingin memiliki anak dan ketika menghindari memiliki anak. Untuk tujuan pertama, maka penting untuk mengetahui masa subur sehingga bisa menjadwalkan aktivitas seksual di masa subur. Untuk tujuan yang kedua, maka penting untuk menghindari masa subur untuk mencegah kehamilan. 

Masa subur wanita

Siklus haid biasanya berkisar antara 28 hingga 32 hari sekali tergantung kondisi fisik. Biasanya masa subur jatuh pada hari ke-11 hingga hari ke-21. 

Pada masa ini, ovarium melepaskan sel telur dan menunggu dibuahi oleh sel sperma. Pergunakanlah masa ini baik-baik karena memiliki waktu yang sangat terbatas karena sel telur hanya bisa bertahan selama 12 sampai 24 jam, maka harus segera dibuahi. Inilah saat yang tepat untuk membuahi sel telur apabila Anda menginginkan kehamilan. Namun, metode ini juga bisa tidak akurat karena siklus haid yang tidak teratur. 

Bantu Hadirkan Cahaya Harapan untuk Menerangi Kehidupan Mereka!

Tanda wanita memasuki masa subur

Meskipun tidak kentara, namun terdapat tanda-tanda yang menunjukkan bahwa wanita sedang berada di masa subur, antara lain:

  • Keputihan berwarna bening
  • Payudara terasa agak sakit
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Perut bagian bawah terasa agak sakit, kembung, dan mulas
  • Indera penciuman lebih sensitif

Kalkulator masa subur friso

Salah satu kalkulator masa subur online yang bisa digunakan adalah kalkulator masa subur friso. Selain kalkulator masa subur, situs web ini juga memiliki beberapa artikel terkait kehamilan, bayi 0-12 bulan, dan balita berusia lebih dari 12 bulan. Cara pengoperasiannya sangat mudah, Anda hanya perlu input hari pertama haid terakhir dan lama siklus haid rata-rata dan situs akan secara otomatis memperlihatkan sebuah kalender kehamilan yang dilengkapi dengan beberapa keterangan, antara lain: peluang tinggi untuk hamil, pertama pendarahan yang merupakan hari pertama siklus Anda, dan kemungkinan waktu ovulasi. 

Itulah hal-hal yang perlu diketahui mengenai kalkulator masa subur. Semoga pengetahuan ini bisa membantu Anda dalam merencanakan program kehamilan. Untuk membantu saudara kita yang kurang beruntung namun membutuhkan tindakan medis, bisa mengunjungi website kami dan berdonasi di https://wecare.id/Unduh aplikasinya di Google Play atau App Store untuk donasi yang lebih mudah.

Klik Untuk Donasi - Menderita Jantung Bocor dan Hernia, Rayhan Membutuhkan Bantuanmu!
Patent ductus arteriosus (PDA), Her...
Rayhan Al Hakim
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.11,500,974
  2. Pencapaian 100.01%
  3. Donatur 138

 Referensi:

https://www.friso.co.id/kalkulator-masa-subur?period=04%2F30%2F2021&cycle=28

Cara Menghitung Masa Subur Pria dan Wanita. Detikhealth. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4428555/cara-menghitung-masa-subur-pria-dan-wanita